Tujuan Dan Manfaat Mempelajari Psikologi Secara Umum

Tujuan Dan Manfaat Mempelajari Psikologi Secara Umum

Sebenarnya apa tujuan dan manfaat mempelajari ilmu psikologi atau manfaat yang didapatkan ketika menjadi seorang psikolog?. Jika kita membicarakan tujuan dan manfaat mempelajari psikologi mungkin setiap orang akan berbeda-beda, apalagi mengenai tujuannya. Mungkin ada seseorang yang mempelajari ilmu psikologi sebagai salah satu cara menggali potensi diri untuk sukses.

Namun bagi kita yang berkeinginan untuk belajar ilmu psikologi dan ingin berkarir menjadi psikolog maka kita harus bisa menjawab pertanyaan tersebut. Apa yang menjadi tujuan kita mempelajari ilmu psikologi? Tentu jika kita melihat dari segi ekonomi adalah agar bisa menjadi seorang psikolog dan mendapatkan uang.

Namun dari segi moral dan ilmu pengetahuan, tujuan mempelajari psikologi jauh lebih  tinggi daripada masalah uang. Selanjutnya adalah apa manfaat mempelajari psikologi?. Kita bisa melihat dari berbagai sisi psikologi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Entah itu manfaat psikologi hukum, manfaat psikologi industri, manfaat psikologi kesehatan, manfaat psikologi pendidikan dalam kehidupan sehari hari, ataupun manfaat mempelajari psikologi komunikasi. Namun untuk mempermudahmanfaat mempelajari psikologi komunikasi pembahasan nanti akan saya jabarkan beberapa tujuan dan manfaat mempelajari psikologi secara umum, tidak terkotak-kotak.

Jika tujuan agan mempelajari ilmu psikologi atas dasar menyukainya maka itu sudah berbeda. Itu artinya agan ingin mengeksplorasi tantangan baru dan untuk mempelajari hal-hal baru. Nah berikut ini adalah beberapa tujuan dan manfaat mempelajari psikologi secara umum.


Tujuan dan Manfaat Mempelajari Ilmu Psikologi 


Agar pembahasannya lebih mudah maka akan saya pisah antara pembahasan tujuan mempelajari psikologi dan manfaat mempelajari psikologi.

Tujuan Mempelajari Ilmu Psikologi 


Tujuan dari mempelajari ilmu psikologi menurut seorang ahli psikologi plotnik adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Mempelajari Ilmu Psikologi Pertama


Tujuan pertama mempelajari ilmu psikologi adalah untuk meneliti berbagai jenis kepribadian dan perilaku dari makhluk hidup, entah itu manusia ataupun makhluk hidup lainnya. Misalnya meneliti dan mempelajari perilaku seseorang yang mengalami cacat mental, lalu menjelaskan perilaku orang yang mengalami cacat mental tersebut.

2. Tujuan Mempelajari Ilmu Psikologi Kedua


Setelah tujuan pertama dari mempelajari ilmu psikologi untuk mempelajari jenis kepribadian dan perilaku makhluk hidup, tujuan selanjutnya adalah meneliti penyebab dari perilaku tersebut. Misalnya tentang penyebab autis yang disebabkan oleh perkembangan otak yang menyimpang dikarenakan faktor genetika dan biologi.

3. Tujuan Mempelajari Ilmu Psikologi Ketiga


Perilaku manusia akan berubah sesuai dengan situasi yang dihadapinya. Nah salah satu tujuan dari ilmu psikologi adalah untuk mempelajari hal tersebut. Yaitu memprediksi prilaku makhluk hidup dalam situasi yang berbeda-beda. Jika kita mampu memprediksi perilaku suatu makhluk hidup maka kita akan mampu untuk mengontrol makhluk hidup tersebut dengan lebih mudah.

4. Tujuan Mempelajari Ilmu Psikologi Keempat


Tujuan puncak dari mempelajari ilmu psikologi adalah agar mampu mengontrol perilaku suatu makhluk hidup. Seorang psikolog yang sudah ahli mampu untuk memberikan bimbingan dan mengontrol perilaku seseorang yang meminta bantuan agar menghilangkan suatu perilaku yang negatif.

Manfaat Mempelajari Psikologi Secara Umum 


Berikut ini adalah manfaat yang akan kita dapatkan jika kita mempelajari psikologi dan menjadi seorang psikolog:

1. Bisa Menjadi Bermanfaat dan Membantu Orang Lain


Salah satu pekerjaan seorang psikolog adalah memberikan bimbingan dan konseling. Tentu saja dengan mempelajari psikologi akan mendorong kita untuk lebih bermanfaat dan membanru orang lain. Jika agan menyukai pekerjaan yang sifatnya membantu orang lain maka menjadi seorang psikolog adalah pilihan yang sangat tepat.

Walaupun menjadi seorang psikolog adalah pekerjaan yang lumayan membuat stres karena harus mendengarkan permasalah banyak orang dan membantu menyelesaikannya namun banyak orang yang mengatakan bahwa menjadi seorang psikolog adalah pekerjaan yang memuaskan.

2. Memiliki Jadwal yang Fleksibel


Salah satu manfaat mempelajari psikologi adalah ketika kita sudah bekerja sebagai seorang psikolog adalah memiliki jadwal kerja yang fleksibel. Menurut survey Occupational Outlook Handbook yang diterbitkan oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, satu dari tiga psikolog adalah wiraswasta.

Jika kita membuka praktik konsultasi sendiri pada dasarnya kita dapat mengatur jam kerja kita sendiri. Satu keuntungan besar dari menjadi seorang psikolog adalah bahwa kita dapat memiliki karier yang bagus dan masih memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bersama teman dan keluarga kita.

Psikolog yang bekerja di rumah sakit atau kantor kesehatan mental mungkin tidak memiliki jadwal kerja yang sefleksibel rekan wiraswasta mereka, tetapi masih ada banyak peluang untuk mengatur jam yang sesuai dengan tuntutan hidup dan keluarga.

3. Potensi Memiliki Gaji yang Tinggi


Walaupun kurang bijaksana jika kita memilih suatu perkerjaan hanya mempertimbangkan masalah uang saja, namun nyatanya seorang psikolog rata-rata memiliki gaji yang sangat layak. Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas beberapa tips memilih pekerjaan yang cocok dan menyenangkan.

Bahkan mereka yang hanya menjadi psikolog part time saja penghasilannya mampu digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Namun dengan catatan bahwa dia bekerja sebagai seorang psikolog yang profesional, bukan hanya sekedar memiliki gelar sarjana psikologi saja.

Karena seseorang yang sudah bekerja sebagai psikolog profesional gajinya akan tetap lebih besar dari orang yang hanya sekedar memiliki gekar sarjana psikologi saja. Orang yang memiliki gelar sarjana psikologi belum tentu dapat disebut sebagai seorang psikolog. Dia hanyalah orang yang secara akademis pernah mempelajari ilmu psikologi.

4. Seorang Psikolog Bisa Menjalankan Bisnis Sendiri


Seperti yang sudah saya sampaikan tadi bahwa menurut survey Occupational Outlook Handbook satu dari tiga psikolog adalah wiraswasta, artinya 30% psikolog memiliki usaha mereka sendiri. Jika agan lebih suka bekerja dengan diri sendiri dan jadi wirausaha, mempelajari ilmu psikologi merupakan pilihan yang baik agar menjadi seorang psikolog.

Membuka praktik konseling sendiri memberikan kontrol penuh untuk karir agan sendiri. Psikolog yang bekerja di bidang khusus seperti psikologi industri-organisasi , psikologi pendidikan, dan psikologi forensik juga dapat menemukan peluang untuk wirausaha sebagai konsultan pribadi.

5. Psikolog Selalu Dapat Menemukan Tantangan Baru


Bidang psikologi sangatlah beragam dan menantang, jadi tidak peduli bidang mana yang agan pilih untuk ditekuni, agan mungkin tidak akan sering bosan. Psikolog klinis menghadapi tantangan terus-menerus dari klien yang membutuhkan bantuan mereka dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Bidang khusus lainnya seperti psikologi olahraga dan psikologi forensik juga menghadapi tuntutan dan hambatan unik mereka sendiri. Menjadi psikolog kadang-kadang membuat stres, tetapi profesi ini menghadirkan tantangan intelektual yang membuat pekerjaan tetap menarik.

6. Dengan Mempelajari Psikologi Dapat Bertemu Berbagai Macam Orang


Jika agan menyukai bekerja dengan bertemu orang-orang baru dan membantu mereka menyelesaikan permasalahan mereka maka menjadi seorang psikolog bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Meskipun agan akan sering menghadapi tantangan, melihat klien agan membuat kemajuan nyata dan bisa bekerja menuju tujuan mereka dapat memberi agan kepuasan.

Saat agan bersedia melayani semua anak-anak dan orang dewasa, agan akan memiliki kesempatan untuk bertemu dan membantu orang-orang dari semua lapisan masyarakat.

Itulah beberapa tujuan mempelajari psikologi dan manfaat mempelajari psikologi. Mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan jika agan ingin belajar dan berkarir sebagai seorang psikolog. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment