Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline Tanpa Internet

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline Tanpa Internet

Menggunakan Google Maps offline tanpa koneksi internet. Google Maps adalah salah satu peta navigasi gratis terbaik yang sangat berguna saat kita bepergian. Namun yang jadi masalah saat kita melakukan perjalanan dengan panduan arah dari Google Maps, jaringan internet kita harus stabil. Karena tanpa jaringan internet yang stabil, navigasi dari Google Maps tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Namun untungnya Google Maps bisa kita gunakan secara online tanpa perlu jaringan internet. Namun untuk bisa melakukan hal ini kita harus mempunyai data peta lokasi yang akan kita kunjungi. Misalnya kita ingin melakukan perjalanan dari Jogja ke daerah Gunungkidul. Karena kita memperkirakan akan melewati daerah hutan yang susah sinyal maka kita mau tidak mau harus menggunakan navigasi Google Maps yang offline.

Bagaimana cara menggunakan Google Maps secara offline tanpa koneksi internet? Untuk lebih jelasnya saya akan membahas secara singkat dan jelas dibawah ini.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline



Sebelum membahas lebih lanjut saya akan menjelaskan dulu tentang cara kerja peta Google Maps offline. Untuk bisa menggunakan Google Maps secara offline maka kita harus mendownload data peta lokasi dan menyimpannya di smartphone. Misalnya kita ingin melakukan perjalanan dari Jogja ke Gunungkidul,  maka kita harus mendownload data peta lokasi yang akan kita lewati.

Sebuat saja kita harus mendownload peta lokasi sebuah area di Gunungkidul. Sebenarnya kita bisa mendownload peta offline dengan area yang lebih luas, misalnya seluruh provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun untuk mendownload peta offline seluruh provinsi membutuhkan kuota internet yang banyak dan waktu yang lama. Belum lagi kita harus memikirkan dimana kita akan meletakan file peta offline Google Maps yang ukurannya bisa bergiga-giga.

Jadi saya sarankan untuk mendownload peta offline Google Maps hanya pada area tertentu seperlunya saja. Kita bisa mengatur lokasi dimana kita akan menyimpan file data peta offline Google Maps. Caranya kita cukup membuka Menu >> Peta Offline >> Pengaturan (icon gear) >> Preferensi penyimpanan, lalu tinggal kita pilih mau disimpan dimana.

Penting untuk kita ingat, data peta offline yang kita download akan kadaluarsa dalam waktu 15 hari saja, kecuali kita terhubung ke jaringan internet. Hal itu bertujuan untuk menjaga ketepatan dari peta tersebut, karena dunia ini bisa berubah dalam hitungan hari saja, termasuk jalur jalan dan navigasi.

Jika kita menginginkan data peta offline yang kita download bisa aktif terus, kita bisa menyiasatinya dengan mengaktifkan pembaruan otomatis di pengaturan peta offline. Dengan mengaktifkan pembaruan otomatis, peta tersebut akan selalu memperbarui navigasinya dengan kondisi terkini di lapangan.

Walaupun peta offline Google Maps dapat kita gunakan tanpa jaringan internet, namun banyak fitur-fitur yang tidak akan bisa berfungsi. Fitur-fitur tersebut antara lain seperti jalur sepeda, pantauan kemacetan, lokasi perbaikan jalan, penunjuk arah, dan fitur lain yang membutuhkan jaringan internet.

Cara Menyimpan Peta Google Maps Offline



Jika agan ingin menyimpan peta Google Maps secara offline, ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Buka Menu dengan mengklik icon di kiri atas.
  3. Pilih menu Peta Online
  4. Biasanya Google Maps akan memberikan rekomendasi lokasi. Namun jika lokasi yang akan kita tuju tidak ada di rekomendasi, kita bisa mengklik Pilih Peta Anda Sendiri.
  5. Selanjutnya kita pilih area yang ingin kita download.
  6. Kita bisa memperlebar dan memperkecil area dengan cara melakukan Zoom.
  7. Jika kita sudah menentukan lokasi yang akan di download, langsung saja kita klik pada tulisan DOWNLOAD di bawah.

Selanjutnya kita hanya perlu menunggu proses download selesai. Setelah selesai kita bisa menggunakan peta Google Maps pada area tersebut secara offline. Namun tentu saja dengan fitur yang terbatas.

Menggunakan Google Maps Offline Tanpa Perlu Download Peta Offline


Ada alternatif yang lebih mudah dan cepat. Kita tidak perlu buang-buang waktu dan kuota untuk melakukan download peta offline. Terus caranya bagaimana?

Kita hanya perlu mengatur rute perjalanan menggunakan Google Maps saat sedang mempunyai sambungan internet. Google Maps akan secara otomatis mengunduh info yang kita butuhkan untuk mencapai tujuan. Ini secara otomatis akan dilakukan tanpa perlu kita mengotak atik di pengaturan.

Setelah rute perjalanan kita dikonfigurasi, Google Maps akan menyimpan data setidaknya sampai kita mencapai tujuan atau hingga Google Maps dimatikan pada perangkat kita.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment