7 Aplikasi Text Editor Coding PC Terbaik Gratis

7 Aplikasi Text Editor Coding PC Terbaik Gratis

Teks editor, sublime text editor adalah, text editor terbaik android, aplikasi text editor pc, aplikasi coding pc, download text editor mac, aplikasi coding pc terbaik, aplikasi pemrograman terbaik, text editor untuk php

Kali ini saya akan memberikan referensi beberapa aplikasi text editor PC terbaik untuk coding atau pemrograman yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi text editor PC gratis adalah jenis aplikasi text editor coding yang masuk dalam kategori open source.

Text editor open source adalah aplikasi yang dapat dipakai gratis karena dikembangkan secara kolaboratif dari berbagai orang atau komunitas di seluruh penjuru dunia. Setiap pengguna aplikasi jenis open source dapat berkontribusi untuk mengembangkan dan menyempurnakan aplikasi tersebut.

Baca juga: 10 Teks Editor Terbaik Untuk Pemrogaman

Keuntungan menggunakan aplikasi pemrograman text editor PC open source selain gratis adalah kita bisa melihat resources code yang ada di dalam aplikasi sehingga kita bisa menyesuaikan kode tersebut agar lebih kompatibel.

Aplikasi text editor PC terbaik dan populer rata-rata berjenis open source. Aplikasi open source banyak diminati karena dapat digunakan dengan gratis, bebas, dan umumnya memiliki kompatibilitas yang baik karena dikembangkan oleh banyak orang.

Para programer profesional membutuhkan aplikasi text editor coding yang sangat baik, oleh karena itu banyak perusahaan pengembang yang ikut memyempurnakan aplikasi text editor tersebut dalam sebuah proyek pengembangan.

Nah berikut ini adalah aplikasi text editor coding PC terbaik yang sudah terbukti kehandalannya untuk para programer profesional.

Daftar Aplikasi Text Editor Coding PC Terbaik Gratis Open Source



1. Atom Text Editor


Menulis kode seperti baris HTML sangat butuh ketelitian. Para web developer profesional pun membutuhkan aplikasi teks editor terbaik yang bisa mempermudah perkerjaan mereka. Atom Text Editor adalah aplikasi text editor PC terbaik yang bisa membantu para profesional maupun pemula untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah.

Atom Text Editor bekerja sama dengan GitHub sehingga memudahkan kita untuk melakukan pengembangan pemrograman. Aplikasi text editor PC terbaik ini juga dilengkapi dengan pengaturan paket sendiri sehingga kita menjadi mudah untuk menambahkan add-ons baru.

Kita mempunyai akses ke lebih dari 8000 paket add-ons, yang artinya aplikasi ini memang sangat pantas disebut sebagai aplikasi text editor PC terbaik yang open source.

Salah satu hal istimewa dari Atom Text Editor adalah memiliki fitur auto-complete. Ketika kita mengerjakan suatu pekerjaan seorang diri maka fitur auto-complete ini yang akan menjadi teman kerja kita sehingga kita bisa bekerja lebih cepat.

Atom Text Editor adalah aplikasi text editor multi-platform, yang tersedia untuk Windows, Android, Linux, dan MacOS.


2. BlueGriffon


BlueGriffon merupakan aplikasi text editor PC terbaik yang spesialis digunakan untuk coding HTML. Ini adalah text editor HTML yang memudahkan kita melakukan penyusunan HTML dengan tampilan yang bagus dan output yang hebat.

Aplikasi text editor PC ini didukung oleh Gecko yang merupakan sebuah engine yang juga digunakan oleh Mozilla Firefox. Engine ini ditulis dengan bahasa pemrograman C++ dan JavaScript.

BlueGriffon jelas merupakan aplikasi text editor PC terbaik yang sangat cocok digunakan oleh pemula maupun profesional. Dengan tampilan antar muka yang modern membuat kita bisa melakukan pekerjaan dengan lebih mudah dan nyaman.

Aplikasi ini sebenarnya serbaguna, bahkan agan bisa mendapatkan lisensi EPUB jika mengunginkannya. Selain itu, aplikasi memungkinkan kita untuk membangun situs web responsif dengan koleksi template bawaan lebih dari 2500 buah.


3. Notepad++


Siapa sih yang tidak tahu dengan aplikasi text editor PC Notepad++? Hampir semua orang yang menggunakan komputer pasti tahu. Notepad++ adalah text editor populer untuk coding yang sederhana dan gratis dengan lisensi yang diatur oleh GPL.

Aplikasi text editor ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman C++, saya curiga penamaan Notepad++ terinspirasi dari nama C++. Notepad++ mendukung berbagai bahasa pemrograman dengan pengerjaan yang lebih mudah dan tidak terlalu rumit.

Program text editor ini mendukung berbagai bahasa dan juga memiliki fitur auto-complete. Dengan tersedianya dalam berbagai bahasa membuat aplikasi text editor PC ini menjadi mudah dioperasikan karena perbedaan bahasa kadang menghambat kecuali bahasa pemrograman yang dimanapun tetap sama.

Selain fitur yang sudah saya sebutkan tadi, masih ada fitur-fitur lain seperti Syntax Highlighting, syntax folding, GUI yang bisa dicustom, fitur find replace, dan lain sebagainya. Saya pikir Notepad++ adalah aplikasi text editor PC yang wajib dimiliki bagi para programer baik itu yang sudah profesional maupun yang baru tahap pembelajaran.


4. Visual Studio Code


Visual Studio Code adalah aplikasi text editor coding PC gratis yang sudah dilengkapi GitHub secara built-in. Satu hal yang membuat Visual Studio Code berbeda dari aplikasi text editor PC lain adalah dilengkapinya dengan IntelliSense.

Yang artinya terdapat auto-complete yang didasarkan pada build, variabel, fungsi, dan modul yang sudah ada. Aplikasi text editor PC ini dapat disesuaikan sedemikian rupa sehingga kita bisa menciptakan lingkungan kerja seperti yang kita inginkan.

Kita dapat menciptakan Visual Code Studio sendiri dan mendapatkan ekstensi dari Market Place. Visual Code Studio dapat digunakan di komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS sehingga apapun komputer agan tetap bisa menggunakan aplikasi text editor ini.


5. Brackets


Brackets menargetkan para perancang web dan pengembang front-end dengan editor teks open-source dengan dukungan visual yang tinggi. Pengembangan visual dimaksudkan untuk untuk memastikan bahwa output akan selaras dengan coding desain yanh dimasukkan.

Aplikasi text editor ini dikembangkan dengan kerjasama dari para pengembang dan programer lain, dengan maksud agar aplikasi text editor ini dapat digunakan dengan mudah oleh semua kalangan programer.

Selain itu juga telah dibuat beberapa ekstensi yang dapat membantu pekerjaan-pekerjaan khusus. Saya telah mencoba menggunakan Brackets dan dalam waktu singkat saya sudah bisa menyesuaikan diri dengan nyaman. Intinya aplikasi text editor PC ini memiliki semua fitur yang kita butuhkan dan pemasangan ekstensi juga cukup mudah.


6. Aptana Studio


Aptana Studio adalah salah satu aplikasi text editor coding PC terbaik yang open source yang dirancang untuk pengembangan website dan menggunakan Eclipse IDE (Integrated Development Environment).

Eclipse adalah salah satu IDE Java yang paling banyak digunakan yang membuat Aptana Studio sangat bisa digunakan dalam hal pengembangan. Fitur-fiturnya termasuk HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan dukungan Ruby.

Jika agan mencari aplikasi text editor PC yang komprehensif yang memungkinkan agan bekerja pada pengembangan browser eksklusif, agan dapat mempertimbangkan untuk mencoba aplikasi text editor PC terbaik satu ini.


7. CoffeeCup


CoffeeCup adalah salah satu aplikasi text editor PC terbaik yang banyak digunakan untuk pengembangan website. Aplikasi text editor ini memiliki editor HTML gratis yang memungkinkan kita untuk melakukan coding situs web sendiri.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti auto-complete, tema, tata letak, highlighting syntax, dan masih banyak lagi. Layanan dari CoffeeCup sangat menakjubkan, bahkan mereka juga menyediakan layanan hosting juga.

Menurut saya, aplikasi text editor PC ini sudah sangat bagus untuk mendesain web mulai dari struktur dan kerangka kerjanya.


Itulah beberapa aplikasi text editor PC terbaik untuk coding yang bisa agan coba gunakan. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....