4 Cara Memperbaiki Blue Screen DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL Windows 10

4 Cara Memperbaiki Blue Screen DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL Windows 10

Cara mengatasi error blue screen DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL, cara memperbaiki blue screen DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL di Windows 10.

Pesan error DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL di Windows 10 sering muncul saat komputer tiba-tiba blue screen dan melakukan restart sendiri. Masalah DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL ini memang sering terjadi di Windows 10, dan setelah komputer melakukan restart nanti akan normal kembali.

Namun jika Windows 10 kita sering mengalami masalah ini maka kita harus segera mencari penyebabnya dan memperbaikinya. Sebenarnya masalah blue screen banyak sekali penyebabnya, dan kita bisa mengetahuinya melalui kode blue screen yang muncul, DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL adalah salah satunya.

Saya sudah sering menerima laporan tentang Windows 10 yang mengalami blue screen, salah satunya adalah dengan kode DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL. Bahkan mereka yang menggunakan komputer dengan normal dan tidak mengotak atik driver juga mengalami hal yang sama.

Error blue screen dengan kode DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL biasanya disebabkan oleh driver yang crash, corrupted, atau tidak kompatibel dengan sistem operasi. Kadang juga disebabkan oleh file konfigurasi driver yang rusak. Berikut ini cara memperbaiki masalah blue screen DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL di komputer Windows 10.

Cara Memperbaiki Blue Screen DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL Windows 10



1. Hapus Driver yang Bermasalah


Seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa penyebab utama dari blue screen Cara Memperbaiki Blue Screen DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL Windows 10 adalah dari driver yang rusak atau tidak kompatibel. Jadi kita harus mencari driver yang bermasalah dan menghapusnya.

Langkah 1

Buka kotak dialog Run dengan menekan tombol Windows+R.

Langkah 2

Pada kolom kotak dialog Run kita ketik devsmgmnt.msc dan tekan Enter.


Langkah 3

Nah pada panel Device Manager kita cari driver yang bermasalah. Ciri-ciri driver yang bermasalah adalah mempunyai tanda tanya atau tanda seru berwarna kuning. Lalu klik kanan pada bagian driver yang bermasalah lalu pilih Uninstall.


Langkah 4

Restart komputer untuk menghilangkan masalah DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL.

2. Perbaru Driver Usang


Nah, jika menghapus driver yang bermasalah tidak berhasil untuk memperbaiki blue screen BSOD DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL', maka kita dapat mencoba memperbarui driver yang sudah usang. Mencari driver yang usang secara manual mungkin merupakan tugas yang merepotkan, jadi saya sarankan untuk menggunakan alat pembaruan driver pihak ketiga untuk memperbarui driver ini.


Sebenarnya ada banyak software untuk memperbarui driver untuk sistem operasi Windows seperti Slim Driver, Driver Genius, atau Driver Talent. Namun saya pribadi menggunakan Driver Talent, agan bisa langsung mengunduhnya melalui link dibawah ini.

3. Nonaktifkan Antivirus dan Firewall


Pada Windows 10, antivirus dan firewall adalah software yang sangat dibutuhkan. Alat-alat ini menawarkan keamanan dan perlindungan tambahan, tetapi terkadang mereka juga dapat menimbulkan masalah baru seperti blue screen DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL.


Setelah kita mematikan antivirus dan firewall, coba kita gunakan lagi komputer kita beberapa waktu. Jika  masih muncul masalah DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL berarti bukan antivirus dan firewall yang jadi penyebabnya.

4. Reset Komputer


Cara keempat mengatasi DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL adalah dengan melakukan reset sehingga komputer kembali ke pengaturan pabrik. Melakukan reset akan menghapus semua pengaturan yang kita lakukan dan juga file-file, sehingga kita perlu melakukan backup agar data kita tidak hilang.

Langkah 1

Masuk ke Notification Center lalu klik All Settings.


Langkah 2

Sekarang pada jendela Settings kita klik pada menu Update & Security.


Langkah 3

Di dalam menu Update & Security, kita pilih Recovery dan klik Get Started.


Langkah 4

Setelah muncul sebuah jendela pilihan, kita pilih Remove everything.


Langkah 5

Konfirmasikan dan mulai proses reset dengan mengklik tombol Reset.


Selanjutnya kita tunggu proses reset sampai selesai. Proses ini agak lama, sehingga saya sarankan untuk melakukannya sambil di charger jika agan menggunakan laptop.

Jadi itulah empat cara terbaik memperbaiki blue screen DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL pada Windows 10. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment