10 Peluang Usaha Jualan Yang Laris Bulan Puasa Ramadhan

10 Peluang Usaha Jualan Yang Laris Bulan Puasa Ramadhan

peluang usaha ramadhan, ide kreatif di bulan ramadhan, dagangan yang laris di bulan puasa, usaha di bulan puasa ramadhan yg laris, makanan yang laris di bulan puasa, bisnis menjelang lebaran yang menjanjikan, jualan es di bulan puasa.

Peluang usaha jualan di bulan puasa atau Ramadhan adalah jualan produk yang umumnya populer di bulan Ramadhan. Di bulan puasa atau Ramadhan umumnya peluang bisnis musiman yang menjanjikan adalah jualan makanan, minuman, dan pakaian.

Namun kita harus mencari barang apa yang bisa kita jual di bulan Ramadhan dan kira-kira laris. Sebenarnya peluang bisnis di bulan Ramadhan sangatlah besar. Kita hanya perlu melihat sekeliking kita aja dan meneliti kira-kira kebutuhan apa yang  harus ada di bulan Ramadhan namun belum ada yang menjualnya.

Sebenarnya peluang usaha di bulan Ramadhan ini bisa dibilang sebagai usaha musiman yang hanya menjanjikan di bulan Ramadhan saja. Jadi jika kita ingin membuka usaha yang kira-kira akan dijalankan terus menerus maka kita harus mencari peluang usaha lain yang bisa bertahan walaupun tidak di bulan Ramadhan.

Banyak kok peluang usaha tanpa modal yang bisa membuat kita sukses. Kita hanya perlu gigih dan pantang menyerah dalam membangun usaha. Kita juga harus mau belajar dari orang-orang yang sudah sukses dan meneladani kebiasan-kebiasaan baik orang sukses.

 Peluang Usaha Jualan Yang Laris Bulan Puasa Ramadhan

Peluang Usaha Jualan Bulan Ranadhan


Berikut ini adalah peluang usaha jualan di bulan puasa Ramadhan yang laris dan mudah dijalankan.

1. Peluang Usaha Jualan Makanan Berbuka Puasa


Setiap bulan Ramadhan tiba pasti akan muncul satu kebutuhan baru di masyarakat yaitu makanan untuk berbuka puasa. Peluang bisnis di bulan Ramadhan ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Tidak perlu jauh-jauh, kita hanya perlu berjualan di depan rumah dengan meja untuk menaruh makanan atau kalau mau bisa cari tempat di pinggir jalan yang agak ramai untuk menjajakan menu makanan buka puasa kita.

Bahkan di tempat saya ada sebuah pasar yang namanya Pasar Sore. Pasar Sore ini hanyalah sebuah jalan biasa yang ketika bulan puasa akan menjadi sebuah pasar. Banyak para pedagang makanan yang menyediakan menu berbuka berjualan di pinggir jalan berjajar-jajar.

Agan bisa mencoba memanfaatkan momen puasa sebagai peluang bisnis jualan makanan. Makanan yang dijual bermacam-macam ada nasi pecel, lontong sayur, baceman tahu, tempe, ayam, gulai, bubur, dan masih banyak lagi.

Jika agan ingin mencoba berjualan, agan tidak perlu membuat banyak menu. Buat semampunya saja, bahkan di tempat saya ada yang hanya jualan telur asin saja. Nyatanya juga laris dan menguntungkan kok.

2. Peluang Usaha Jualan Minuman Berbuka


Nah selain jualan makan tentu saja jualan minuman berbuka puasa adalah peluang usaha yang sama-sama menjanjikan. Umumnya orang yang membeli makanan berbuka juga sekaligus membeli minuman untuk pelengkapnya.

Akan sangat bagus jika kita menjual makanan dan minuman sekaligus, karena pembeli juga akan lebih tertarik untuk membeli karena mereka bisa membeli makanan dan minuman di satu tempat.

Namun jika kita memang hanya mampu menjual minuman saja itu juga tidak masalah. Peluang usaha jualan minuman di bulan Ramadhan yang sangat berpotensi laris antara lain es buah, kolak, es tape, jus buah, es doger, es campur, soup buah, cocktail, es teh, es jeruk, es jamu jawa seperti beras kencur, susu segar, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa minuman yang paling sering saya lihat dan selalu ada di Pasar Sore Ramadhan. Agan juga bisa mengambil peluang usaha tersebut dengan menjual minuman di waktu menjelang berbuka puasa.

Keuntungannya juga sangat menjanjikan karena usaha jualan minuman tidak memerlukan modal besar dan cukup mudah. Jika terpaksa tidak habis maka sisa jualan masih bisa kita simpan untuk dijual besok dengan menyimpannya di kulkas.

3. Peluang Usaha Jualan Kurma di Bulan Ramadhan


Kurma merupakan makanan yang wajib ada di bulan puasa. Jadi peluang sukses jualan kurma di bulan Ramadhan sangat besar. Hanya saja modal untuk jualan buah kurma memang agak besar karena harga kurma yang agak mahal.

Namun jika memang kita mampu maka tidak ada salahnya jika kita mengambil peluang bisnis jualan kurma ini. Buah kurma cukup awet jika disimpan dengan benar. Jadi jika terpaksa hari ini tidak habis terjual maka bisa dijual esok hari.

Bahkan saar menjelang Idul Fitri penjualan buah kurma biasanya naik karena banyak orang yang membeli kurma dalam jumlah banyak untuk stok dirumah dan digunakan untuk menjamu tamu hari raya.

4. Peluang Usaha Catering Nasi Box


Nah pada bulan Ramadhan hampir setiap masjid melakukan ajara buka bersama dengan takjil setiap hari. Makanan takjil untuk berbuka biasanya berupa nasi box yang isinya sudah satu paket dengan nasi, lauk, dan sayur.

Dengan begitu artinya pesanan nasi box akan mengalir sangat banyak setiap harinya. Nah jika agan mempunyai skill memasak maka agan bisa membuka usaha catering. Tinggal membuat spanduk atau membuat pamflet dan meneempelkannya di papan pengumuman di masjid-masjid maka pasti akan banyak pesanan takjil nasi box yang masuk ke agan.

Ini adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Apalagi jika agan bisa membuat harga nasi box lebih miring, maka pesanan akan menjadi sangat banyak. Malah bisa jadi ada masjid yang mempercayakan kebutuhan takjil nasi boxnya setiap hari selama sebulan penuh ke catering agan.

Paket yang paling umum dari takjil nasi box adalah nasi, sepotong ayam, sayur tumis/bakmi, kerupuk, dan air mineral gelas. Atau juga bisa yang berupa sate ayam dengan lontong dan sambel kacang dengan minuman terpisah. Untuk masjid-masjid besar yang biasa saya singgahi untuk berbuka biasanya menunya adalah nasi box dengan muniman es campur atau es buah.

5. Peluang Usaha Jualan Alat Ibadah Di Bulan Ramadhan


Pada bulan puasa kebutuhan akan alat ibadah sangatlah banyak karena pada bulan Ramadhan setiap hari diadakah acara pengajian, tadarus, sholat tarawih, dan acara-acara anak-anak TPA.

Dengan begitu peluang usaha jualan alat-alat ibadah juga terbuka lebar. Kebutuhan alat ibadah yang paling banyak adalah rukuh, Al-Qur’an, Juzz Amma, Iqra', tasbih, dan sajadah. Agan bisa coba menjual alat-alat ibadah tersebut untuk menambah penghasilan agan.

Cuma umumnya saingan bisnis ini lumayan berat yaitu seperti toko-toko besar yang sudah menpunyai nama. Jadi agan harus bisa berkompetisi dalam harga dan promosi agar jualan agan laris dan mendapatkan keuntungan.

6. Peluang Usaha Jualan Pakaian Muslim di Bulan Ramadhan


Kebutuhan akan pakaian muslim di bulan Ramadhan sangatlah besar seperti mukena, gamis, outer, baju koko, kemeja, sarung, dan sejenisnya. Karena pada bulan puasa ini banyak sekali orang-orang yang biasanya jarang ke masjid jadi rajin ke masjid. Otomatis mereka membutuhkan pakaian yang layak agar merasa percaya diri.

Apalagi hari-hari menjelang hari raya Idul Fitri, penjualan pakaian-pakain akan meningkat pesat. Itu dikarenakan budaya Indonesia yang "harus" menggunakan pakaian baru saat hari raya Idul Fitri dan ibadah Ramadhan. Ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

7. Peluang Usaha Jualan Ubi di Bulan Ramadhan


Apakah agan pernah terfikirkan untuk mencoba jualan ubi di bulan Ramadhan? Saya yakin kalau pasti tidak banyak orang yang berpikir untuk menjoba jual ubi saat bulan puasa. Namun apakah peluang bisnis ini sangat menguntungkan dan laku?

Ya, jika kita gigih maka akan laku dan menguntungkan. Bulan Ramadhan pasti wajib ada yang namanya kolak, jadi bisa disimpulkan bahwa bahan-bahan pembuatan kolak akan sangat laris. Seperti yang kita tahu bahwa ubi merupakan salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk membuat kolak.

Selain itu berjualan bahan kolak lain seperti pisang dan kolang kaling akan sangat menjanjikan. Kita cukup menjajakan dagangan di depan rumah atau di pinggir jalan saja akan banyak pembeli yang menghampiri kita. Ini adalah peluang usaha di bulan Ramadhan yang tidak boleh kita abaikan.

8. Peluang Usaha Jualan Makanan Sahur di Bulan Ramadhan


Mungkin setiap sore sudah sangat banyak orang yang berjualan makanan untuk berbuka puasa, hampir di setiap sudut jalan ada. Namun yang masih jarang ada adalah penjual makanan untuk sahur.

Mungkin ini agak berat karena kita harus bangun tengah malam untuk menyiapkan menu makanan namun peluang usaha ini sangat menjanjikan. Kita cukup membuat tulisan besar yang berbunyi "Menyediakan Makanan Untuk Sahur, Buka Jam 02.30 Sampai Subuh" misalnya.

Jika ada orang yang membaca tulisan itu atau mereka tahu bahwa kita menjual makanan untuk sahur, saya yakin banyak orang yang memilih untuk tidak memasak dan membeli makanan ditempat kita. Karena memasak makanan sahur bukanlah pekerjaan yang mudah.

Apalagi jika tempat kita berada di pinggir jalan protokol, pasti warung kita akan sangat ramai. Tapi syaratnya kita harus mau begadang sampai pagi. Ini adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan karena jarang orang yang melakukannya.

9. Peluang Usaha Jualan Kembang Api di Bulan Ramadhan


Jualan kembang api sebenarnya saya sendiri juga masih ragu apakah benar-benar diperbolehkan atau tidak, karena memang ada unsur bahan peledaknya seperti petasan atau mercon.

Namun diluar masalah itu jualan kembang api adalah peluang usaha musiman yang sangat laris pada bulan Ramadhan. Menurut pengamatan saya pribadi, produk-produk kembang api yang sering ada di bulan puasa mayoritas adalah buatan Cina jika dilihat dari label kemasannya.

Bisa kita lihat hampir setiap warung di bulan puasa juga ikut menjual petasan dan kembang api. Bahkan di pinggir-pinggir jalan juga sudah menjamur para penjual musiman yang jualan kembang api dengan meja-meja kecil.

Di tempat saya Yogyakarta, untuk kulakan produk kembang api grosir yang murah cukup mudah. Di area dekat Kraton Jogja ada tempat grosiran yang khusus menjual mainan dan aneka petasan kembang api. Bahkan kita bisa membeli dalam jumlah kecil jika tidak mampu membeli banyak.

Saya tahu karena dulu waktu saya masih sering bermain petasan saya membeli barangnya disitu secara ecer, harganya pun relatif murah. Entah ini diperbolehkan atau tidak intinya jualan petasan dan kembang api adalah peluang usaha musiman yang sangat laris di bulan Ramadhan.

10. Peluang Usaha Jualan Kue Kering dan Nastar di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan menjelang lebaran Idul Fitri umumnya penjualan kue kering lebaran atau nastar sangat laris. Karena mayoritas masyarakat bahkan hampir setiap rumah pasti ada yang namanya kue kering lebaran, minuman ringan, dan camilan untuk menjamu tamu yang datang.

Sebenarnya tidak hanya kue kering saja yang laris, camilan seperti makaroni, kacang mete, kacang telur, kacang bawang, permen coklat, wafer, dan makanan anak-anak juga laris. Bahkan banyak teman-teman saya yang mengambil peluang usaha musiman ini dan ikut berjualan kue kering di bulan Ramadhan.

Kalau di tempat saya sudah ada tempat produksi makanan-makanan seperti itu jadi jika saya mau jualan tinggal beli aja. Lagian makanan seperti ini jika kita menyimpannya dengan benar akan tahan lama.

Kita juga bisa mengemasnya dalam plastik-plastik kecil dan dijual per plastik. Ini adalah peluang usaha di bulan Ramadhan yang sayang jika tidak dimanfaatkan.

Diatas adalah beberapa ide kreatif dan peluang bisnis di bulan puasa yang bisa kita coba untuk menambah penghasilan uang kita. Namun sebenarnya masih banyak peluang bisnis bulan Ramadhan lain yang juga tidak kalah bagus seperti bisnis jualan minuman ringan Coca Cola Sprite Fanta, dan jasa sewa cater mobil.

Semuanya sangat menjanjikan, tinggal disesuaikan dengan kemampuan kita mau membuka usaha yang mana. Yang pasti setiap kita membuka usaha kita harus tahu kemana kita akan menjual produk tersebut.

Di artikel sebelumnya saya sudah membahas trik bisnis cara memasarkan produk produk makanan dan minuman yang laris. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment