10 Software Recovery Terbaik Untuk Mengembalikan File Terhapus Di Windows

10 Software Recovery Terbaik Untuk Mengembalikan File Terhapus Di Windows

Software file recovery terbaik untuk mengembalikan file yang terhapus di Windows. Kehilangan file penting yang tidak sengaja terhapus sering membuat kita frustasi. Apalagi file-file tersebut tidak bisa kita buat kembali dengan mudah.

Untungnya sudah banyak software-software yang bisa mengembalikan file yang terhapus secara permanen. Banyak sekali software-software file recovery yang sudah dikembangkan, bahkan jumlahnya bisa ratusan atau ribuan.

Pada artikel sebelumnya saya juga sudah membahas tentang cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk menggunakan software Advanced Disk Recovery.

Dari sekian banyaknya software-software tersebut tentu kita hanya membutuhkan satu atau dua yang nemang mempunyai fungsionalitas dan kompatibilitas paling baik. Karena kita tidak mungkin jika harus mencobanya satu persatu.

Jika agan sedang mengalami musibah terkait fole penting yang terhapus dan ingin mengembalikannya maka saya mempunyai referensi software yang bisa agan coba. Nah berikut ini adalah daftar software file recovery terbaik untuk mengembalikan file yang terhapus di Windows.


Daftar Software Recovery Terbaik Untuk Mengembalikan File Terhapus Di Windows


1. Advanced Disk Recovery



Software ini layak untuk berada di puncak daftar dengan fitur yang memungkinkan kita untuk mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Ketika kita mulai menjalankan software ini kita dapat memilih untuk memindai secara menyeluruh ataupun memilih drive tertentu yang ingin kita kembalikan filenya.

Setelah melakukan pemindaian kita akan melihat file yang baru dihapus dan kita dapat memulihkan mereka dengan mengklik tombol Recovery. Entah itu file dokumen teks atau file video  Advanced Disk Recovery dapat bekerja dengan baik pada semua jenis file. Untuk demonstrasi penggunaannya agan bisa mengunjungi link ini. https://www.indo-blogger.com/2019/06/cara-mengembalikan-file-flashdisk-terhapus.html

2. EaseUS Data Recovery Wizard



EaseUS adalah salah satu software untuk mengembalikan file yang terhapus paling populer. Software ini cukup efektif untuk memulihkan file yang rusak maupun yang terhapus. Bahkan kita bisa memulihkan segala jenis file seperti sedia kala menggunakan software EaseUS versi premium.

Seperti software file recovery populer lainnya, EaseUS mampu untuk mengembalikan file yang terhapus baik dari SD Card, hard disk, dan disk drive removable seperti flashdisk.

3. Wise Data Recovery



Wise Data Recovery adalah salah satu software gratis terbaik untuk mengembalikan file yang terhapus di Windows. Di dalam antar muka software ini akan ditampilkan sebuah panel berbeda yang berisi informasi kondisi sebuah file. Kondisi-kondisi ini akan membuat kita tahu bahwa file tersebut dalam kondisi baik, rusak, ataupun hilang.

Pada bagian panel ini kita bisa melakukan tindakan pada file tersebut dengan melakukan klik kanan dan memilih tindakan. Tindakan yang bisa kita lakukan misalnya memperbaikinya ataupun mengembalikannya jika memang file tersebut dalam kondisi terhapus.

4. Recuva



Recuva hampir mirip dengan Wise Data Recovery dimana selain memulihkan data yang terhapus, kita juga bisa melakukan perbaikan pada file yang rusak. Di dalam software ini nanti kita bisa melakukan preview file-file yang sudah dipindai. Sehingga kita akan tahu file mana saja yang rusak dan perlu untuk dipulihkan seperti sedia kala.

Kelebihan dari software ini adalah mempu memulihkan hampir semua jenis file dan mempunyai tampilan yang user friendly sehingga sangat mudah digunakan, bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

5. MiniTool Power Data Recovery



Jika kita memiliki banyak ruang bebas di hard disk dan komputer kita memiliki spesifikasi high-end maka baru bisa untuk software ini. Karena untuk bisa menggunakan MiniTool Power Data Recovery dibutuhkan ruang sekitar 1 GB  pada komputer kita.

Hal ini sangat sepadan karena software ini sangat cepat ketika melakukan pemindaian file yang terhapus. Seperti software file recovery pada umumnya, MiniTool Power Data Recovery juga mampu memulihkan file dari disk eksternal seperti flashdisk. Software ini  dibundel dengan 5 tool untuk mengembalikan file terhapus yang berbeda sehingga memungkinkan kita untuk melakukan pemulihan lebih efektif.

6. FreeUndelete



Seperti namanya, software ini adalah software gratis untuk mengembalikan file yang terhapus. Software ini akan menelusuri secara mendalam ke dalam media penyimpanan dan memeriksa file mana yang bisa dikembalikan.

FreeUndelete dapat dipake di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.  File terhapus yang bisa dikembalikan oleh software ini hanya yang tersimpan di media penyimpanan tipe NTFS dan FAT. Namun ini sudah cukup bagus karena sistem partisi di komputer Windows memang menggunakan tipe FAT dan NTFS.

7. Disk Drill



Disk Drill adalah software untuk mengembalikan file terhapus yang hadir dengan antar muka sederhana, sehingga mudah digunakan. Software ini memiliki fungsi untuk menghentikan sementara proses pemindaian dan melanjutkan lagi. Setelah proses pemindaian selesai kita dapat mengurutkan file berdasarkan ukuran, tanggal, dan jenis yang membuatnya lebih mudah untuk mengembalikannya.

Fitur lain yang membuatnya berbeda dari yang lain adalah kita bisa menyimpan hasil pemindaian sehingga kita bisa langsung memulihkan file yang terhapus tanpa perlu mengulang proses pemindaian. Hal inilah yang membuat Disk Drill menjadi salah satu software untuk mengembalikan file yang terhapus terbaik di Windows.

8. ADRC Data Recovery Tool



Ini adalah jenis software portabel, yang hanya memakan ruang sekitar 200 MB
hard disk komputer. Karena berbentuk portabel, software ini dapat digunakan untuk memulihkan data dari komputer lain kita atau dalam situasi di mana kita tidak memiliki cukup ruang untuk menginstal software yang berat.

Seperti software pemulihan data yang lain, ADRC Data Recovery Tool juga dapat memulihkan file kita dari flashdisk, SD Card, dan perangkat removable lainnya. Kita dapat menggunakan softwar file recovery terbaik ini pada komputer yang menggunakan Windows 7 atau versi sebelumnya.

9. PC Inspector File Recovery



PC Inspector File Recovery adalah salah satu software untuk mengembalikan file yang terhapus yang ringan, mudah digunakan, sederhana, dan tentunya gratis. Namun kita tidak bisa meremehkannya, walaupun gratis software ini mampu mengembalikan file yang terhapus dari berbagai jenis format file.

10. SoftPerfect File Recovery



SoftPerfect File Recovery adalah software gratis untuk mengembalikan file yang terhapus, yang digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari yang sudah ahli maupun pemula. Software ini dapat memulihkan sebagian besar jenis file gambar dan video. Bahkan kita dapat memulihkan file yang hilang dari penyimpanan eksternal seperti flashdisk,  CD, dan DVD.

Itulah daftar software file recovery terbaik untuk mengembalikan file yang terhapus di Windows. Saya berharap semoga referensi ini bisa berguna bagi agan yang sedang mencari cara mengembalikan file yang terhapus di Windows. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment