7 Manfaat Soda Kue Untuk Kesehatan Kulit, Rambut, Dan Tubuh

7 Manfaat Soda Kue Untuk Kesehatan Kulit, Rambut, Dan Tubuh

Manfaat soda kue untuk rambut, manfaat soda kue untuk kulit wajah, manfaat soda kue untuk kesehatan, manfaat soda kue untuk ketiak.

Soda kue atau baking soda sebenarnya adalah bahan penting untuk makanan khususnya kue yang dioven. Fungsi soda kue dalam makanan adalah sebagai pengengmang. Membuat kue tanpa menggunakan soda kue maka hasilnya kue tidak akan mengembang dan menjadi bantat seperti batu bata.

Namun sebenarnya banyak manfaat lain dari soda kue selain digunakan sebagai bahan pengembang makanan. Misalnya adalah digunakan sebagai pembersih dan untuk kesehatan. Nah kali ini saya akan fokus membahas mengenai manfaat soda kue untuk kesehatan, baik itu untuk kulit, rambut, maupun tubuh kita.

Manfaat Soda Kue Untuk Kesehatan 


soda kue baking soda

1. Mengobati Mulas Dengan Soda Kue 


Mulas adalah sebuah kondisi yang sebenarnya tidaklah berbahaya namun cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman. Mulas terjadi ketika asam lambung keluar dari lambung dan naik hingga kerongkongan. Hal seperti ini bisa juga karena penyakit maag. Maag kronis menyebabkan sakit yang cukup serius karena bisa menimbulkan kerusakan permanen pada kerongkongan.

Apalagi jika kita baru saja mengonsumsi makanan-makan yang pedas atau asam, rasa sakitnya bisa membuat kita meringis. Asam lambung yang naik atau yang biasa disebut refluks asam bisa kita netralisir menggunakan soda kue. Cukup kita larutkan satu sendok teh soda kue kedalam satu gelas air dingin. Lalu kita minum perlahan sedikit demi sedikit.

Nanti rasa mulas dan perih di lambung akan menghilang. Meminum larutan soda kue dapat menimbulkan gelembung buih di lambung. Efeknya perut akan menjadi agak kembung dan banyak kentut. Jadi jangan terlalu banyak minum larutan soda kue, secukupnya saja.

2. Manfaat Soda Kue Untuk Memutihkan Gigi dan Nafas Segar


Baking soda adalah bahan yang sangat baik untuk perawatan mulut. Studi menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue lebih baik dalam memecah plak dan memutihkan gigi daripada pasta gigi tanpa soda kue. Tetapi kita tidak harus mencari pasta gigi dengan soda kue untuk menikmati manfaatnya. Kita dapat membuat sedikit pasta dengan baking soda dan air, dan kemudian celupkan sikat gigi kita sebelum menyikat gigi.

Soda kue juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang kuat. Sehingga menggunakan soda kue untuk obat kumur adalah sangat baik. Cukup masukan ½ sendok teh soda kue dalam setengah gelas air  dingin lalu gunuakan sebagai obat kumur seperti saat menggunakan obat kumur biasa. Larutan ini bagus untuk membersihkan celah di sekitar gigi yang mungkin terlewatkan saat menyikat gigi.

3. Manfaat Soda Kue Untuk Mengobati Sariawan


Sariawan adalah luka kecil yang sakitnya bikin tersiksa, apalagi saat makan. Sariawan biasanya berbentuk seperti bisul di dalam mulut, bibir, maupun lidah. Peyebabnya beragam, ada yang karena tergigit ataupun terlalu banyak makan makanan yang keras dan renyah seperti rempeyek.

Luka pada sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun akan sangat tidak nyaman jika kita menunggunya sembuh sendiri. Kita bisa menggunakan soda kue untuk mengobati sariawan. Larutkan setengah sendok teh soda kue kedalam setengah gelas air dingin dan digunakan untuk berkumur. Penelitian membuktikan bahwa berkumur dengan soda kue dapat mengurangi rasa sakit secara signignifikan dan mempercepat penyembuhan sariawan.

4. Manfaat Soda Kue Untuk Deodoran Ketiak


Soda kue sangat baik untuk menyerap bau, sehingga banyak produk deodoran yang mengandung soda kue. Selain itu soda kue juga bersifat antimikroba, oleh sebab itu banyak yang menggunakannya di kamar mandi dan kulkas makanan.

Tahukah agan bahwa keringat manusia sebenarnya tidak berbau? Keringat manusia mulai berbau ketika bakteri di kulit kita mulai memecahnya menjadi produk limbah asam. Soda kue tidak sepenuhnya menghilangkan bau proses ini pada keringat, namun secara signignifikan mampu mengurangi asam dan bau pada keringat.

Cara menggunakan soda kue untuk mengurangi bau pada ketiak caranya cukup mudah, oleskan tipis soda kue bubuk langsung ke ketiak. Sama saat kita menggunakan deodoran bubuk pada ketiak.

5. Manfaat Soda Kue Untuk Ketahanan Fisik Saat Olahraga


Soda kue sebenarnya cukup terkenal di kalangan para atlet olahraga untuk meningkatkan ketahanan fisik. Sebuah studi mengatakan bahwa menggunakan soda kue dapat membuat kita menjadi tahan lebih lama dalam olahraga yang membutuhkan kekuatan fisik dan stamina. Selama melakukan aktivitas seperti ini sel-sel otot kita menghasilkan sesuatu yang disebut asam laktat.

Asam laktat adalah penyebab kenapa kita merasakan sensasi terbakar saat berolahraga keras. Asam laktat juga menurunkan pH di dalam sel kita, yang menyebabkan otot-otot mengalami kelelahan. Soda kue memiliki pH tinggi dan dapat mengimbangi asam laktat. Hal ini dapat membantu kita bisa bertahan lebih lama.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi soda kue sebelum melakukan olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya. Cara mengonsumsinya cukup mudah, hanya perlu dilarutkan dalam air dan meminunya.

6. Manfaat Soda Kue Untuk Mengobati Kulit Gatal dan Terbakar Matahari


Soda kue adalah obat yang baik untuk semua jenis penyakit kulit . Soda kue sangat baik untuk menghilangkan gatal-gatal kronis dan iritasi karena gigitan serangga. Cara menggunakannya cukup kita buat pasta kental dengan campuran soda kue dan air, lalu oleskan ke daerah yang sakit.

Jika kulit kita yang gatal adalah akibat sengatan sinar matahari, kita bisa mencobala mandi dengan campuran soda kue. Cukup tambahkan 1-2 sendok makan baking soda ke dalam bak mandi hangat (tidak panas). Kemudian kita berendam selama setidaknya 30 menit, pastikan bahwa area yang sakit benar-benar terendam.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kulit yang terbakar akan menjadi lebih baik ketika kita mencampurkan tepung jagung dan oatmeal ke dalam bak mandi.

7. Mengatasi Kulit Kapalan Dengan Soda Kue


Kapalan adalah lapisan kulit yang keras dan kasar yang terbentuk di area kulit yang sering menerima tekanan atau gesekan. Contohnya adalah gitaris yang memiliki kapalan khas di tangan mereka. Kapalan juga sering terjadi pada kaki karena sering di bawah tekanan. Setiap tindakan berulang yang konsisten dapat cenderung menyebabkan kapalan pada titik kulit tertentu.

Kapalan sebenarnya tidak berbahaya karena kapalan adalah respon dari kulit untuk melindungi tubuh kita. Tetapi kadang-kadang kapalan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan kita mungkin ingin melunakkan atau menghilangkannya. Untuk menghilangkan kapalan kita bisa menggunakan soda kue.

Caranya adalah dengan menambahkan soda kue kedalam bak mandi dan gunakan untuk berendam. Hal ini dapat melunakan kapalan pada kulit kita.

Itulah beberapa manfaat soda kue untuk kesehatan kita. Kita bisa selalu menyediakan soda kue di rumah untuk kebutuhan yang mendadak, harganya juga tidak mahal. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment