Cara Mengatasi Wsappx Penyebab Disk Usage 100% Windows 10 dan 8

Cara Mengatasi Wsappx Penyebab Disk Usage 100% Windows 10 dan 8

Cara mengatasi High Disk Usage Windows 10/8 dan RAM penuh oleh proses Wsappx, cara mengatasi CPU Usage 100 Windows 10/8. Masalah yang sering kita hadapi saat menggunakan perangkat komputer adalah lemot. Apalagi komputer Windows 10/8 yang terkenal ringan ternyata juga mengalami lemot.

Saya sendiri juga sering menjumpai sesuatu yang tidak beres di Task Manager Windows 108. Padahal Windows sudah dikembangkan sejak lama, tapi kenapa Windows 10 masih saja sering mengalami lemot dan lambat. Bahkan Disk Usage dan CPU Usage di Task Manager sering mencapai angka 100%.

Hal tersebut mengindikasikan terjadi High Usage Disk dan High Usage CPU, padahal saat itu komputer kondisi tidak menjalankan program berat. Setelah saya teliti lebih lanjut ternyata ada program dari sistem yang berjalan di latar belakang yang memakan RAM dan Memory yang sangat besar.


Program tersebut adalah Wsappx yang saya sendiri awalnya tidak tahu itu program apa. Sebelumnya saya juga pernah menemukan kasus yang sama namun dengan nama program yang berbeda, program tersebut bernama Svchost.exe. Program Svchost.exe juga menyebabkan Disk Usage yang tinggi sehingga membuat komputer menjadi lemot.

Banyak sekali orang-orang yang mengeluh tentang masalah-masalah tersebut tetapi sampai sekarang pihak Microsoft masih bungkam dan tidak menanggapi apa-apa. Baiklah langsung kita mulai saja pembahasannya agar tidak terlalu panjang.

Apa Itu Wsappx, Apakah Ini Penyebab Disk Usage 100% Windows 10 dan 8?


Apa sih sebenarnya Wsappx itu? Wsappx adalah proses yang ditemukan di bawah Windows Task Manager dan bertanggung jawab menangani aplikasi Windows Store (Microsoft Store) untuk Windows 8/Windows 10. Itu termasuk menginstal, mencopot  dan update aplikasi untuk platform Windows kita.


Wsappx pada dasarnya dibagi menjadi dua layanan latar belakang yang terpisah, yaitu AppX Deployment Service (AppXSVC) dan Client License Service (ClipSVC). Tugas AppX Deployment Service (AppXSVC) adalah menyediakan dukungan infrastruktur untuk menyebarkan aplikasi Store, sedangkan tugas Client License Service (ClipSVC) adalah menyediakan dukungan infrastruktur untuk Microsoft Store.

Jadi apakah benar Wsappx adalah penyebab Disk Usage menjadi tinggi dan lemot? Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Namun jika proses update, instalasi, dan pencopotan aplikasi yang dijalankan banyak maka bisa menyebabkan Disk Usage menjadi tinggi serta berimbas pada kinerja komputer yang lemot.

Kenapa Wsappx Menyebabkan Disk Usage 100%?


Jika dilihat secara sekilas Wsappx tidak memerlukan Disk yang tinggi untuk menjalankannya karena ini hanya program kecil yang terkait dengan Windows Store. Namun kenapa kenyataannya bisa memakan banyak ruang?

Itu karena aplikasi dari Windows Store seperti Paint 3D, Mail, dan People terus melakukan perbaruan dari waktu ke waktu. Bahkan mungkin beberapa operasi crash karena alasan tertentu dan Windows mencoba mengulangi proses di sesi berikutnya. Hal itulah yang menjelaskan terjadinya Disk Usage 100% pada Windows 10 bahkan sejak baru mulai booting.

Apakah Wsappx Terindikasi Sebagai Virus Berbahaya?


Wsappx bukanlah virus atau sesuatu yang berbahaya. Karena saya belum pernah menemukan tanda bahaya saat saya scan dengan antivirus, lagian itu adalah program bawaan dari Windows.

Jika agan masih ragu, agan bisa melihat direktori dari program tersebut. Jika berada di direktori folder Windows 32, maka kemungkinan besar itu tidak berurusan dengan virus.

Cara Mematikan Wsappx Untuk Mengatasi Disk Usage 100%


Nah sekarang mari kita masuk ke pembahasan inti untuk mengatasi Disk Usage 100% dari Wsappx. Caranya yaitu dengan mematikan atau menonaktifkan program Wsappx yang akan saya jelaskan dengan menggunakan 2 macam cara.

1. Mematikan Program Windows Store


Cara pertama adalah dengan mematikan Windows Store yang nanti akan membuat program Wsappx ikut mati. Cara mematikan Windows Store ada beberapa cara namun saya hanya akan memberikan caranya dengan melalui Registry karena memang cara ini paling efektif dan bisa digunakan pada semua jenis Windows.

1. Ketik regedit di kolom search menu Start dan Enter.

2. Masuk ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies
\Microsoft.


3. Pilih pada folder Windows Store, pada bilah kanan klik kanan > Select New > DWord (32-bit) Value. Beri nama dengan RemoveWindowsStore dan isi value nya dengan angka 1.


4. Tutup jendela Registry dan Restart komputer agan.

#Catatan: Jika agan tidak menemukan folder Windows Store maka agan bisa membuat folder itu sendiri. Cara membuatnya yaitu agan klik kanan pada folder Microsoft > New > Key > beri nama Windows Store > Enter.

2. Mematikan Clipsvc dan AppXSvc



#Mematikan AppXSvc

1. Ketik regedit di kolom pencarian Menu Start dan Enter.

2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001
\Services\AppXSvc

3. Pada panel kanan buka file Start dan ubah angka value dari 3 menjadi 4.

4. Restart komputer.

#Mematikan Clipsvc

1. Ketik regedit di kolom pencarian Menu Start dan Enter.

2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001
\Services\Clipsvc

3. Pada panel kanan buka file Start dan ubah angka value dari 3 menjadi 4.

4. Restart komputer

Itulah cara mematikan proses Wsappx sekaligus menjadi solusi mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10 dan Windows 8. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment