10 Makanan Terbaik Untuk Rambut Subur, Lebat, dan Sehat

10 Makanan Terbaik Untuk Rambut Subur, Lebat, dan Sehat

Makanan terbaik untuk rambut  yang lebat, subur, dan sehat. Rambut adalah mahkotanya manusia, jadi rambut yang sehat dan subur akan membuat penampilan menjadi lebih bagus. Bukan itu saja, rambut juga kita jaga kesehatannya.

Rambut juga memerlukan multivitamin dan nutrisi agar bisa tumbuh dengan subur dan sehat. Bukan hanya sampo, minyak, atau perawatan luar lainnya yang dapat menjamin rambut sehat. Untuk kesehatan rambut secara keseluruhan, kita harus memastikan kebutuhan nutrisi penting rambut tercukupi.

Cara paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan-makan sehat yang bagus untuk rambut. Berikut ini adalah 10 makan terbaik untuk rambut sehat, subur, dan lebat.

Makanan Terbaik Untuk Rambut Sehat, Subur, dan Lebat


1. Malaka



Malaka atau indian gooseberry merupakan buah yang sangat baik untuk menjaga rambut kita agar tetap sehat dan berkilau. Ada beberapa manfaat pada rambut yang kita dapatkan dari menggunakan minyak buah malaka dan makan satu buah malaka setiap hari. Memijat kulit kepala kita dengan minyak malaka akan meningkatkan sirkulasi darah dan sifat antibakteri dari malaka dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Penggunaan masker malaka seminggu sekali terbukti dapat menjaga rambut kita sehat dan halus. Ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga rambut kita dari kerusakan. Baik memakan buah malaka langsung atau minum jus malaka juga sama-sama memiliki manfaat luar biasa. Buah ini adalah sumber Vitamin C dan antioksidan. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk menjaga folikel rambut kita tetap sehat dan menghindari kerusakan rambut.

2. Wortel



Kita mungkin sudah tahu manfaat wortel untuk kulit dan mata. Tapi tahukah kita wortel juga merupakan makanan yang baik untuk kesehatan rambut? Sayuran ini adalah makanan yang kaya akan Vitamin A, yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan sel.

Mengonsumsi wortel mentah atau minum segelas jus wortel secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut. Ini juga bisa mengurangi kerontokan rambut dengan memperkuat akar rambut.

3. Kayu Manis



Kayu manis adalah bumbu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menjaga rambut kita tetap sehat dan subut adalah salah satu manfaatnya. Tambahkan kayu manis ke dalam makanan atau minuman kita. Kebiasaan ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala kita. Sehingga membuat rambut kita sehat dan juga mendorong pertumbuhan rambut.

4. Gandum Utuh



Kekurangan biotin adalah salah satu alasan kenapa rambut menjadi rapuh. Biotin adalah vitamin penting untuk menunjang pertumbuhan rambut. Biji-bijian utuh adalah salah satu sumber biotin yang bagus dan murah. Susu, daging, dan hati adalah sumber biotin lainnya. Pastikan kita mengonsumsi makanan-makan ini setiap hari sehingga tidak ada masalah rambut yang terjadi karena kekurangan biotin.

5. Jambu Biji



Vitamin C adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut kita agar tetap kuat. Jambu biji adalah sumber Vitamin C yang baik. Jeruk, pepaya, dan kiwi adalah sumber Vitamin C lain yang juga bagus.

Tidak hanya jambu biji tetapi daun jambu biji juga merupakan solusi tepat untuk masalah rambut kita, erutama untuk rambut rontok. Gunakan tumbukan daun jambu biji untuk keramas dua kali atau tiga kali seminggu. Sifat antimikroba dan antioksidan daun jambu biji akan meningkatkan kesehatan kulit kepala kita dan menjauhkannya dari ketombe. Dengan demikian pertumbuhan dan ketebalan rambut akan membaik dalam waktu singkat.

6. Salmon



Asam lemak omega 3 adalah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh dan rambut kita. Tetapi tubuh kita tidak dapat membuat nutrisi ini sendiri. Ikan adalah sumber asam lemak omega 3 yang bagus, terutama ikan salmon.

Memiliki hidangan yang mengandung ikan salmon akan menjaga kesehatan rambut kita. Dengan demikian rambut rontok akan berkurang. Manfaat lain dari salmon adalah menjaga kulit kepala tetap terhidrasi sehingga rambut kita terlihat mengkilap dan tidak kering.

7. Kacang



Vitamin E adalah nutrisi yang dapat memberikan kontribusi kesehatan secara keseluruhan untuk kulit kepala kita. Sangat penting untuk menjaga rambut kita tetap sehat. Kacang adalah contoh makanan sumber vitamin E yang baik. Tambahkan beberapa kacang ke dalam menu harian kita, hal ini dapat menyeimbangkan tingkat minyak dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala kita. Tidak hanya itu, mengonsumsi kacang juga bisa membantu meningkatkan kesehatan folikel rambut.

8. Bayam



Zat besi adalah salah satu nutrisi penting untuk kulit kepala yang sehat, dan ayam adalah sumber terbaik untuk nutrisi ini. Manfaat mengonsumsi bayam dalam jumlah yang cukup adalah membuat folikel rambut menjadi sehat. Dengan begitu, kita bisa melihat peningkatan pertumbuhan rambut yang memuaskan. Kehadiran antioksidan dalam bayam juga mengatasi kerusakan rambut.

9. Telur



Ada beberapa hal yang bisa membuat rambut kita kering dan rapuh, dan kekurangan protein bisa menjadi alasan untuk kondisi seperti itu. Hal tersebut terjadi karena rambut terbuat dari protein. Jadi kekurangan protein bisa membuat rambut kita lemas.

Sangat penting bagi kita untuk menambahkan makanan kaya protein ke dalam menu makanan harian. Seperti yang kita ketahui, telur adalah makanan yang kaya akan protein. Tidak hanya sebagai makanan, masker telur juga dapat meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut dengan memperkuat akarnya.

10. Tiram



Seng adalah mineral penting untuk menjaga kesehatan rambut kita. Kekurangan seng dapat melemahkan kulit kepala mengubah struktur folikel rambut. Kondisi ini menyebabkan rambut rontok. Ketombe juga merupakan bagian dari kekurangan seng. Tiram, yang kaya akan seng adalah solusi sempurna untuk kondisi ini.

Jika kita kesulitan mengatasi kerontokan rambut, pertimbangkan untuk menambahkan tiram dalam jumlah yang cukup pada menu kita. Daging sapi, tiram, bayam, biji labu, dan daging domba adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan seng.

Itulah beberapa makanan terbaik untuk rambut sehat, subur, dan lebat. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment