Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Xiaomi Tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Xiaomi Tanpa Root

Cara menghapus aplikasi bawaan atau blostware Xiaomi tanpa root, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di Android Xiaomi.

Smartphone Android Xiaomi saat ini sudah berhasil menguasai pasar smartphone Android di berbagai negara, termasuk Indonesia. Keunggulan dari smartphone Android buatan Cina ini adalah menghadirkan smartphone dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang murah.
cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi redmi
Bahkan bisa dibilang Xiaomi menjadi perusak harga pasar karena menjual smartphone Android dengan harga yang gila-gilaan murahnya. Namun salah satu kekurangannya adalah terdapat iklan di aplikasi MIUI dan ada beberapa aplikasi bawaan atau bloatware yang kadang tidak penting.

Apa Itu Aplikasi Bloatware?



Aplikasi bloatware adalah sebuah aplikasi bawaan yang dikunci oleh vendor sehingga tidak bisa dihapus. Pada dasarnya semua perangkat Android memiliki aplikasi bloatware yang tidak bisa dihapus, entah itu Sony Xperia, Samsung, HTC, Oppo, Vivo, dan lainnya.

Tentu saja aplikasi bloatware tersebut berfungsi sebagai aplikasi sistem untuk menjalankan perangkat Android dan juga untuk menampilkan tampilan antarmuka yang unik. Namun tentu dari semua bloatware tersebut banyak yang sebenarnya tidak penting dan hanya memenuhi memori saja.

Kadang kita bisa langsung mematikan aplikasi bawaan tersebut, tetapi ada beberapa yang tidak bisa dimatikan atau dihapus dengan cara biasa. Perlu melakukan sedikit usaha yang mayoritas memerlukan rooting perangkat.

Nah pada artikel ini saya akan membahas khusus tentang cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) Xiaomi tanpa root dan juga cara mematikan aplikasi bawaan Xiaomi.

Menghapus Aplikasi Bloatware Bawaan Di Android Xiaomi Tanpa Root dengan MIUI


Sebenarnya ada sebuah Pengaturan Tersembunyi atau Hidden Settings  pada MIUI yang dapat mempermudah kita dalam melakukan tugas-tugas khusus. Misalnya kita bisa mengakses log Pemberitahuan dengan mudah.

Interface MIUI ada dua macam, yaitu pada Android 7 dan Android 8 yang masing-masing berbeda. Kita bisa memilih salah satu versi tampilan tersebut sesuai dengan versi Android yang terpasang MIUI di HP Xiaomi kita.

Dengan bantuan MIUI Hidden Settings ini kita bisa menghapus aplikasi bloatware bawaan dan aplikasi dari Google, walaupun tidak semuanya bisa kita hapus. Aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus umumnya adalah aplikasi-aplikasi yang memang sangat penting.

Berikut adalah cara menghapus aplikasi bloatware bawaan Xiaomi tanpa root menggunakan MIUI.

  • Buka aplikasi Hidden Settings MIUI.
  • Pilih versi Android yang kita gunakan.
  • Ketuk pada bagian Manage Applications.
  • Scroll keatas dan pilih aplikasi mana yang akan kita hapus dari HP Xiaomi.
  • Silakan pilih mau dimatikan (Disable) atau mau dihapus (Uninstall).
  • Saat muncul pop up konfirmasi, silakan pilih Disable apps/Uninstall apps.
Dengan bantuan aplikasi ini kita bisa menghapus aplikasi bloatware bawaan yang sebelumnya tidak bisa dihapus. Agan bisa mendapatkan aplikasi MIUI Hidden Settings melalui link download dibawah ini.


Apakah Aman Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) di Android Xiaomi?


Sebenarnya aman tidaknya tergantung aplikasi bawaan mana saja yang kita hapus. Namun umumnya pihak vendor smartphone Android tidak merekomendasikan penghapusan aplikasi. Dari situ dapat kita simpulkan bahwa menghapus aplikasi bawaan Android tidak aman.

Namun karena kita ingin menghapus aplikasi bawaan yang tidak berguna maka kita abaikan dulu peringatan ini. Banyak proses penghapusan aplikasi bawaan yang memerlukan rooting Android. Hal ini sebenarnya juga berbahaya, jika gagal rooting bisa menyebabkan kerusakan pada sistem Android.

Jadi intinya jika kita ingin menghapus aplikasi bawaan di Android, kita harus paham fungsi dari aplikasi yang kita hapus tersebut. Sehingga kita bisa mempertimbangkan apakah menghapus aplikasi tersebut dapat mengganggu kinerja perangkat Android atau tidak.

Namun yang saya tahu melakukan penghapusan aplikasi bawaan di Xiaomi melalui MIUI Hidden Settings cukup aman, belum ada yang bermasalah. Namun jika agan mengalami kendala setelah melakukan penghapusan aplikasi bawaan (bloatware) di HP Xiaomi seperti bug dan hang silakan tulis di kolom komentar.
cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi redmi
Sekian pembahasan tentang cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) Xiaomi tanpa root kali ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment