6 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik

6 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik

Kita perlu mengetahui tips memilih asuransi kendaraan terbaik disaat akan membuat polis asuransi. Karena asuransi kendaraan merupakan perlindungan yang sangat penting untuk melindungi mobil yang merupakan aset kita.

Dengan memilih asuransi kendaraan yang tepat akan sangat bermanfaat untuk menjamin kendaraan kita baik motor atau mobil dari segala jenis resiko yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Kita juga perlu mempelajari berbagai jenis asuransi kendaraan karena setiap asuransi memiliki tanggungan dan jaminan yang berbeda.

Jenis asuransi kendaraan secara garis besar dibedakan menjadi dua jenis yaitu
Asuransi Kendaraan All Risk atau Comprehensive dan Asuransi Kendaraan Total Loss Only (Asuransi TLO). Jika agan belum tahu nanti akan saya jelaskan secara singkat dibawah.

Setelah kita tahu jenis-jenis asuransi kendaraan selanjutnya kita perlu meneliti dan memilih perusahaan asuransi kendaraan terbaik yang bisa kita lihat dari reputasi dan rekam jejaknya. Kita bisa melakukan pengecekan via internet juga jadinya lebih mudah. Bahkan asuransi mobil online juga sudah ada.

Beberapa perusahaan asuransi kendaraan terbaik yang bisa agan pilih antara lain asuransi mobil Garda Orto, asuransi mobil Sinarmas, AXA Auto Insurance, asuransi kendaraan Allianz Indonesia, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik


Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita jadikan bahan pertimbangan saat memilih perusahaan asuransi kendaraan baik itu untuk motor, mobil honda, dan mobil-mobil lainnya.

1. Memilih Asuransi Kendaraan Sesuai Kebutuhan


Tips pertama dalam memilih asuransi kendaraan tentu saja harus disesuaikan kebutuhan kita. Kira-kira asuransi kendaraan seperti apa yang kita dicari. Sebelumnya kita harus tahu dulu jenis-jenis asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan secara umum dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  1. Asuransi Kendaraan All Risk atau Comprehensive - Asuransi Kendaraan All Risk adalah suatu jenis asuransi kendaraan yang akan menjamin secara penuh suatu kendaraan baik dari kerusakan kecil maupun kerusakan besar. Walaupun menjamin secara keseluruhan kita juga harus tahu bahwa ada beberapa pengecualian yang kerusakannya tidak bisa dijamin oleh asuransi kendaraan ini. Jadi kita harus cermat saat membaca syarat dan ketentuan suatu layanan asuransi
  2. Asuransi Kendaraan Total Loss Only (TL) - Asuransi kendaraan jenis Total Loss Only adalah sebuah asuransi kendaraan yang hanya menjamin kendaraan yang kerusakannya diatas 75%. Artinya segala jenis kerusakan kendaraan entah itu dari kecelakaan di jalan ataupun kejahatan yang dibawah 75% tidak akan mendapat ganti rugi dari asuransi jenis ini

Kita juga harus mempertimbangkan harga atau nilai dari kendaraan. Apakah kita tidak rugi jika mengasuransikan kendaraan tersebut, karena setiap bulan kita akan membayar sejumlah uang sebagai iuran asuransi.

2. Mempertimbangkan Keunggulan Asuransi Kendaraan


Setiap perusahaan asuransi kendaraan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Kita harus membandingkan beberapa asuransi kendaraan dan memilih mana yang lebih cocok dan baik. Ada beberapa perusahaan asuransi kendaraan yang memberikan jaminan lebih yaitu bersedia memberikan mobil pinjaman ketika mobil kita sedang diperbaiki atau hilang dicuri.

Pilihlah asuransi yang kira-kira menguntungkan kita dalam berbagai kemungkinan-kemungkinan yang buruk.

3. Melakukan Survey Dan Bandingkan


Seperti yang sudah saya sampaikan tadi bahwa setiap layanan asuransi kendaraan memiliki kekukarang dan kelebihan sendiri-sendiri. Untuk mendapatkan informasi sekarang tidak terlalu sulit. Kita bisa mengunjungi ke kantor, mengunjungi websitenya, ataupun bertanya pada orang yang pernah menggunakan asuransi kendaraan tersebut.

Kita bisa bertanya kepada kerabat-kerabat kita yang pernah melakukan klaim asuransi kendaraan. Kita juga bisa melihat ulasan atau review asuransi kendaraan di internet, karena sekarang sudah banyak sekali ulasan online seputar asuransi kendaraan.

4. Memilih Asuransi Kendaraan yang Pelayanannya Baik


Setelah kita melakukan survey nanti kita akan mendapatkan informasi pelayanan dari berbagai perusahaan asuransi kendaraan. Kita harus mencari perusahaan asuransi kendaraan yang bisa merespon dan melayani masalah dengan cepat dan efisien.

Cara mengetesnya secara langsung juga cukup mudah sebenarnya. Kita hanya perlu menelfon atau menghubungi bagian klaim asuransi dan kita nilai bagaimana responnya. Yang kita nilai adalah kemudahan dalam menghubungi bagian klaim, waktu tunggu, keramahan, dan juga solusi yang ditawarkan.

5. Sesuaikan Dengan Keuangan Kita


Nah ini yang paling penting, kita harus menyesuaikan layanan asuransi kendaraan yang kita pilih dengan kemampuan keuangan kita. Jika kita memilih asuransi kendaraan yang terlalu mahal maka hanya akan membebani keuangan kita.

Kita bisa memilih paket asuransi dan frekuensi pembayaran biaya asuransi yang paling pas. Tentu saja besarnya premi yang kita bayarkan akan sepadan dengan perlindungan asuransi yang kita dapatkan.

Jika keuangan kita kurang mendukung maka kita bisa memilih asuransi kendaraan jenis Total Loss Only untuk mengantisipasi kerusakan fatal yang membutuhkan biaya besar.

6. Memilih Asuransi Kendaraan Sesuai Rekomendasi Dealer


Cara ini berlaku jika kita membeli kendaraan baru dari dealer. Karena umumnya saat kita membeli kendaraan pihak dealer juga sekaligus akan menyarankan untuk membeli asuransi kendaraan. Nanti pihak dealer akan memberikan rekomendasi layanan asuransi kendaraan terbaik namun kita jufa tidak harus mutlak percaya terhadap dealer.

Tetapi setidaknya kita bisa sekaligus bertanya tentang layanan asuransi kendaraan dan kita juga bisa mengambil rekomendasi dari mereka karena mau bagaimapun mereka lebih paham masalah kendaraan daripada kita.

Itulah beberapa tips memilih asuransi kendaraan terbaik yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kita. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
#Asuransi
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment