Cara Cek VGA Laptop Yang Dipakai

Cara Cek VGA Laptop Yang Dipakai

Cara cek VGA laptop. Kali ini saya akan membahas tutorial sederhana bagaimana cara cek VGA laptop serta software cek VGA yang paling umum dipakai. Cara cek VGA laptop yang dipakai sebenarnya tidak terlalu sulit, namun apabila agan kesulitan dalam cek VGA agan bisa melihat artikel ini sampai selesai.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara cek VGA laptop yang kita pakai, alangkah baiknya kita membahas sedikit tentang apa itu VGA. VGA atau yang memiliki kepanjangan Video Graphicd Array adalah sebuah perangkat keras yang bertugas menampilkan format visual pada layar komputer.

Tugas dari VGA adalah menerjemahkan data visual dari CPU dan menyalurkannya ke monitor untuk ditampilkan. VGA versi baru yang canggih mampu meningkatkan tampilan yang sangat realistik, hal ini sangat penting untuk menampilkan visual foto, gambar, dan yang paling populer adalah game.

Dimana game saat ini sudah mempunyai grafis reality yang sangat mirip dengan obyek asli nyata, tanpa VGA maka grafis tersebut tidak akan bisa ditampilkan dengan maksimal. Bahkan jika resolusi VGA lebih kecil dari resolusi monitor maka gambar yang dihasilkan tidak akan tajam, bahkan bisa pecah.

Cara Cek VGA Card Laptop dan Komputer


Pada tuturial cara cek VGA kali ini kita bisa melihat spesifikasi VGA lengkap dan juga beberapa informasi lain seputar komputer kita. Nah berikut ini adalah beberapa cara cek VGA laptop atau komputer yang kita pakai.

1. Cara Cek VGA dengan Dxdiag



Dxdiag adalah sebuah software yang khusus digunakan untuk mengecek spesifikasi komputer mulai dari hardware dan software. Itu artinya kita juga bisa cek VGA laptop kita menggunakan program Dxdiag.

Sebenarnya Dxdiag adalah program bawaan dari Windows, jadi untuk menggunakannya kita tidak perlu download dan install software. Caranya ketik dxdiag di kolom Search Menu Start atau Run. Buka program tersebut dan kita bisa melihat seluruh spesifikasi komputer termasuk seri VGA Card yang kita pakai.

Pada bagian tab System kita bisa melihat spesifikasi dasar dari laptop atau komputer kita mulai dari nama komputer, sistem operasi yang digunakan, dan processor yang terpasang. Nah untuk VGA kita bisa melihatnya di bagian Display. Selain itu masih ada informasi lain seperti network, sound, dan lain sebagainya.

2. Cara Cek VGA dengan GPU-Z



Selain menggunakan Dxdiag, kita juga bisa menggunakan software GPU-Z untuk cek VGA laptop yang dipakai. Sebenarnya Dxdiag dan GPU-Z hampir mirip, sama-sama digunakan untuk cek sistem komputer. Bedanya GPU-Z adalah program pihak ketiga yang tidak terinstal di kumputer.

Jadi untuk bisa menggunakannya kita perlu melakukan download dan install softwarenya dulu. Namun agan tidak usah khawatir, ukuran software ini kecil kok, serta ringan saat dijalankan. Ukuran software ini hanya sekitar 6 MB dan juga gratis,  jadi kita tidak perlu melakukan pembelian.


Silakan download software cek VGA GPU-Z melalui link diatas. Setelah proses download selesai, install software tersebut ke komputer kita. Jika sudah selesai langsung kita jalankan software tersebut, cara penggunaannya pun sangat mudah. Saya yakin agan langsung bisa mengetahuinya saat pertamakali mencoba.

Nanti kita bisa melihat spesifikasi VGA laptop yang terpasang di laptop atau komputer kita. Selain itu kita juga bisa melihat informasi lain seperti clock speed, BIOS, Memory, dan lain sebagainya.

3. Cara Cek VGA dengan Speccy



Cara cek VGA selanjutnya adalah menggunakan software Speccy. Menurut saya  software yang dikembangkan oleh Piriform ini memiliki tampilan yang lebih menarik dan menyanjikan informasi yang lebih lengkap.

Hal ini sangat wajar karena pada dasarnya software ini memang dikembangkan untuk mencari profit atau keuntungan. Sebenarnya software ini adalah software berbayar namun juga bisa digunakan secara gratis dengan catatan terdapat iklan pada versi gratis.

Walaupun memiliki tampilan yang bagus dan memberikan informasi yang super lengkap nyatanya ukuran software ini sangat kecil, yaitu hanya sekitar 5 MB saja. Dari ukuran tersebut sudah bisa kita tebak bahwa software ini ringan dijalankan.

Informasi yang ditampilkan oleh software ini antara lain adalah processor, RAM, sistem operasi, hard drive, VGA, dan bahkan juga terdapat informasi seputar temperatur perangkat keras laptop atau komputer kita.


4. Cara Cek VGA dengan CPU-Z



Cara cek VGA laptop yang terakhir adalah menggunakan software CPU-Z. Software ini fungsinya masih sama dengan software-software diatas yaitu untuk cek spesifikasi laptop dan komputer, termasuk untuk cek VGA laptop yang dipakai.

Software ini termasuk software yang sangat populer untuk cek spesifikasi komputer seperti chipset, motherboard, BIOS, processor, RAM, dan VGA. Untuk bisa cek VGA dengan CPU-Z, silakan download dulu softwarenya melalui link dibawah ini.


Setelah proses download selesai, install dan jalan softwarenya. Nanti akan langsung tampil spesifikasi komputer yang kita pakai lengkap denga tipe VGA Card nya.

Itulah beberapa cara cek VGA laptop yang bisa kita coba. Memang kita sebaiknya tahu dengan spesifikasi laptop atau komputer yang kita pakai. Hal tersebut berguna saat kita akan memasang suatu software yang diharuskan untuk memiliki spesifikasi yang kompatibel.

Apalagi saat kita ingin menginstal game, mengetahui spesifikasi VGA adalah hal wajib. Sekian pembahasan tentang cara cek VGA laptop kali ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment