Cara Membedakan Dan Tips Mencegah Penipuan Struk ATM Bank Palsu

Cara Membedakan Dan Tips Mencegah Penipuan Struk ATM Bank Palsu

Cara membedakan struk ATM bank asli dan palsu, tips aman menghindari penipuan struk transfer bank palsu. Saat ini dalam bertransaksi sudah sangat mudah dengan adanya kemajuan teknologi. Bahkan kita bisa melakukan jual beli dan pembayaran secara online tanpa perlu bertemu atau bertatap muka.

Namun dengan kemudahan tersebut ternyata juga membuat peluang terjadinya penipuan semakin besar. Salah satu penipuan yang sering terjadi adalah memberikan bukti transfer uang menggunakan struk bank palsu. Kita harus lebih cermat dan memilih metode pembayaran yang paling aman dari tindak penipuan.

Pada artikel sebelumnya saya juga sudah pernah membahas seputar masalah keamanan bank, yaitu membedah rahasia cara membobol rekening bank dengan metode skimming dan cara pencegahannya.

Beberapa hal yang perlu kita ketahui adalah mempelajari struk-struk bukti transfer asli dari tiap-tiap bank di Indonesia seperti bukti transfer BNI, bukti transfer BCA, bukti transfer Mandiri, bukti transfer BRI, bukti transfer Danamon, bukti transfer BPD, dan bukti transfer bank lainnya.

Hal ini dimaksudkan agar saat kita mendapatkan kiriman foto bukti transfer dari orang lain kita bisa menganalisa apakah struk bukti transfer bank tersebut asli atau palsu hasil editan. Selain mempelajari cara membedakan struk bukti transfer bank yang asli dan palsu, kita juga harus bisa menciptakan suatu metode pembayaran untuk mencegah penipuan transfer bank tersebut.

Nah pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap cara membedakan struk bukti transfer bank asli dan palsu sekaligus cara untuk mencegah penipuan transfer bank dengan struk pembayaran palsu. Mungkin pembahasan pada artikel ini lebih tepat disebut dengan tips aman transaksi secara online dengan orang yang tidak dikenal.

Jika dirasa masih ragu untuk melakukan transaksi secara online, agan bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang tips aman transaksi online dengan bank atau memilih sistem pembayaran uang secara yang paling aman.

Cara Membedakan Struk Bukti Transfer Bank Asli dan Palsu, Sekaligus Cara Mengatasi Penipuan



Untuk pembahasan pertama saya akan memberikan analisa cara membedakan struk bukti transfer bank yang asli dan palsu agar kita bisa membedakannya. Baru setelah itu akan saya bahas cara menghindari terjadinya penipuan dengan metode struk bank palsu.

Cara Membedakan Struk Bukti Pembayaran ATM Bank Asli dan Palsu


1. Tulisan Struk ATM Asli Terlihat Jelas


Contoh Struk Bank BNI Asli

Struk bukti pembayaran asli yang dicetak oleh mesin ATM pasti memiliki tulisan yang jelas dan mayoritas tebal. Jadi walaupun dilihat atau difoto dalam jarak yang agak jauh maka kita tetap dapat melihat tulisan tersebut dengan jelas.

Printer pada mesin ATM tentu berbeda dengan printer-printer biasa yang umum digunakan untuk mencetak struk di meja kasir. Dan mesin printer di ATM kehabisan tinta adalah sesuatu hal yang sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi. Kita bisa melihat struk bukti transfer yang sudah saya lampirkan diatas.

Struk tersebut berasal dari ATM bank BNI dan 100% asli karena itu struk punya saya sendiri. Bisa kita lihat bahwa tulisan dari struk tersebut sangat jelas, saya mengambil foto tersebut dari jarak sekitar 30 cm karena kamera HP saya tidak bisa fokus kalau mengambil gambar yang terlalu dekat.

Jadi jika kita menerima struk jenis ini maka kita perlu waspada. Kita harus cek dulu apakah benar kiriman uang tersebut sudah masuk ke rekening kita atau belum. Jika belum masuk ya kita tunggu dulu sampai masuk.

2. Cek Kerapian Tata Letak Tulisan


Contoh Struk Bank Mandiri Palsu 

Struk pembayaran ATM  yang asli terlihat sangat rapi. Tulisan akan berada tepat di tengah kertas, sejajar dengan garis potongan kertas, serta semua deretan huruf dan angka akan sejajar lurus tidak naik turun. Coba agan lihat tulisan yang saya lingkari dengan warna kuning itu, tulisan itu seharusnya berada tepat di tengah kertas.

Jadi jika kita menerima struk bukti pembayaran yang melengkung kertasnya tetapi tulisannya tetap lurus atau posisi tulisan yang tidak sempurna di tengah-tengah maka bisa dipastikan bahwa struk bank tersebut palsu.

3. Cek Bentuk Huruf dan Warna Huruf


Struk bukti transfer ATM bank yang asli memiliki warna huruf dan jenis huruf yang semuanya sama. Coba agan lihat gambar struk bank Mandiri palsu yang berada di nomor 2 diatas. Terlihat ada banyak huruf yang mempunyai warna berbeda dengan yang lainnya seperti yang saya lingkari dengan warna putih dan biru, serta di tempat lain juga ada yang berbeda.

Disitu terlihat bahwa bagian-bagian yang berbeda tersebut hasil dari manipulasi foto atau editan yang menurut saya masih sangat kasar. Namum saat ini sudah banyak penipu yang pandai dan bisa memanipulasi struk transfer palsu yang sangat mirip dengan aslinya sehingga sangat sulit untuk dibedakan.

Penjelasan diatas mungkin SEDIKIT MEMBANTU untuk membedakan mana struk bukti pembayaran bank yang asli dan palsu. Namun perlu diingat bahwa penjelasan diatas hanya SEDIKIT MEMBANTU karena para penipu saat ini sudah bisa membuat struk pembayaran palsu yang 99% mirip dengan aslinya.

Untuk itu kita harus selangkah lebih maju dari mereka agar kita bisa menghindari jadi korban penipuan mereka. Caranya adalah kita harus memberikan syarat-syarat khusus dalam memproses verifikasi pembayaran dan juga memperbanyak pengetahuan tentang struk bank. Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan satu persatu dibawah ini.

Cara Mengatasi Struk ATM Palsu dan Mencegah Penipuan


1. Memberikan Syarat Khusus atau Watermark di Foto Struk


Saat kita meminta foto struk bukti pembayaran, kita harus memberikan syarat-syarat khusus untuk mencegah penipuan dengan struk ATM palsu. Misalnya kita menyuruh pihak pengirim uang untuk meremas struk tersebut, merobek sedikit, memberikan tanda khusus, menambahkan lipatan, struk ditindih dengan bolpoin, atau tanda-tanda lain yang kira-kira sulit untuk di manipulasi dengan software editing.

Cara mudah ini akan sangat menyulitkan para penipu untuk beraksi. Karena sangat tidak mungkin para penipu bisa mengedit gambar struk menjadi robek, agak terkoyak, atau yang sejenisnya dengan Photoshop. Saya kira cara sederhana ini sangat efektif untuk menghalangi para penipu dengan modus struk bukti pembayaran palsu.

2. Memanfaatkan Nama Pemilik Rekening untuk Validasi


Jangan pernah kita memberitahukan nama pemilik rekening asli ke pihak pengirim uang. Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam struk bukti pembayaran akan tertulis nama lengkap dari sang pemilik rekening.

Misalnya rekening agan beratas nama AGUS MULYANA PUTRA, saat mengirimkan nomor rekening agan ke orang lain cukup memberikan nomor rekening dan nama agan bagian depan saja misalnya AGUS MULYANA. Nanti jika sang pengirim uang memberikan struk bukti transfer dengan nama penerima AGUS MULYANA PUTRA berarti struk tersebut asli.

Namun jika dalam struk tersebut nama penerima hanya tertulis AGUS MUYANA saja berarti bisa dipastikan bahwa struk tersebut palsu. Atau agan bisa juga mengganti satu huruf atau lebih nama agan secara sengaja saat mengirimkan nomor rekening . Jika sang pengirim bukan penipu maka dia akan mengkonfirmasi lagi karena nama yang agan tulis berbeda dengan keterangan pemilik rekening di layar ATM.

3. Mengoleksi Struk Pembayaran Asli Berbagai Bank


Setiap bank mempunyai tampilan struk bukti pembayaran yang berbeda-beda. Jadi alangkah baiknya agan mengoleksi struk-struk bukti pembayaran asli dari berbagai bank yang berfungsi sebagai pembanding. Misalnya agan baru saja mendapatkan kiriman foto bukti pembayaran dari bank BCA, agan bisa membandingkan foto struk tersebut dengan struk bank BCA asli yang agan miliki.

Jika sama dan cocok berarti besar kemungkinan foto struk tersebut asli. Namun jika terlihat sangat berbeda maka agan patut curiga apakah struk bukti pembayaran bank tersebut asli atau palsu.

Nah itulah beberapa cara membedakan struk bukti pembayaran bank di ATM yang asli dan palsu, serta cara mengatasi struk ATM palsu untuk mencegah penipuan. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment