6 Cara Merawat Rambut Curly Agar Tetap Indah dan Cantik

6 Cara Merawat Rambut Curly Agar Tetap Indah dan Cantik

Cara merawat rambut curly, cara merawat rambut bergelombang, dan cara merawat rambut keriting.

Tidak semua orang dilahirkan dengan anugerah rambut curly atau bergelombang indah. Pemilik rambut alami curly akan membuat orang iri karena model yang satu ini sangat cocok diaplikasikan untuk berbagai macam jenis wajah dan paduan pakaian.

Beberapa orang bahkan rela melakukan proses pengeritingan agar mendapatkan rambut yang terlihat alami bergelombang. Untuk agan yang dilahirkan dengan jenis rambut ini, agan patut bersyukur.

Tips Merawat Rambut Curly yang Mudah Dilakukan


Rambut Curly

Gaya rambut curly sering diidentikkan dengan kesan manis dan imut, namun jenis rambut yang satu ini harus diperlakukan dengan tepat agar gelombang indahnya tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa digunakan agar rambut curly agan tetap terawat dengan baik.

• Ketepatan Teknik Menyisir

Agan harus mengetahui cara menyisir rambut curly dengan tepat. Jangan memaksakan menyisir rambut jika kondisinya terlalu kusut. Jika hal ini dilakukan, rambut akan menjadi mudah patah.

Agan harus mulai menyisir dari bagian paling bawah secara perlahan atau agan bisa memulainya dengan menyisir menggunakan jari-jari tangan secara hati-hati. Tekanan yang terlalu keras terhadap rambut bergelombang akan mengakibatkan rambut rusak.

• Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Jangan menggunakan sisir bergigi rapat untuk menyisir rambut jenis ini. Rambut bergelombang baik yang panjang ataupun pendek memiliki karakteristik serupa yaitu tebal dan lebat.

Menggunakan sisir bergigi rapat hanya akan membuat rambut yang berantakan akan semakin kusut. Agan disarankan untuk menggunakan sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut curly agar sifat curlynya tidak mudah hilang.

• Rutinkan Pemotongan Ujung Rambut

Jika ujung rambut telah terlihat bercabang, hendaknya lakukan pemotongan agar tidak mempengaruhi bentuk ikal atau gelombangnya. Kondisi panas, efek bahan kimia dan kurangnya kesehatan rambut sering menyebabkan munculnya cabang di ujung rambut.

Agan bisa melakukan pemotongan secara rutin karena cabang rambut ini akan merusak bentuk ikal rambut dan supaya rambut tetap sehat.

• Pemilihan Produk Rambut Dengan Tepat

Apapun model ataupun jenis rambut agan, hendaknya pilihlah produk perawatan yang sesuai misalnya untuk rambut kering, gunakan produk yang dikhususkan untuk rambut kering, dan lain sebagainya. Pakailah produk perawatan dengan kandungan nutrisi dari bahan alami yang juga berfungsi sebagai pelindungnya.

Untuk model rambut bergelombang atau ikal, sebaiknya gunakan produk perawatan rambut yang mendukung untuk jenis ini seperti mengandung bahan tertentu yang akan menjaga agar bentuk ikal atau gelombangnya tetap awet.

• Lindungi Rambut dari Panas

Jika akan bepergian ke luar rumah, hendaknya gunakan pelindung seperti topi atau payung untuk menjaga rambut dari sengatan sinar matahari. Panas matahari yang berlebihan akan dapat merusak kesehatan rambut.

Selain panas matahari, agan juga harus menghindari panas yang dihasilkan dari benda elektronik seperti hairdryer ataupun haircurly. Kurangilah penggunaan hairdryer dan pilihlah mengeringkan rambut secara manual. Jika ingin mempertegas bentuk curly, lebih baik gunakan cara mengepang rambut dan biarkan semalaman.

• Kurangi Penggunaan Bahan Kimia

Bagi agan yang sangat menyukai membuat berbagai macam bentuk atau model rambut, hendaknya kurangi penggunaan bahan kimia seperti hairspray. Bahan ini mengandung banyak sekali kandungan kimia yang akan merusak keriting rambut agan.

Boleh saja menggunakan hairspray sesekali jika memang kondisinya cukup terdesak seperti misalnya untuk menghadiri acara penting tertentu di mana agan diharuskan berpenampilan resmi dan rapi.

Memiliki rambut curly memang suatu hal yang sangat membanggakan. Model rambut ini bisa dikatakan sangat cantik untuk dipadukan dengan berbagai macam bentuk pakaian.

Untuk memiliki gelombang rambut yang awet dan tahan lama, agan harus melakukan perawatan yang intens. Jangan lupa untuk selalu memberikan vitamin agar rambut  tetap sehat dan berkilau.

Sekian pembahasan tentang cara merawat rambut curly, keriting, dan bergelombang kali ini. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
#CP
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment