Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi. Keyboard tidak berfungsi adalah masalah yang sering terjadi pada laptop. Saat keyboard tidak berfungsi maka bisa dipastikan laptop akan sulit digunakan.
cara memperbaiki keyboard laptop error
Saat kita menemui masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan. Pertama kali kita harus mengecek sumber masalah atau kerusakannya agar kita bisa melakukan tindakan perbaikan.

Jika kita bisa memperbaiki keyboard yang rusak maka kita akan menghemat uang dan waktu daripada kita bawa ke tempat servis. Jadi langkah pertama adalah kita harus mengidentifikasi penyebab keyboard laptop yang tidak berfungsi, baru selanjutnya kita melakukan tindakan untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi



Restart Laptop


Umumnya saat laptop mengalami suatu masalah atau error maka kita akan melakukan restart atau menyalakan ulang. Hal ini juga berlaku ketika keyboard laptop tidak berfungsi atau error. Cara ini memang terkesan sepele dan mudah. Namun apa salahnya dicoba, siapa tahu bisa berhasil.
cara memperbaiki keyboard laptop error
Caranya cukup restart saja dari Start Menu menggunakan cursor touchpad atau mouse. Jika agan mengalami masalah dengan mouse dan touchpad maka agan bisa mematikan laptop dengan menekan lama pada tombol power hingga laptop mati.

Setelah laptop mati maka hidupkan lagi dengan menekan tombol power. Lalu kita cek apakah keyboard laptop sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Menentukan Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi


Kita harus mencari tahu penyebab dari keyboard yang tidak berfungsi ini karena masalah hardware atau software. Karena hal ini akan mempersempit berbagai kemungkinan yang ada dan dapat menjadi informasi yang penting untuk memperbaikinya.

Caranya adalah dengan masuk ke BIOS. Jika kita berhasil masuk ke BIOS betarti keyboard laptop masih berfungsi. Cara masuk ke BIOS cukup mudah, yaitu nyalakan laptop kita dan saat masih dalam proses booting tekan tombol untuk masuk ke BIOS.
cara memperbaiki keyboard laptop error
Tombol untuk masuk ke BIOS antara laptop satu dengan yang lainnya tidak selalu sama. Namun biasanya adalah tombol F2 atau Delete. Saat kita berhasil masuk ke BIOS berarti yang menjadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi ada di software nya.

Namun jika kita tidak berhasil masuk ke BIOS maka kemungkinan besar sumber masalah ada di hardwarenya. Bisa keyboardnya yang rusak, kotor, atau soketnya lepas.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi versi Hardware


Jika penyebab keyboard laptop tidak berfungsi adalah masalah hardware maka hal pertama yang kita lakukan adalah membersihkannya. Pastikan laptop sudah dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke sumber daya listrik.

Bersihkan semua bagian laptop mulai dari bagian bawah sampai ke keyboard. Akan lebih bagus lagi jika kita membersihkan bagian keyboad laptop dengan alat penyedot debu khusus sehingga debu yang ada di sela-sela keyboard ikut hilang.

Jangan lupa juga copot baterai laptop dan ikut dibersihkan pada area tempat baterai. Debu dapat menyebabkan baterai panas yang kadang dampaknya bisa sampai ke keyboard.

Ada juga kemungkinan keyboard memang sudah rusak. Entah itu karena ada jalur yang terputus atau kabel fleksibel yang sudah putus. Untuk kasus terakhir ini saya sarankan untuk membawanya ke tempat servis saja. Karena kita harus membongkar laptop sekaligus segel garansinya. Kecuali memang menguasai elektronika komputer.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi versi Software


Jika keyboard laptop tidak berfungsi karena masalah software maka kita akan lebih cepat dan mudah dalam memgatasinya. Ada beberapa hal yang bisa kita coba untuk memperbaikinya. Pertama, kita bisa melakukan pembaruan driver keyboard.

Masuk ke menu Device Manager di laptop kita dan cari pilihan Keyboard di dalam daftar perangkat. Expand dan klik kanan pada bagian Standard PS/2 Keyboard, lalu pilih Update Driver. Tunggu sampai proses update driver selesain dan kita coba lagi apakah keyboard sudah berfungsi lagi atau belum.

Jika masih belum bisa maka yang kita lakukan adalah menghapus driver keyboard tersebut dan menginstalnya lagi dengan driver keyboard tersebut. Driver keyboard setiap seri laptop berbeda-beda, jadi pastikan kita menggunakan driver ke yang sesuai.

Untuk caranya kita menuju ke Device Manager lagi di bagian Keyboard. Klik kanan pada bagian Standard PS/2 Keyboard dan pilih Uninstall device. Setelah driver sudah di uninstall lalu restart laptop kita dan biasanya driver yang kita uninstall akan terpasang lagi secara otomatis.

Namun jika tidak terpasang secara otomatis kita bisa melalukannya sendiri secara manual. Nah Setelah driver sudah di reinstall kita coba lagi keyboardnya apakah sudah berfungsi dengan normal atau belum.
cara memperbaiki keyboard laptop error
Jika cara ini masih gagal, pilihan terakhir yang bisa kita lakukan adalah melakukan pemindaian virus malware menggunakan aplikasi khusus. Saya menyarankan untuk menggunakan Malwarebytes karena aplikasi anti malware ini sangat bagus. Kita bisa mendapatkan aplikasi Malwarebytes melalui link dibawah ini.


Tujuan dari pemindaian ini karena kemungkinan ada malware yang masuk ke laptop kita dan menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik. Sebenarnya tidak harus menggunakan Malwarebytes, kita bisa menggunakan aplikasi anti malware lain yang sejenis. Pada artikel sebelumnya saya pernah mengulas tentang daftar software anti malware terbaik untuk komputer.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi. Namun jika masih belum berhasil satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah membawanya ke tempat servis komputer. Saya dulu pernah mengganti keyboard notebook Asus X200MA dan menghabiskan biaya sekitar Rp300.000.
cara memperbaiki keyboard laptop error
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment