3 Cara Membersihkan Cache Sampah Android Untuk Mengatasi Lemot

3 Cara Membersihkan Cache Sampah Android Untuk Mengatasi Lemot

Cara membersihkan cache Android, cara membersihkan file sampah Android, cara mempercepat kinerja Android,  cara mengatasi Android lemot.

Saat ini Android sudah memiliki kapasitas penyimpanan yang semakin besar mulai dari 32GB, 64GB, sampai 128GB. Hal ini dimaksudkan agar kinerja Android menjadi lebih baik. Seperti yang kita tahu bahwa penyimpanan yang penuh dapat memperlambat kinerja Android.

Salah satu yang bisa membuat penuh penyimpanan Android adalah file sampah yang tidak penting seperti cache. Saya sendiri bahkan sudah pernah mengalami Android menjadi lemot karena cache. Jumlah cache di Android saya mencapai 1,5GB sehingga membuat penyimpanan nenhadi sesak.

Dari situ dapat kita simpulkan bahwa salah satu cara untuk mempercepat kinerja Android adalah dengan membersihkan file sampah termasuk cache ini. Sebenarnya ada banyak cara untuk mempercepat kinerja Android, pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang cara mengatasi smartphone Android lambat.

Apa Fungsi Dari Cache dan Apa Isi Cache?


Dalam cache berisi data gambar, file, dan file media lain yang disimpan di dalam perangkat Android kita oleh website atau aplikasi. Satu buah cache berisi data yang khusus untuk satu aplikasi juga ysng disimpan di direktori khusus. Sehingga saat kita membuka aplikasi tersebut maka langsung dapat berjalan dan menampilkan informasi yang sesuai dengan data kita.

Misalnya alamat website terakhir yang kita kunjungi, maka kita bisa mengunjungi situs tersebut lagi dengan cepat karena data situs tersebut sudah tersimpan di perangkat kita dalam bentuk cache.

Apakah Aman dan Boleh Menghapus File Cache?

Menghapus file cache tidak berbahaya dan aman kita lakukan. Karena dalam file cache tidak tersimpan data-data penting seperti password dan data pribadi kita. Cache hanya menyimpan data aktifitas dan kebiasaan kita saja. Bahkan aplikasi yang bermasalah bisa kita atasi dengan membersihkan cache tersebut.

Kapan Waktu Kita Untuk Membersihkan Cache?


Sebaiknya kita membersihkan file cache secara rutin dan berkala, misalnya seminggu sekali agar kinerja Android kita selalu cepat dan tidak berat. Atau jika kita tidak mempunyai waktu kita bisa membersihkan cache saat kita merasa penyimpanan sudah penuh, Android menjadi lambat, dan perangkat atau aplikasi mengalami masalah.

Cara Menghapus Cache Untuk Mempercepat Kinerja Android



1. Cara Menghapus Semua Cache Android Sekaligus


Cara yang pertama ini cukup cepat dan sederhana. Kita tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Caranya kita buka Pengaturan terus pilih Penyimpanan. Nanti akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


Nah pada bagian Data dalam cache tersebut adalah jumlah seluruh cache yang tersimpan di perangkat kita. Punya saya kebetulan baru saja saya bersihkan sehingga jumlah cache hanya 32,59MB saja. Cara membersihkan cache tersebut cukup mudah, sentuh saja pada bagian Data dalam cache dan nanti akan muncul pesan penghapusan semua cache, pilih aja Oke.

2. Cara Menghapus Cache Per Aplikasi


Cara membersihkan cache kedua adalah dengan membersihkan data cache satu persatu setiap aplikasi. Dalam tutorial kali ini saya akan memberikan contoh membersihkan aplikasi Google Chrome.

Caranya kita masuk ke Pengaturan dan pilih Aplikasi. Disitu nanti akan muncul banyak aplikasi,  namun karena saya ingin membersihkan cache pada aplikasi Google Chrome maka saya memilih aplikasi Google Chrome. Setelah dipilih nanti akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.


Silakan agan lihat pada bagian Cache, dimana cache pada aplikasi Google Chrome di perangkat saya adalah sebanyak 9,04MB. Saya rasa ukuran tersebut cukup kecil karena biasanya saya bisa lebih dari 100MB. Cara membersihkan cache tersebut cukup mudah, cukup sentuh pada tombol Hapus Cache.

Nah itulah cara membersihkan cache pada aplikasi Google Chrome. Kita juga bisa melakukan hal yang sama pada aplikasi-aplikasi lainnya.

3. Membersihkan Cache Dengan Aplikasi Pihak Ketiga


Membersihkan cache dan file sampah lain pada perangkat Android bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang biasa disebut dengan aplikasi penbersih Android.Namun kita perlu mendownload aplikasi tersebut agar bisa menggunakannya.

Keuntungan menggunakan aplikasi penbersih adalah kita lebih mudah dalam membersihkan file sampah sekaligus bisa langsung mempercepat kinerja Android. Untuk lebih jelasnya agan bisa melihat artikel saya sebelumnya yang membahas tentang aplikasi pembersih (cleaner) untuk mempercepat Android terbaik.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan cache dan untuk mengatasi Android lambat. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment