10+ Minuman Penyebab Kanker Yang Perlu Kita Hindari

10+ Minuman Penyebab Kanker Yang Perlu Kita Hindari

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang menyebabkan kematian yang paling banyak. Penyebab kanker sangat beragam, namun penyebab kanker terbesar adalah karena gaya hidup yang tidak sehat.

Karena pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang makanan penyebab kanker maka pada kesempatan kali ini saya akan fokus membahas tentang minuman penyebab kanker.

Penyakit kanker jika sudah masuk stadium akhir sudah sangat berbahaya dan sulit untuk disembuhkah. Ya memang gejala-gejala kanker pada saat masih awal juga tidak terlalu kelihatan, sehingga banyak gejala gejala kanker yang disepelekan.

Sebenarnya kanker yang belum terlalu parah bisa diobati dengan lebih mudah, bahkan mengonsumsi bawang putih terbukti mampu mengobati kanker otak. Kita juga perlu membiasakan hidup sehat dan mengonsumsi makanan bernutrisi. Dengan menjalani pola hidup sehat kita bisa mencegah penyakit kanker secara alami, misalnya mencegah kanker payudara, kanker paru-paru, dan lain sebagainya.

Setiap penyakit kanker memiliki penyebab-penyebab yang berbeda, misalnya kanker paru-paru yang bisa disebabkan oleh rokok. Bahkan sempat beredar kabar bahwa radiasi smartphone bisa menyebabkan kanker.

Intinya kita harus selalu menjalani hidup sehat dan menghindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab kanker. Karena kanker merupakan penyakit yang berbahaya. Bahkan pengobatan yang digunakan untuk mengobati kanker juga memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh kita, bahkan efek samping pengobatan kanker masih bisa kita rasakan dampaknya walaupun penyakit kanker tersebut sudah sembuh.

Oleh karena itu melakukan hal-hal yang bisa mencegah kanker adalah pilihan yang paling tepat. Dengan begitu setidaknya kita bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker yang kadang-kadang datang tiba-tiba tanpa kita sadari gejalanya.

Agan mungkin sudah tahu betapa pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga tubuh kita terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya termasuk kanker. Namun yang jarang diinformasikan adalah minuman-minuman yang ternya juga bisa menjadi penyebab kanker.

Ada beberapa minumam yang ternyata bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker yang mungkin kita terkejut karena sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Dibawah ini sudah saya rangkum berbagai jenis minuman yang bisa menyebabkan kanker dari berbagai sumber.

Daftar Minuman Penyebab Kanker



1. Air Keran


Mungkin agan terkejut karena air keran masuk dalam daftar minuman penyebab kanker. Namun air keran yang saya maksud bukan air keran yang airnya berasal dari sumur melainkan air keran yang berasal dari pusat pengolahan air bersih. Kita sudah sama-sama tahu kalau air tersebut diproses dan didistribusikan ke rumah-rumah penduduk dengan instalasi pipa logam yang panjang.

Instalasi-instalasi tersebut pasti banyak yang sudah lama dan usang walaupun masih bisa bekerja dengan baik. Ada yang sudah berjamur, berkerak, dan ada yang bocor. Bahkan pihak perusahaan air bersih tersebut menggunakan zat kimia untuk membersihkan air baik itu sebagai penjernih maupun sebagai zat pembunuh mikro organisme hidup.

Salah satu bahan kimia yang umum digunakan adalah klorin, namun masih ada zat lain yang juga digunakan untuk mensterilkan air dari mikro organisme. Salah satunya adalah zat dibutil ftalat (DBP) yang jauh lebih berbahaya daripada klorin.

Dibutil ftalat (DBP) adalah produk sampingan desinfeksi yang telah terbukti 1000 kali lebih beracun daripada klorin. Bahkan di Amerika Serikat pernah diambil sampel air keran dari 43 negara bagian dan diuji di laboratorium. Hasilnya sangat mengejutkan, yaitu hampir semua air tersebut mangandung karsinogen yang bisa masuk ke tubuh manusia. Seperti yang sudah kita ketahui, karsinogen adalah zat utama yang menjadi penyebab kanker.

2. Minuman Dalam Botol


Penyebab kanker sebenarnya bukan berasal dari airnya, melainkan dari botolnya. Jadi hal ini tidak peduli seberapa bagus sumber air dari minuman ini, entah itu dari mata air pegunungan atau mata air di pedesaan. Botol minuman plastik memang berbahaya, jika dibuang akan berbahaya bagi lingkungan.

Ketika digunakan untuk pengemasan produk makanan dan minuman akan berbahaya bagi tubuh kita. Zat berbahaya yang ada di dalam botol plastik adalah bisphenol-A atau yang biasa disebut BPA. Bahan kimia ini digunakan dalam berbagai produk botol minuman plastik meskipun faktanya zat ini adalah pengganggu hormon yang dikenal yang meningkatkan risiko kanker prostat dan payudara serta menyebabkan gangguan metabolisme.

Namun saat ini banyak produk botol plastik yang sudah tertulis bebas BPA. Namun masih banyak botol minuman yang tidak ada keterangannya apakah mengandung BPA atau tidak. Hal ini tentu saja membuat kita was was saat ingin meminum minuman dalam botol plastik.

3. Minuman Beralkohol


Minum minuman beralkohol secara berlebihan memiliki sejumlah konsekuensi kesehatan yang akan didapatkan, tidak terkecuali kanker. Sejumlah penelitian menunjukkan hubungan antara alkohol dengan kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker hati, kanker usus, dan kanker payudara.

Walaupun banyak yang menganggap bahwa minum anggur itu sehat karena mengandung anti oksidan, tetapi jangan lupa bahwa minuman anggur juga mengandung etanol. Etanol adalah pemicu utama kanker yang ditemukan dalam minuman beralkohol.

Jika agan ingin minum minuman beralkohol  maka direkomendasikan tidak lebih dari satu gelas per hari jika jika seorang wanita dan dua gelas per hari jika agan seorang pria.

4. Minuman Berenergi


Mungkin kita merasa bahwa tubuh kita menjadi lebih kuat setelah minum minuman berenergi. Namun mungkin kita tidak sadar bahwa minuman tersebut dapat membuat kerusakan yang cukup serius pada tubuh kita. Karena minuman tersebut banyak mengandung pewarna buatan, gula, serta kafein yang dapat menaikan tekanan darah dan gula darah secara bersamaan.

Orang yang meninggal karena terlalu banyak minum minuman berenergi biasanya mengalami kejang dan masalah pada jantung. Apa pun yang dapat melemahkan sistem di dalam tubuh kita dapat membukakan menaikan resiko terserang kanker. Ditambah lagi gula adalah makanan favorit dari sel kanker. Sehingga terlalu banyak minum minuman berenergi artinya juga menyisakan banyak makanan untuk sel-sel kanker.

5. Soda Biasa


Sebenarnya minuman bersoda sama sekali tidak tidak memiliki nilai kesehatan. Seperti minuman berenergi, minuman ini mengandung banyak gula, kafein, dan bahan-bahan buatan. Salah satu zat kimia tersebut adalah pewarna yang disebut 4-MeI. Pewarna ini biasa digunakan untuk memberikan warna cokelat pada minuman cola.

4-MeI dari dulu sudah dikenal sebagai zat karsinogen yang merupakan penyebab utama kanker. Peraturan tentang penggunaan zat 4-Mel ini berbeda-beda dari satu tempat ke tempat lain. Bahkan di California, Amerika Serikat sampai diwajibkan bagi produsen makanan dan minuman untuk mencantumkan peringatan potensi menyebabkan kanker di label produknya jika memang mangandung 4-Mel.

6. Diet Soda


Diet soda adalah minuman yang sedikit atau bahkan tidak mengandung gula asli sebagai pemanis. Tetapi menggunakan pemanis buatan seperti sucralose, sakarin, atau aspartam. Pemanis buatan ini diketahui dapat mengacaukan proses metabolisme tubuh, menyebabkan lebih banyak lemak yang disimpan, serta berpotensi menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Zat-zat ini juga terkait dengan kanker kandung kemih dan seluruh saluran kemih. Walaupun yang mengatakan bahwa diet soda aman bagi tubuh, namun jika diminum dalam jumlah yang terlalu banyak bisa berbahaya bagi tubuh kita.

7. Minuman Sangat Panas


Minuman yang sangat panas ternyata bisa menjadi salah satu penyebab kanker. Sangat tidak disarankan minum minuman yang masih sangat panas, selain sakit seperti terbakar juga bisa menyebabkan kanker tenggorokan. Minuman yang layak minum setidaknya suhunya 65°C kebawah. Tidak enak juga jika kita menikmati teh panas atau kopi panas dalam keadaan mendidih.

8. Minuman Kopi Mewah


Kopi sebenarnya bisa menjadi pencegah kanker karena mengandung antioksidan dan nutrisi. Sayangnya, beberapa minuman berbasis kopi lebih banyak mengandung gula dan krim daripada kopi sebenarnya. Menambahkan banyak sirup, cokelat, karamel, atau krim kocok ke dalam cangkir cukup banyak menghilangkan manfaat dari kopi sebenarnya.

Misalnya membuat kopi moka cokelat putih 20 ons, dibuat dengan susu murni dan krim kocok, menghasilkan 580 kalori  dan 26 gram lemak yang akan menimbun usus. Konsumsi minuman kopi seperti itu secara rutin dapat menyebabkan obesitas dan diabetes yang bisa berujung kanker.

9. Minuman Jus


Minuman jus buah dan sayur biasa yang dibuat sendiri sagatlah bagus untuk kesehatan tubuh. Walaupun banyak serat dan nutrisi yang terbuang di jus saat kita membuang ampasnya. Yang jadi masalah adalah ketika kita membuang ampas dan serat jus maka kita akan mengonsumsi lebih banyak jus karena serat yang membuat kita lebih kenyang tidak ada.

Apalagi jika kita mengonsumsi jus yang bukan buatan sendiri. Sekarang sudah banyak dijual di supermarket dan minimarket jus buah yang sudah siap minum. Jus siap minum tersebut umumnya banyak ditambahkan gula atau zat pemanis buatan yang bisa membuat gula darah naik.

Konsumsi jus juga sering dikaitkan sebagai penyebab kanker dubur karena tingginya kadar gula dalam jus. Beberapa jus menyaingi soda dalam hal ini.

10. Smoothie


Smoothie adalah minuman seperti jus yang teksturnya lebih lembut dan kental agak seperti bubur. Minuman ini berasal dari jus buah dan sayur yang dicampur dengan susu, sirup, yougurt, gula, dan lain-lain. Smoothie agak lebih bagus dari jus karena serat dan ampas dari buah tidak dibuang.

Namun smoothie yang dibuat sendiri akan lebih bagus daripada yang dibeli dari toko. Alasan kenapa smoothie yang dibeli dari toko teksurnya lebih lembut adalah karena menambahkan bahan-bahan lain yang mengandung gula dan lemak. Bahkan makanan yang kita anggap sehat sekalipun masih bisa dioplos dengan bahan-bahan tidak sehat jika kita membeli diluar.

Pada akhirnya kita akan mendapatkan kesimpulan bahwa minuman paling baik adalah air putih matang yang berasal dari mata air seperti sumur yang tidak terkontaminasi. Minuman-minuman penyebab kanker tersebut masih aman dikonsumsi asal tidak berlebihan. Karena apapun itu jika dikonsumsi berlebihan tidak baik.

Itulah beberapa minuman yang bisa menyebabkan kanker yang perlu kita perhatikan. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment