20 Jembatan Paling Mengerikan Di Dunia Bagian 1

20 Jembatan Paling Mengerikan Di Dunia Bagian 1

Jembatan paling mengerikan di dunia. Di dunia ini terdapat berbagai macam hal yang tidak umum, salah satunya adalah jembatan. Di dunia ini ada beberapa jembatan yang tidak biasa karena untuk melintasi jembatan tersebut butuh nyali yang besar.

Jembatan Paling Mengerikan Di Dunia 


Nah dibawah ini adalah jembatan paling menakutkan di dunia yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber.

1. Jembatan Royal Gorge, Colorado



Jembatan Royal Gorge adalah jembatan tertinggi di Amerika Serikat dan pernah menjadi jembatan tertinggi di dunia hingga tahun 2001. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1929 dan merupakan tipe jembatan gantung.

Jembatan mengerikan ini bisa dilewati kendaraan seperti motor dan mobil, namun kendaraan berat seperti truk dilarang melintasi jembatan ini. Jembatan yang berada di Colorado ini memiliki panjang total 374 meter dan tinggi 291 meter diatas ngarai sungai Arkansas.

Jembatan ini dibangun dengan struktur baja dengan alas papan kayu. Jembatan ini sekarang masuk sebagai tempat wisata dan rekreasi dalam taman Royal Gorge Bridge & Park.


2. Jembatan Monyet, Vietnam



Jembatan monyet atau dalam bahasa Vietnam disebut dengan cầu khỉ adalah sebuah jembatan bambu atau kayu buatan tangan yang sangat sederhana. Jembatan ini ditarus di atas sungai-sungai besar seperti sungai Mekong. Sepintas jika kita melihat pasti beranggapan bahwa jembatan ini tidak bisa dilintasi oleh manusia dan hanya monyet yang bisa melintasinya.

Jembatan ini kadang tidak memiliki pegangan tangan dan banyak para penduduk yang melewati jembatan ini dengan membawa beban berat. Jembatan ini memang benar-benar sangat berbahaya dan sebenarnya tidak layak untuk dilewati manusia.

3. Jembatan Gantung Hussaini, Pakistan



Jembatan Gantung Hussaini di Pakistan ini dijuluki sebagai jembatan gantung paling berbahaya di dunia. Jembatan ini dibangun melintasi Danau Borit sebelah atas atau Sungai Hunza. Dilihat dari bentuknya saja sudah sangat mengerikan dengan bentuk jembatan yang seperti seadanya dan barisan papan kayu yang renggang.

Disamping jembatan ini ada jembatan tua yang juga terlihat sangat menambah kengerian jembatan ini. Saat melintasinya kita serasa akan jatuh ke air karena jembatan ini bisa bergoyang cukup keras hanya karena tiupan angin.

Walaupun begitu jembatan ini sebenarnya cukup kuat dan aman, banyak orang yang rela datang hanya untuk menguji keberanian untuk melewati jembatan ini.

4. Seven Mile Bridge, Florida



Jembatan ini berada di Florida dan dibangun pada tahun 1978 dan dibuka untuk umum pada tahun 1982. Sebenarnya ini jembatan baru karena sebelumnya sudah ada jembatan, namun terlalu rendah sehingga membuat kapal tidak bisa melintas. Belum lagi kerusakan-kerusakan lain karena badai.

Jembatan ini memiliki 2 jalur dengan panjang total 10,8 KM. Sebenarnya jembatan ini cukup aman dan tidak terlalu menakutkan. Namun yang jadi masalah adalah ketika kita melintas di jembatan sepanjang itu dan terjadi badai. Kita tidak bisa lari kemana-mana karena posisi kita diatas laut.


5. Jembatan Deception Pass, Washington



Jembatan yang mengerikan ini dibangun pada tahun 1934 yang menghubungkan Pulau Whidbey dan Pulau Fidalgo. Jembatan ini berada di atas laut dan sering dipenuhi kabut. Melewati jembatan berkabut ini menggunakan mobil memang tidak terlalu menantan, tetapi berbeda jika kita melewati jembatan ini dengan jalan kaki. Jembatan ini memiliki panjang total 1.487 kaki atau 453 meter.

Konstruksi utamanya menggunakan kerangka baja dengan ketinggian hampir 60 meter. Sebelum dibangun jembatan ini orang-orang menggunakan kapal feri untuk menyeberang. Namun walaupun sekarang sudah ada jembatan masih banyak orang yang memilih menggunakan kapal feri daripada menggunakan jembatan ini. Selain karena berkabut jembatan ini juga bergoyang saat tertiup angin kencang.


6. Causeway (Lintasan) Danau Pontchartrain



Causeway Danau Pontchartrain atau yang sering hanya disebut Causeway ini terdiri dari 2 jembatan yang membentang sepanjang 38,35 KM diatas danau di selatan Louisiana, Amerika Serikat. Jembatan ini sangat menantang karena tingginya hanya 16 kaki dari air yang berombak.

Jembatan ini dibangun di tahun 1950-an dan dibuka pada tanggal 30 Agustus 1956 untuk jalur yang kearah selatan. Sedangkan untuk jalur yang mengarah ke utara dibuka pada tanggal 10 Mei 1969, sejak saat itu jembatan ini disebut sebagai jembatan paling menakutkan di dunia. Jembatan ini menghubungkan Mandeville dengan Metairie.


7. Canopy Walk, Ghana



Canopy Walk atau jembatan gantung ini berada di Taman Nasional Ghana. Jembatan gantung ini berada di ketinggian 40 meter diatas hutan. Dari atas jembatan ini kita bisa melihat pepohonan dari atas, seperti dari helikopter.

Jika tidak berani melewati jembatan ini, lebih baik tidak usah memaksakan diri untuk melewati. Karena panjang jembatan ini tidak tanggung-tanggung, lebih dari 330 meter dan bisa bergoyang oleh tiupan angin.

Canopy Walk ini dibangun dengan tali kawat, tangga aluminium, papan kayu, dan diamankan dengan serangkaian kelambu untuk tujuan keamanan. Dimana jembatan ini dibangun dengan bantuan dua insinyur Kanada dari Vancouver.


8. Jembatan Langit Langkawi, Malaysia



Jembatan Langit Langkawi atau Langkawi Sky Bridge ini memiliki ketinggian 660 meter diatas permukaan laut atau sekitar 120 meter dari atas permukaan tanah. Jembatan berbentuk melengkung ini sudah beberapa kali ditutup untuk dilakukan perawatan. Bahkan pernah ditutup sampai 2 tahun yang rumornya karena jembatan mengerikan ini berpotensi runtuh.

Jembatan Langit Langkawi berada di puncak Gunung Mat Cincang, di kepulauan Langkawi. Jembatan ini pertama kali dibuka pada tahun 2005. Pada tahun 2012 ditutup total untuk pemeliharaan dan perawatan. Pembukaan kembali ditunda beberapa kali, tetapi sebagian dibuka kembali pada Februari 2015. Jembatan ini sekarang dapat diakses sepenuhnya.


9. Titlis Cliff Walk, Swiss



Titlis Cliff Walk adalah jembatan tertinggi di Eropa dengan tinggi sekitar 3.000 meter diatas permukaan laut. Jembatan ini berada di Gunung Titlis, di barisan Pegunungan Alpen di Swiss. Titlis Cliff Walk memang hanya diperuntukan untuk para pejalan kaki yang rata-rata para pemain ski salju. Lebar jembatan ini tidak lebih dari 1 meter dengan panjang 98 meter.

Jembatan ini dibuka secara resmi pada tanggal 7 Desember 2012 dimana pada saat itu sedang terjadi badai salju. Desain dari jembatan ini sangat bagus karena dirancang untuk menahan tiupan angin hingga 190 km/jam dan 500 ton salju. Jadi tidak heran jika jembatan ini sering disebut sebagai jembatan paling aman di dunia.


10. Jembatan Sungai Vitim, Rusia



Jembatan tua ini melintang di atas Sungai Vitim yang membeku dan jembatan ini pun juga ikut membeku. Jembatan ini terbuat dari papan kayu tanpa pagar dan sudah rapuh karena banyak papan yang hilang.

Tidak banyak orang yang melintasi jembatan ini, hanya beberapa orang saja. Mayoritas orang yang melewati jembatan ini adalah orang-orang penyuka tantangan yang melewati jembatan hanya untuk kesenangan saja.

Jembatan Vitim aslinya adalah jembatan untuk kereta api yang sangat sempit. Struktur besinya ditutup dengan kayu lapuk dan lebarnya sangat sempit. Bahkan mobil kecil pun akan sangat sulit untuk masuk. Jembatan ini memiliki panjang 570 meter, dan bisa melewati jembatan ini adalah sebuah prestasi luar biasa. Di masa ini tidak lebih dari 100 orang yang bisa melewati jembatan ini.

Itulah beberapa jembatan paling mengerikan dan menakutkan di dunia. Berhubung artikel ini terlalu panjang maka saya lanjutkan pada artikel 20 Jembatan Paling Mengerikan Di Dunia Bagian 2. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment