Fakta Unik Norwegia, Alasan Kenapa Disebut Ibu Bendera Dunia

Fakta Unik Norwegia, Alasan Kenapa Disebut Ibu Bendera Dunia

Norwegia, negara Ibu Bendera Dunia atau Mother of Flags. Kita pasti tahu dengan Norwegia, atau setidaknya pernah mendengar nama negara Norwegia. Namun mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa negara Norwegia mempunyai sebutan sebagai Mother of Flags atau Ibu Bendera Dunia.

Kenapa Norwegia bisa disebut dengan Ibu Bendera Dunia? Hal tersebut ada alasannya. Namun sebelum ke pembahasan inti, kita akan membahas dulu tentang negara Norwegia ini agar kita lebih mengerti.

Negara Norwegia



Norwegia adalah sebuah negara nordik kecil yang mempunyai ibukota bernama Oslo. Menurut sejarah, kota Oslo sudah ada sejak tahun 1000 masehi dan mulai menjadi ibukota Norwegia pada tahun 1814. Jika dilihat dari sejarahnya, Norwegia adalah negara kuno yang awalnya adalah berupa kerajaan atau kekaisaran.

Sejarah Norwegia sangatlah panjang, secara konstitusi negara Norwegia berdiri pada tahun 17 Mei 1814. Namun faktanya Norwegia sudah ada lama sebelum itu. Norwegia dulu pernah bergabung dengan kerajaan Denmark tahun 1397 sampai 1814, atau sekitar 4 abad. Namun hari kemerdekaan negara Norwegia malah diperingati setiap tanggal 7 Juni setiap tahunnya. Hal itu merujuk pada referendum yang dilakukan oleh Norwegia pada tanggal 7 Juni 1905 dan menyatakan merdeka dari kerajaan Swedia.

Percaya atau tidak, pada tahun 2014 Norwegia pernah dinobatkan sebagai negara paling makmur di dunia. Tidak main-main, predikat ini diberikan langsung oleh Global Peace Index pada tahun 2013. Bahkan Oslo dari dulu sudah menjadi tempat kebanggaan dimana diselenggarakan upacara pemberian hadiah nobel setiap tahunnya. Sedangkan penghargaan nobel lain seperti di bidang fisika, kimia, sastra, dan kedokteran diberikan di kota Stockholm, Swedia.

Kenapa Norwegia Disebut Ibu Bendera Dunia?


Saya belum menemukan bukti atau sumber yang terpercaya untuk claim ini. Namun jika kita mencari di Google dengan kata kunci Mother of Flags atau Ibu Bendera Dunia maka yang keluar adalah negara Norwegia.

Dari berbagai artikel yang saya baca, kesimpulan yang dihasilkan sama. Yaitu alasan kenapa Norwegia disebut sebagai Ibu Bendera Dunia adalah karena bentuk desain bendera Norwegia dan tahun perancangan bendera Norwegia.

Norwegia memang bukan negara yang paling tua, namun untuk urusan bendera, umurnya sudah bisa dibilang sangat tua. Bendera Norwegia di desain oleh Fredrik Meltzer pada tauhun 1821 yang memang sudah sangat untuk ukuran nendera negara modern.

Dari desain bendera Norwegia dapat kita temukan beberapa bebdera negara lain di dalamnya, termasuk Indonesia. Lah kok bisa?
Coba kita cek bendera Norwegia dengan detail, pasti kita akan menemukan banyak bendera dunia didalamnya.


Total ada 9 bendera negara di dunia yang bisa kita temukan di dalam bendera Norwegia. Antara lain Polandia, Yugoslava, Finlandia, Indonesia, Monako, Perancis, San Marino, Belanda, dan Thailand.

Claim ini masih seperti sebuah cocoklogi saja, karena sampai sekarang belum ada peneliti, ahli, atau lembaga tertentu yang mengatakan bahwa mereka yang memberikan julukan tersebut. Namun  yang jelas pembahasan ini pernah diulas juga di Bobo.id.

Itulah alasan kenapa Norwegia disebut sebagai Ibu Bendera Dunia atau Mother of Flags. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment