Cara Mengganti Kartu SIM Hilang Untuk Telkomsel, Indosat, Smarfren, 3, XL

Cara Mengganti Kartu SIM Hilang Untuk Telkomsel, Indosat, Smarfren, 3, XL

Cara mengganti kartu SIM yang hilang dengan nomor yang sama. Kita tidak pernah tahu kapan musibah akan terjadi, salah satunya adalah kartu SIM yang hilang. MiFi saya dulu pernah jatuh di jalan dan hilang bersama dengan kartu SIMnya. Saya sih tidak terlalu mempermasalahkan jika MiFi saya hilang. Namun akan sangat repot jika nomor telepon saya yang hilang.

Karena nomor telepon tersebut sangat penting dan digunakan untuk registrasi banyak hal. Akhirnya saya mengurus kartu SIM saya yang hilang dan saya berhasil mendapatkan lagi kartu SIM baru tetapi dengan nomor telepon yang sama. Kebetulan banyak orang yang tanya ke saya tentang cara mengurus kartu SIM yang hilang dan menggantinya dengan nomor yang sama.

Pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke saya antara lain cara mengurus nomor Indosat yang hilang, cara mengaktifkan kartu 3 yang hilang, cara mengganti kartu telkomsel dengan nomor yang sama, dan cara mengurus kartu XL yang hilang.

Sebenarnya cara mengurus kartu SIM yang hilang hampir sama setiap operatornya. Jadi saya akan mencontohkannya dengan satu jenis operator saja, kebetulan kartu SIM saya yang hilang kemarin adalah Smartfren. Setelah saya urus akhirnya saya berhasil mendapatkan lagi nomor yang sama namun dengan kartu yang berbeda tentunya.

Nah berikut ini adalah cara mengurus dan mengganti kartu SIM yang hilang dengan nomor yang sama.

Cara Mengurus Kartu SIM yang Hilang dengan Nomor yang Sama untuk Telkomsel, Indosat, 3, Axis, XL Indosat, dan Smartfren


Kartu SIM Hilang

Semua provider cara pengurusannya sama, sehingga akan saya contohkan dengan prosedur pemgurusan Smartfren. Saya waktu kehilangan kartu SIM Smartfren saya menghubungi CS Smartfren melalui Facebook dan menceritakan kejadian yang menimpa saya.

Setelah saya mencertakan bahwa nomor Smartfren saya hilang, saya langsung disuruh ke Gallery Smartfren dengan membawa KTP yang digunakan untuk registrasi kartu tersebut. Untuk proses pengurusannya di Gallery Smartfren akan saya jelaskan secara singkat.

Datang Ke Gallery Untuk Mengurus Kartu SIM Hilang 


Untuk mengurus kartu SIM yang hilang pada provider apapun, kita harus datang ke Gallery provider masing masing-masing. Untuk Smartfren kita ke Gallery Smartfren, untuk Telkomsel kita ke Grapari Telkomsel, untuk Indosat kita ke Galeri Indosat, untuk Tri (3) kita ke Galeri Tri, untuk XL dan Axis kita ke XL Center.

Yang Perlu Dibawa Saat Mengurus Kartu SIM Hilang Ke Galeri 


Saat mengurus kartu SIM yang hilang ke Galeri, yang perlu dibawa dan dipersiapkan adalah:
  • Nomor telepon yang hilang, kita harus ingat nomor telepon yang hilang tersebut.
  • Kartu identitas yang digunakan untuk registrasi, bisa KTP atau SIM. Tidak perlu di foto copy.
  • Uang untuk biaya penggantian kartu SIM.

Proses Penggantian Kartu SIM dengan Nomor yang Hilang


Kita akan diminta menunjukan kartu identitas dan ditanya nomor telepon kita yang hilang. Minimal kita harus bisa memberikannya dengan benar walaupun kita tidak hafal. Setelah itu pihak Galeri akan melakukan pencocokan data, apakah nomor KTP sesuai dengan yang di registrasikan dengan nomor tersebut.

Jika cocok maka kita akan mendapatkan kembali nomor yang hilang dengan kartu SIM yang baru. Nanti kita akan dikenai biaya adminstrasi dan penggantian kartu SIM  dimana setiap provider membebankan biaya yang berbeda-beda, bahkan ada yang gratis.

Bagaimana Jika KTP Tidak Sesuai Dengan Yang Diregistrasikan di Nomor Tersebut?


Ada beberapa kasus yang mungkin sering terjadi, yaitu KTP yang kita bawa tidak cocok dengan kartu identitas yang digunakan untuk registrasi nomor yang hilang. Karena nomor telepon lama dulu kita tidak perlu mengisikan nomor KTP yang valid dalam proses registrasi. Bahkan hanya memasukan data asal pun bisa tergistrasi.

Terus bagaimana caranya memverifikasi kepemilikan nomor telepon tersebut?
Nah nanti pihak Galeri akan memberikan beberapa pertanyaan seputar aktivitas nomor tersebut seperti nomor telepon yang sering kita hubungi, kapan terakhir mengisi pulsa, berapa nominal pengisian pulsa terakhir, apa paket internet yang terakhir kita pakai, dan lain sebagainya.

Karena kartu Smartfren saya yang hilang selalu saya pakai di MiFi, maka saya tidak pernah melakukan telepon, SMS, dan pengisian pulsa. Saya selalu mengisi paket internet dengan voucher yang sama terus. Sehingga saya tidak akan kesulitan jika diberi pertanyaan seputar aktivitas nomor tersebut.

Setelah kita bisa menjawab pertanyaan tersebut, maka kita bisa mendapatkan nomor tersebut dengan kartu SIM yang baru. Sebenarnya tidak terlalu sulit cara mengurus kartu SIM yang hilang.

Cara Lain Mengurus Kartu SIM yang Hilang


Ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kembali nomor telepon yang hilang. Yaitu dengan membawa bungkus kartu SIM jika memang masih ada. Kita juga bisa meminta bantuan konter tempat kita meregistrasikan nomor telepon kita yang hilang. Tentu saja ini adalah cara yang terakhir dan tetap melalui rekomendasi dari pihak Galeri.

Kesimpulan dan Pertanyaan


Syarat 

-Nomor telepon, kita harus tau
-Kartu identitas,  KTP, SIM, atau yang lainnya.
-Bungkus kartu SIM,  jika masih ada.
-Uang untuk biaya adminstrasi dan penggantian.

Tempat Mengurus Kartu SIM yang Hilang 

-Smartfren: Gallery Smartfren
-Indosat: Galeri Indosat
-XL dan Axis: XL Center
-Tri (3): Galeri Tri

Galeri tersebut sudah tersebar di seluruh kota di Indonesia. Kita bisa mengetahui lokasinya dengan mudah melalui Google Maps.

Biaya Pengurusan

-XL dan Axis: Rp20.000
-Smartfren: Rp15.000
-Tri (3): Gratis
-Indosat: Gratis
-Telkomsel: Rp50.000

Bagaimana Nasib Kartu SIM yang Lama?

Kartu SIM kita yang hilang jika ditemukan oleh orang lain dan digunakan lagi maka kartu SIM tersebut akan otomatis terblokir. Jadi kita tidak usah khawatir akan disalah gunakan oleh orang lain.

Bagaimana Dengan Saldo Pulsa, Paket, dan Kuota?

Paket data, kuota, dan pulsa akan kembali seperti biasanya, sama seperti saat belum hilang.

Bagaimana Dengan Data Lain yang Tersimpan di Kartu SIM?

Data-data yang tersimpan di kartu SIM seperti SMS dan Kontak tentu akan hilang karena tidak dibackup oleh pihak provider.

Itulah penjelasan tentang cara mengurus dan mengganti kartu SIM yang hilang dengan nomor telepon yang sama. Semua provider proses pengurusannya tidak jauh berbeda, baik itu XL, Axis, Tri (3), Indosat, Telkomsel, maupun Smartfren. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment