Cara Membuat Teks Acak Lorem Ipsum Panjang Microsoft Word

Cara Membuat Teks Acak Lorem Ipsum Panjang Microsoft Word

Kali ini saya akan membahas ara membuat teks acak untuk demo atau sampel dengan kalimat lorem ipsum menggunakan Microsoft Word. Kalimat lorem ipsum adalah kalimat berbahasa latin yang fungsinya sebagai dummy text.

Dummy text ini biasanya digunakan untuk mengisi drmonstrasi grafis seperti template website, tata letak desain grafis, font, presentasi visual, dan lain sebagainya. Cara membuat kalimat lorem ipsum cukup mudah, kita bisa memanfaatkan fitur dari Microsoft Word. Karena Microsoft Word sudah dibekali dengan fitur bawaan pembuat teks lorem ipsum.


Sejarah Lorem Ipsum


Sebelum membahas cara membuat teks lorem ipsum, mari kita belajar sejarah sedikit agar tahu asal muasal teks lorem ipsum dan sejarah penggunaannya. Menurut penelitian teks lorem ipsum sudah ada sejak tahun 45 sebelum masehi dimana teks ini berasal dari naskah sastra klasik latin.

Seorang profesor ahli bahasa bernama Richard McClintock telah melakukan penelitian tentang lorem ipsum dan hasilnya adalah bahwa lorem ipsum berasal dari naskah yang ditulis pada tahun 45 sebelum masehi yaitu naskah karya Cicero yang berjudul de Finibus Bonorum et Malorum.

Sedangkan penggunaan teks lorem ipsum dalam dunia percetakan dan penataan huruf diketahui sudah sejak tahun 1500-an masehi. Orang yang pertama kali menggunakan lorem ipsum sebagai dummy text adalah seorang tukang cetak yang menulisnya di buku sebagai contoh huruf. Nah sejak saat itu lorem ipsum digunakan untuk demonstrasi sampai sekarang.

Cara Membuat Teks Lorem Ipsum Panjang dengan Microsoft Word


Cara membuat teks lorem ipsum dengan Microsoft Word cukup mudah. Agan cukup membuka Microsoft Word lalu ketik rumus =Lorem() dan tekan Enter. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


Dari rumus diatas akan kita dapatkan teks lorem ipsum sepanjang lima paragraf, dimana setiap paragraf berisi tiga kalimat. Tetapi jika agan menginginkan format teks yang lain, agan bisa menggunakan rumus untuk memasukan jumlah paragraf dan jumlah kalimat per paragraf.

Caranya sama, hanya saja rumusnya menggunkan =Lorem(10,7) dimana angka 10 adalah jumlah paragraf yang ingin agan buat dan angka 7 adalah jumlah kalimat per paragraf.

Membuat Teks Acak dengan Format Rand, Bukan Lorem Ipsum


Cara kedua untuk membuat ramdom text adalah dengan rumus Rand dan masih menggunakan Microsoft Word. Caranya buka program Microsoft Word lalu masukan rumus =Rand() dan tekan Enter. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


Secara otomatis rumus ini akan menghasilkan random text Rand dengan jumlah lima paragraf dan berisi tiga kalimat dalam setiap paragrafnya. Agan juga bisa mengatur jumlah kalimat tersebut menggunakan rumus =Rand(7,4) dimana 7 adalah jumlah paragraf dan 4 adalah jumlah kata dalam setiap paragrafnya.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat teks acak lorem ipsum dan random text Rand. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment