Cara Mengganti Identitas Perangkat Android Dengan ID Palsu

Cara Mengganti Identitas Perangkat Android Dengan ID Palsu

Cara membuat identitas palsu pada Android, cara mengganti ID Android, cara mengganti identitas Android.

Setiap smartphone Android mempunyai ID atau identitas unik sendiri yang berbeda dengan yang lain. ID ini berfungsi sebagai identitas pada smartphone Android. Biasanya dengan melacak ID pada Android akan diketahui itu perangkat yang mana dan posisinya dimana.

Nah kali ini saya akan membagikan cara untuk merubah ID identitas Android dengan ID palsu. Sehingga bisa membuat smartphone Android kita tidak terdeteksi dan anonymous. Kita bisa mengganti ID identitas Android secara berkala, sebulan sekali atau dalam waktu-waktu tertentu.

Untuk merubah ID identitas Android, kita bisa melakukan dua cara. Cara pertama menggunakan Device ID Changer, sedangkan cara kedua menggunakan Xposed. Namun karena jika menggunakan Xposed terlalu rumit maka saya hanya akan membahas dengan cara pertama, yaitu dengan menggunakan Device ID Changer.

Namun sebelum menuju ke pembahasan inti, saya akan menjelaskan sedikit tentang ID identitas Android.

Apa Itu ID Perangkat Android?


Smartphone Android mempunyai identitas unik yang disebut dengan Android Device ID. Saat kita mengunduh aplikasi dan membuka website internet, ID identitas smartphone Android kita akan dicatat oleh server website dan aplikasi.

Jadi meteka akan merekam seluruh identitas perangkat yang masuk ke sistem mereka. Dan dengan ID perangkat tersebut mereka bisa mengenali dan melacak kita.

Jadi sederhananya ID identitas Android adalah sebuah string hex berbentuk angka 64-bit yang dihasilkan secara acak saat smartphone Android kita pertama kali booting atau dihidupkan. Normalnya ID string tersebut akan tetap konstan dan tidak akan pernah berubah karena itu merupakan identitas Android.

Namun sebenarnya ID identitas tersebut dapat berubah dalam kondisi tertentu misalnya saat kita melakukan flashing pada smartphone.

Cara Melihat ID Identitas Android


Jika kita ingin mengetahui ID perangkat Android kita, kita bisa mengeceknya sendiri dengan mudah. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan, cara pertama adalah dengan menekan *#*#8255#*#* di tombol call kita. Nanti secara otomatis akan muncul ID perangkat Android kita.

Apakah cara ini bisa bekerja pada semua smartphone Android? Saya rasa tidak, karena ID smartphone Android saya tidak bisa dicek dengan  cara ini. Namun tidak ada salahnya agan mencobanya, barangkali bisa.

Cara mengetahui ID identitas Android yang kedua adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bernama Device ID dan memang khusus digunakan untuk mengecek ID perangkat Android. Agan bisa mendapatkan aplikasinya melalui link dibawah ini.

Cara Cara Mengganti Identitas Android Dengan ID Palsu


Persyaratan:
  1. Smartphone Android harus sudah dalam posisi di-root. Jika belum di root, silakan agan kunjungi link ini.  Kunjungi 
  2. Smartphone Android sudah harus terpasang Bussybox,  jika belum silakan agan download disini.  Download 
  3. Smartphone Android harus sudah terpasang aplikasi Device ID Changer, jika belum silakan download melalui link ini.  Download 

Fitur dari aplikasi Device ID Changer:
  • Aplikasi Device Changer ini memungkinkan kita untuk mengubah ID identitas Android, membuat cadangan ID identitas Android yang asli, dan juga menghasilkan ID identitas Android yang baru.
  • Aplikasi ini memerlukan akses root karena akan mengubah pengaturan database yang berisi key ID Android dalam direktori data sistem.
  • Kita bisa mencadangkan ID identitas Android dan bisa memulihkannya.
  • Aplikasi akan memberikan perlindungan  jika db tidak ditemukan atau akses root tidak diizinkan.

Karena mengganti ID identitas Android ini sudah termasuk merubah konfigurasi sistem, maka jika terjadi sesuatu dengan perangkat smartphone agan saya tidak ikut bertanggung jawab. Do with your own risk.

Langkah 1

Setelah agan selesai memasang aplikasi Device ID Changer, maka jalankan aplikasinya. Nanti akan muncul permintaan izin akses ke SuperUser, pilih izinkan. Setelah itu akan muncul ID identitas Android kita.


Langkah 2

Selanjutnya kita memasukan ID baru pada kolom New ID. Kita bisa membuat sendiri secara acak atau langsung mengisi random dengan memilih tombol Generate random identifient, lalu tap pada tombol Switch ID.


Langkah 3

Sekarang akan muncul popup yang meminta untuk merestart perangkat Android kita, langsung saja pilih Reboot Now.


Selesai, sekarang ID identitas Android kita sudah diganti dengan identitas palsu yang baru. Sudah tidak ada lagi situs yang mengenali ID kita yang baru.

Sekian pembahasan tentang cara untuk merubah ID identitas Android dengan ID palsu ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment