6 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Android

6 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Android

Cara mengembalikan file yang terhapus Android. Dalam artikel ini akan disajikan tutorial cara mengembalikan file yang terhapus di Android dalam beberapa metode, antara lain dengan menggunakan PC, tanpa menggunakan PC, tanpa root, dan dengan root.

Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Kadang kita menghapus semua file di Android tanpa sengaja atau tanpa berfikir panjang. Kita tidak mempertimbangkan apakah file tersebuat suatu saat akan dibutuhkan atau tidak.

Jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi yang bisa kita lakukan hanyalah pasrah atau memilih untuk mencari cara mengembalikan file yang terhapus Android. Kita tidak perlu berputus asa, yang mengalami hal seperti ini tidak hanya kita. Sudah banyak orang yang kehilangan data file di Android dan mencari cara untuk mengembalikannya.

Hingga akhirnya munculah sebuah alat atau aplikasi yang bernama file recovery software, atau perangkat lunak untuk mengembalikan file yang terhapus. Berhubung saat ini penggunaan smartphone Android sudah sangat luas, dibuatlah aplikasi file recovery untuk Android.

Nah kali ini saya akan membagikan solusi bagi agan yang sedang kehilangan file, yaitu cara mengembalikan file yang terhapus di Android. Dimana pada artikel ini saya akan memberikan beberapa metode untuk mengembalikan file yang terhapus di Android.

Jadi bagi agan yang ingin mendapatkan kembali file foto, audio, video, dokumen, atau yang lainnya bisa menyimak sampai selesai. Bagi agan yang kehilangan file di flashdisk dan ingin mengembalikannya maka agan bisa membaca artikel saya yang membahas khusus cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Android


1. Mengembalikan File Terhapus di Android dengan Recuva


Metode pertama ini membutuhkan bantuan software file recovery yang bernama Recuva. Dengan software ini kita bisa mengembalikan segala jenis file yang terhapus di Android. Jika agan belum punya software Recuva silakan download melalui link dibawah ini.

Fitur utama dari software Recuva adalah:

  • Mengembalikan file yang terhapus. 
  • Mengembalikan email yang terhapus.
  • Menghapus file secara permanen secara aman.
  • Mengembalikan dokumen Microsoft Word yang belum disimpan.

Jika agan sudah mendownload software tersebut mari kita langsung menuju langkah-langkahnya.

Langkah 1

Buka software Recuva dan hubungkan perangkat Android kita ke komputer melalui kabel USB.

Langkah 2

Sekarang kita harus memilih format file yang ingin kita kembalikan dari perangkat Android kita. Saya menyarankan untuk memilih semua file karena akan mengembalikan semua file yang terhapus dari Android kita.


Langkah 3

Sekarang kita harus memilih drive eksternal milik Android kita dan melanjutkannya dengan mengklik  Ok.


Langkah 4

Sekarang software ini akan memindai semua file yang dihapus, dan kita dapat memilih file dan memulihkannya dengan sangat mudah di melalui komputer.


2. Mengembalikan File Terhapus di Android dengan Wondershare Dr.Fone


Ini adalah software pihak ketiga lain untuk mengembalikan file yang terhapus seperti Recuva yang memungkinkan kita untuk memulihkan foto dan video Android yang dihapus. Download software Wondershare Dr.Fone melalui link dibawah ini.

Langkah 1

Pertama-tama install Wondershare Dr.Fone di komputer kita dan sambungkan perangkat Android ke komputer melalui kabel USB.


Langkah 2

Sekarang software ini akan meminta kita untuk mengaktifkan USB debugging di smartphone Android, langsung aktifkan saja.


Langkah 3

Sekarang kita dapat melihat smartphone kita terhubung ke software file recovery Android. Sekarang kita memilih tipe file apa yang ingin kita pulihkan. Pilih Gallery jika kita ingin memulihkan foto dan video, lalu klik Next.


Langkah 4

Sekarang Dr.Fone akan melakukan pemindaian penuh dan menunggu sampai hasil yang dipindai ditampilkan. Setelah itu kita dapat melihat semua file foto dan video yang dihapus. Pilih media yang ingin kita kembalikan dan klik Recover.


Selamat, file yang terhapus di Android kita sudah berhasil dikembalikan dengan utuh.

3. Mengembalikan File Terhapus di Android dengan DiskDigger Tanpa PC (Wajib Diroot).


Cara mengembalikan file yang terhapus di Android ini hanya bisa dilakukan pada smartphone Android yang sudah diroot. Jadi pastikan smartphone Android agan sudah diroot. Jika belum, agan bisa mengunjungi artikel saya tentang cara root Android dengan TowelRoot. Silakan agan download dulu aplikasi DiskDigger melalui link dibawah ini.

Langkah 1

Jalankan aplikasi DiskDigger yang sudah didownload tadi dan berikan ijin akses SuperUser.


Langkah 2

Sekarang kita harus memilih partisi tempat Anda ingin memulihkan file.


Langkah 3

Sekarang file yang terhapus dari Android kita akan ditampilkan lagi, tandai file yang ingin kita pulihkan dan klik tombol Recover.


4. Mengembalikan File Terhapus di Android dengan MobiKin Doctor


MobiKin Doctor for Android adalah software file recovery yang paling profesional untuk perangkat Android. Software ini bertujuan untuk membantu pengguna mengembalikan pesan teks, kontak, foto, musik, video, dokuman, dan file laim yang terhapus dari hampir semua smartphone dan tablet Android.

Download MobiKin Doctor melalui link dibawah ini.

Langkah 1

Download dan install software MobiKin Doctor melalui link diatas.

Langkah 2

Kita harus mengaktifkan USB Debugging di perangkat Android, setelah kita menghubungkannya ke komputer melalui kabel USB, kita akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.


Langkah 3

Sekarang jika kita menggunakan perangkat Android yang sudah di-rooting, maka kita harus memberikan izin akses SuperUser.


Langkah 4

Sekarang pada langkah berikutnya kita bisa memilih kategori Photos jika ingin mengembalikan fipe foto yang terhapus. Untuk file lain kita bisa memilih kategori file yang sesuai.


5. Mengembalikan File Terhapus di Android dengan Mobisaver Tanpa PC


MobiSaver dari EaseUS adalah salah satu aplikasi untuk mengembalikan data Android terbaik yang tersedia di Google Play Store. Hal yang hebat tentang EaseUS MobiSaver adalah dapat memulihkan hampir semua jenis file dari smartphone Android termasuk gambar, video, pesan teks, obrolan WhatsApp, dan lain sebagainya.

Langkah 1

Pertama-tama silakan kita download dan install dulu aplikasinya. Kita bisa mendapatkan aplikasinya dari melalui link dibawah ini.

Langkah 2

Setelah terpasang, jalankan aplikasi ini dan ketuk tombol Start Scan.


Langkah 3

Sekarang aplikasi ini akan memindai foto dan video yang telah dihapus. Setelah selesai, nanti akan ditampilkan file media yang dapat kita dipulihkan kembali.


Langkah 4

Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk menggunakan filter dalam proses pencarian. Misalnya, kita dapat mencari file tertentu sesuai dengan ukuran, format file, dan lain-lain.


Langkah 5

Setelah selesai, ketuk tombol Recover untuk mengembalikan file yang terhapus di Android kita.


6. Mengembalikan File Terhapus di Android dengan FonePaw Data Recovery


FonePaw Android Data Recovery adalah salah satu tool Windows terbaik untuk memulihkan file yang dihapus dari Android termasuk foto dan video. Bukan hanya foto dan video saja, tetapi software ini dapat memulihkan data-data lain seperti lampiran WhatsApp, dokumen, log panggilan, kontak, pesan teks, dan lain sebagainya.

Langkah 1

Pertama-tama kita download dan install dulu software FonePaw Android Data Recovery di komputer kita. Kita dapat mendapatkan software FonePaw Android Data Recovery melalui link dibawah ini.


Langkah 2

Pada langkah selanjutnya kita buka di Android kita menu Pengaturan > Tentang Ponsel > Nomor Pembuatan. Ketuk Nomor Pembuatan sebanyak 5-6 kali terus menerus hingga kita melihat pesan pengembang. Sekarang buka dan aktifkan USB Debugging.


Langkah 3

Sekarang hubungkan smartphone Android kita ke PC dan FonePaw Android Data Recovery akan mendeteksi smartphone Android kita. Pada langkah berikutnya, kita akan diminta untuk memilih tipe file yang ingin kita kembalikan. Pilih file yang ingin kita kembalikan di daftar dan klik Next.


Langkah 4

Sekarang tunggu beberapa saat hingga FonePaw Android Data Recovery menyelesaikan pemindaian. Setelah selesai, kita akan melihat daftar file yang telah dihapus. Pilih file  mana yang ingin dikembalikan dan klik Recover.


Itulah beberapa cara untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengembalikan file yang terhapus, namun saya hanya menyajikan 6 saja agar tidak terlalu panjang. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment