Cara Mengatasi WhatsApp Error Tidak Bisa Mengirim Dan Menerima Pesan

Cara Mengatasi WhatsApp Error Tidak Bisa Mengirim Dan Menerima Pesan

Cara mengatasi WhatsApp error tidak bisa mengirim pesan, tidak bisa menerima pesan, dan pending.

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang sudah digunakan secara luas oleh masyarakat, sehingga akan sangat mengganggu apabila WhatsApp kita sampai error.
mengatasi whatsapp error android
Error pada Whatsapp banyak jenisnya, misalnya tidak bisa mengirim pesan, tidak bisa menerima pesan, tidak bisa mengirim foto, WhatsApp pending, dan masih banyak lagi. Termasuk error secara global karena server WhatsApp memang sedang bermasalah.
cara mengatasi wa pending
Ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab WhatsApp error seperti tidak bisa mengirim pesan atau pending. Namun untungnya cara untuk mengatasi WhatsApp error tidaklah terlalu sulit. Kita hanya perlu melakukan hal-hal sederhana yang mudah.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi WhatsApp error seperti tidak bisa mengirim dan menerima pesan atau pending.

Cara Mengatasi WhatsApp Error Tidak Bisa Mengirim Dan Menerima Pesan


Hal pertama yang harus kita lakukan ketika WhatsApp error adalah mencari tahu penyebabnya. Kita harus tahu dulu apakah WhatsApp error ini disebabkan oleh pihak WhatsApp atau hanya karena perangkat Android kita saja.

Karena server WhatsApp memang kadang mengalami masalah atau down. Biasanya server yang down hanya negara tertentu saja. Untuk mengetahui dinegara mana yang server WhatsApp nya mengalami down, kita bisa melihatnya melalui link dibawah ini.


Selain menggunakan layanan diatas, kita juga bisa bertanya ke teman atau kerabat apakah WhatsApp mereka error atau tidak.

Jika hasil dari riset tersebut menunjukan bahwa server WhatsApp di negara kita sedang dalam keadaan buruk berarti tidak banyak yang bisa kita lakukan. Kita hanya bisa menunggu sampai server tersebut pulih kembali, karena kemungkinan besar sedang ada perbaikan.
whatsapp error tidak bisa mengirim pesan
Namun jika server WhatsApp di negara kita sedang dalam keadaan baik dan hanya WhatsApp kita yang mengalami error maka kita harus melakukan sesuatu untuk memgatasinya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi WhatsApp error di smartphone Android yang bisa kita lakukan.

Mengatasi WhatsApp Error 1: Cek Sambungan Internet


Jika WhatsApp kita mengalami error, pertama kali yang kita lakukan adalah mengecek hal-hal sederhana seperti koneksi internet dan sinyal. Karena WhatsApp tanpa koneksi internet tidak akan bisa digunakan.

Jika kita menggunakan Wi-Fi, bisa kita matikan Wi-Fi kita dan sambungkan ulang ke jaringan Wi-Fi. Jika menggunakan internet dari SIM Card, kita bisa mematikan Sambungan data dan menghidupkannya kembali. Bisa juga kita melakukan pengaturan ulang APN.

Jika sinyal kita bisa pergi ke daerah yang lebih ramai seperti pinggiran kota. Pada artikel sebelumnya saya juga sudah pernah membahas tentang cara mengatasi HP Android hilang sinyal.

Jadi pastikan sambungan internet di Android kita lancar. Kita bisa mencoba browsing untuk mengetes Sambungan internet kita. Jika sambungan internet kita sudah dipastikan normal dan WhatsApp masih error berarti penyebabnya bukan karena masalah sambungan internet.


Mengatasi WhatsApp Error 2: Bersihkan Cache dan Paksa Berhenti


Jika aplikasi WhatsApp kita masih error, mungkin melakukan pembersihah cache dan paksa berhenti dapat mengatasi masalah WhatsApp error. Pada dasarnya saat aplikasi WhatsApp diberhentikan secara paksa, semua prosesnya berhenti semua termasuk proses yang berjalan di latar belakang.

Sehingga sama saja kita melakukan restart sistem dari aplikasi WhatsApp tersebut. Caranya cukup mudah, kita masuk ke Pengaturan >> Aplikasi > WhatsApp > Paksa Berhenti.

Untuk membersihkan cache sampah caranya hampir sama, yaitu masuk ke Pengaturan >> Aplikasi >> WhatsApp >> Hapus cache. Namun alangkah baiknya kita sekalian membersihkan semua cache sampah di HP Android kita, karena itu akan membuat kinerja Android kita menjadi maksimal.

Pada artikel sebelumnya saya juga sudah pernah membahas tentang 3 cara membersihkan cache sampah Android. Pembersihan cache baiknya kita lakukan secara berkala menggunakan aplikasi pembersih (cleaner) Android.

Membersihkan cache dan sampah di smartphone Android secara berkala juga mampu mencegah munculnya masalah-masalah seperti aplikasi Facebook error, game force close atau keluar sendiri, muncul peringatan Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti, dan lain sebagainya.

Nah setelah aplikasi WhatsApp sudah dipaksa berhenti dan sampah cache sudah dibersihkan, coba kita jalankan aplikasi WhatsApp apakah masih error atau sudah normal kembali.

Mengatasi WhatsApp Error 3: Update dan Install Ulang WhatsApp



Cara yang paling sering berhasil untuk mengatasi WhatsApp error tidak bisa mengirim pesan atau pending adalah dengan melakukan Install ulang aplikasi. Tentu saja nanti kita akan menggantinya dengan aplikasi WhatsApp resmi yang versi terbaru.

Jadi pertama-tama kita uninstall dulu aplikasi WhatsApp yang bermasalah tersebut dan kita download aplikasi WhatsApp versi terbaru. Kita bisa mendownload aplikasi WhatsApp versi terbaru melalui link dibawah ini.


Setelah selesai mendownload aplikasi WhatsApp versi terbaru, silakan agan install dan lakukan login WhatsApp seperti biasanya. Lalu coba apakah WhatsApp sudah bisa berjalan normal atau masih error.

Mengatasi WhatsApp Error 4: Mematikan VPN


Ini hanya berlaku bagi agan yang menghidupkan VPN saat menggunakan WhatsApp. Walaupun VPN memang sangat bagus untuk melindungi privasi kita dan bahkan bisa kita gunakan untuk membuka situs yang diblokir. Namun saya pernah mendapatkan beberapa laporan bahwa mengaktifkan VPN saat menggunakan WhatsApp dapat menimbulkan beberapa gangguan.
mengatasi wa error tidak bisa mengirim pesan
Misalnya tidak dapat menelpon, tidak dapat mengirim pesan, dan lain sebagainya. Jadi coba agan matikan dulu layanan VPN tersebut. Lalu coba jalankan aplikasi WhatsApp apakah sudah bisa atau masih error.

Itulah beberapa cara mengatasi Whatsapp error tidak bisa mengirim dan menerima pesan di Android. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment