12 Makanan Penyebab Kanker Yang Mengandung Zat Pemicu Kanker

12 Makanan Penyebab Kanker Yang Mengandung Zat Pemicu Kanker

Makanan penyebab kanker. Penyebab kanker sangat beragam, ada yang karena faktor keturunan, lingkungan, bahkan gaya hidup juga bisa menjadi penyebab kanker. Misalnya dari pola hidup, makanan, dan minuman yang kita konsumsi. Namun pada kesempatan kali ini saya akan fokus membahas tentang makanan penyebab kanker, pada artikel lain saya sudah membahas tentang minuman penyebab kanker.

Suatu makanan bisa menjadi penyebab kanker apabila pada makanan tersebut mangandung zat pemicu kanker misalnya adalah zat karsinogen. Zat ini bisa menyebabkan berbagai macam kanker seperti kanker tulang, kanker usus, kanker payudara, kanker serviks, maupun jenis kanker lain termasuk kanker pada anak.

Orang yang membiasakan hidup sehat mampu menurunkan resiko terkena kanker hingga 50%. Ini statistik yang cukup mengejutkan sekaligus menggembirakan. Walaupun secara medis mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga yang cukup tidak bisa menjamin kita 100% terbebas dari resiko kanker.

Kesehatan sistem percernaan dan keseimbangan jumlah bakteri baik di usus secara alami dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita. Sehingga hal ini mampu mempengaruhi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Ketika usus kita tidak dalam kondisi baik maka bisa menjadi tempat berkembang biak berbagai jenis bakteri jahat dan memicu kanker berbahaya.

Itulah sebabnya penting bagi kita untuk mencoba mengurangi risiko jenis kanker tertentu dengan mengonsumsi makanan yang tepat, membuat pilihan nutrisi terbaik, dan membaca zat dalam makanan yang beresiko memicu kanker. Banyak jenis kanker berbahaya yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Tidak mengherankan kalau orang-orang yang ingin sehat lebih cenderung memperhatikan menu makanan mereka. Berikut ini adalah makanan-makanan penyebab kanker yang perlu kita batasi jumlah konsumsinya.

Makanan Penyebab Kanker yang Mengandung Zat Pemicu Kanker



1. Makanan Kaleng Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Banyak kaleng pada kemasan makanan yang mengandung bisphenol-A atau BPA. Orang yang terlalu banyak mengonsumsi BPA beresiko tinggi terke penyakit kanker otak. Memang saat ini ada kaleng makanan yang sudah tidak mengandung BPA karena alasan kesehatan.

Namun kita tetap harus teliti karena BPA pada kemasan makanan akan selalu ada dan tidak munkin semua kemasan makanan 100% bebas BPA. Daging kaleng, buah kaleng, sayur kaleng, susu kaleng, dan sejenisnya adalah beberapa produk yang wajib kita teliti sebelum dikonsumsi.

Yang jadi masalah bukan produk makanannya, tetapi kaleng yang menjadi kemasannya. Lamanya jangka waktu kadalauarsa makanan tersebut malah memperburuk karena menjadi semakin banyak BPA yang terserap dalam makanan.

Misalnya adalah produk tomat kalengan. Sifat tomat yang asam mampu memperbanyak penyerapan BPA ke dalam makanan tersebut. Tomat yang sehat adalah tomat yang dimakan atau diolah dalam keadaan segar. Tomat yang beku juga tidak terlalu masalah dan jauh lebih baik daripada tomat dalam kaleng.

2. Minyak Terhidrogenisasi Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Minyak terhidrogenisasi contohnya adalah mentega dan margarin. Mungkin saat ini sudah banyak orang yang mengetahui bahaya dari minyak terhidrogenisasi, namun tetap masih sulit untuk menghindarinya. Tubuh menggunakan lemak untuk memperbaiki membran sel, sehingga lemak makanan yang dapat dikonsumsi orang akan membentuk membran sel.

Minyak terhidrogenasi tidak alami dapat mengubah bentuk membran seluler. Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol, dan minyak terhidrogenasi bisa menjadi pemicu berkembangnya sel abnormal tersebut.

3. Popcorn Microwave Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Orang sering mengonsumsi popcorn dimana saja, entah itu saat santai dirumah, saat piknik, atau saat di nonton film. Banyak orang yang menganggap bahwa popcorn biasa saja, namun ternyata makanan ini mengandung zat pemicu kanker yaitu karsinogen. Biasanya kantung popcorn dilapisi dengan bahan-bahan kimia yang mudah diserap oleh popcorn.

Sebelum diolah jagung juga direndam di dalam mentega buatan yang akan memicu keluarnya uap yang mengandung bahan kimia karsinogenik beracun, seperti diacetyl.

4. Pemanis Buatan Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Pemanis buatan, khususnya aspartam, sangat berbahaya dan bersifat karsinogenik. Aspartam sendiri dapat dimetabolisme sebagai toksin DKP. Sebagian besar makanan diet bermasalah karena alasan ini.

5. Ikan Budidaya Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Kita dianjurkan untuk mengonsumsi ikan setiap hari karena ikan mengandung lemak omega-3. Namun faktanya tidak semua ikan benar-benar sehat dikonsumsi, khususnya ikan hasil dari budidaya.

Ketika begitu banyak ikan ditempatkan di kolam yang begitu kecil, mengendalikan penyebaran wabah penyakit menjadi sangat penting. Namun, petani akan melakukan ini dengan cara yang melibatkan bahan kimia beracun yang dapat membahayakan konsumen. Kandungan merkuri pada salmon juga malah menambah masalah jika kita mengonsumsinya.

6. Gula Halus Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Saya yakin hampir setiap orang menyukai rasa manis, dan salah satu sumber rasa manis adalah gula. Padahal zat gula merupakan sumber makanan sel kanker. Sehingga bisa dibilang gula adalah salah satu makanan penyebab kanker jika dikonsumsi berlebihan.

Melawan penyakit kanker umumnya juga harus membatasi konsumsi gula, apalagi penderita kanker juga menderita diabetes. Maka hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

7. Daging Merah Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Saat ini hampir semua orang sudah bisa mengonsumsi daging merah. Nanun mengonsumsi daging merah setiap hari dapat menjadi masalah jika dilihat dari sudut ilmu perkembangan kanker.

Daging merah yang diternak di pabrik sangat buruk, karena wabah penyakit di antara sapi dikendalikan melalui bahan kimia karsinogenik. Padahal karsinogen merupakan zat penyebab kanker paling utama.

8. Tepung Halus Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Proses pembuatan tepung olahan dapat menciptakan karsinogen baru. Fakta bahwa gula halus dapat lebih berbahaya terhadap kanker, begitu juga dengan tepung halus yang sudah pasti termasuk dalam daftar tidak sehat untuk kanker.

9. Makanan Asin dan Asinan Acar (Pickle) Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Ada hubungan yang sangat kuat antara perkembangan kanker lambung, kanker jenis gastrointestinal dengan konsumsi makanan fermentasi asinan cuka (pickle) dan makanan asin.

Bahan pengawet yang memperpanjang umur simpan untuk makanan ini dapat menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan pada DNA atau RNA yang tidak dapat diperbaiki.

10. Produk Daging Olahan Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Produk daging olahan yang saya maksud adalah seperti sosis, kornet, beef, salami, olahan daging babi, olahan daging sapi, dan sejenisnya. Pengolahan daging tersebut pasti ditambah dengan zat lain seperti pengawet, pengasin, atau malah difermentasi di larutan garam dan cuka.

Hal ini tentu dapat mengurangi nilai sehat daging, yang paling parah adalah sosis, beet, kornet, dan nugget. Makanan-makanan tersebut sudah ditambah bahan tambahan yang banyak seperti zat pengawet, penguat rasa, pewarna makanan, atau bahkan dikemas dalam kemasan yang dapat menyebabkan kanker.

11. Keripik Kentang Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Pengawet dalam keripik kentang tentu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Kandungan garam yang tinggi dari keripik kentang juga sangat berhubungan dengan banyak jenis kanker, termasuk kanker lambung. Bahkan proses pengolahan yang membuat keripik kentang renyah juga menghasilkan zat karsinogen akrilamida, zat yang juga terdapat dalam rokok.

12. Brokoli Dapat Menjadi Penyebab Kanker


Siapa sangka sayur brokoli yang dikenal sebagai makanan sehat ini ternyata termasuk makanan penyebab kanker, lebih tepatnya makanan penyebab kanker payudara dan ovarium. Namun brokoli bisa menyebabkan kanker apabila dikonsumsi oleh orang yang memiliki gen BRCA bermutasi.

Jadi brokoli bisa menjadi penyebab kanker apabila dikonsumsi oleh orang yang memiliki gen BRCA bermutasi saja, selain itu tidak masalah. Brokoli, alpukat, dan sayuran berdaun hijau masuk dalam daftar makanan sehat yang kaya akan folat.

Gen BRCA bermutasi sangat berisiko terserang kanker ovarium dan payudara. Folat menyebabkan tubuh memproduksi formaldehyde, bahan kimia karsinogenik yang merusak DNA sel BRCA bermutasi, dan dapat memicu pembentukan kanker yang mematikan.

Jika dilihat kandungannya, setiap makanan pasti bisa menimbulkan penyakit termasuk kanker jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Jadi untuk mencegah terkena penyakit kanker adalah kita harus bisa disiplin. Disiplin memilih menu, disiplin mengatur porsi makanan, dan disiplin untuk melakukan olahraga yang cukup.

Sekian pembahasan tentang makanan penyebab kanker ini, semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang makanan. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment