Cara Cek Processor Dan Chipset Android Dengan Mudah

Cara Cek Processor Dan Chipset Android Dengan Mudah

Cara Cek processor Android, cara mengetahui chipset Android. 

Processor merupakan chip atau komponen utama dalam memproses segala data di perangkat smartphone maupun komputer. Semua alat yang menggunakan sistem komputasi pasti menggunakan processor, karena processor adalah otak dari komputer.
cara cek processor Android
Smartphone Android sebenarnya juga termasuk dalam kategori perangkat dengan sistem komputasi juga, dengan sistem operasi dasarnya mengadopsi Linux.
cara cek processor hp
Secara garis besar, processor merupakan sebuah sirkuit elektronik terintegrasi yang mampu melakukan berbagai perhitungan seperti logika, input output (I/O), aritmatika, dan lain sebagainya. Saat ini perkembangan teknologi berjalan sangat cepat, begitu juga dengan teknologi arsitektur processor.
cara cek processor
Jika kita sering melakukan modifikasi sistem smartphone atau oprek Android, kita pasti tidak akan asing dengan jenis-jenis arsitektur processor. Hal ini dikarenakan setiap jenis processor memiliki tool-tool yang berbeda. Jenis-jenis arsitektur processor yang paling umum adalah ARM, ARM64, dan x86.
cara cek processor Android 
Kita sebenarnya bisa mengecek sendiri jenis processor yang terpasang di smartphone Android kita. Misalnya jumlah core, clock speed, chipset, jenis arsitektur processor, dan lain sebagainya. Caranya pun cukup mudah, saya akan memberikan cara untuk cek jenis processor smartphone Android kita.

Cara Cek Jenis Processor Di HP Android



Sebelum menuju ke pembahasan cara mengetahui jenis processor Android, saya akan sedikit membahas tentang arsitektur processor Android. Ada 3 jenis arsitektur processor yang paling utama, yaitu ARM, ARM64, dan x86. Dari ketiga jenis processor ini, yang paling umum digunakan adalah processor jenis ARM karena lebih irit baterai.

Processor jenis ARM64 adalah versi upgrade dari ARM yang mendukung pemrosesan 64-bit sehingga memiliki kemampuan komputasi yang lebih kuat. Sedangkan untuk jenis x86 lebih jarang digunakan, walaupun dari segi kemampuan komputasi lebih kuat dari ARM. Namun kekurangannya adalah boros baterai.

Cara Cek Jenis Processor Android 


Sekarang kita akan menuju ke pembahasan inti, yaitu cara cek jenis processor Android. Pertama kita harus mengunduh aplikasinya dulu. Kita bisa mendapatkannya melalui link dibawah ini.


Setelah proses pengunduhan aplikasi selesai, lalu pasang dan jalankan aplikasi tersebut. Nanti aplikasi akan meminta akses ke media penyimpanan smartphone, pilih Allow
cara cek processor hp

Setelah itu aplikasi ini akan menampilkan semua informasi seputar perangkat Android kita seperti nomor model, pabrikan, dan lain sebagainya. Untuk melihat data tentang jenis processor kita, pilih saja pada tab System. Nanti akan ditampilkan semua data tentang processor atau CPU yang terpasang di perangkat Android kita.
cara cek processor Android

Sekian pembahasan tentang cara cek processor Android cara mengetahui processor Android kali ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment