Taman Nasional Batimurung Maros, Tempat Wisata Terbaik Sulawesi Selatan

Taman Nasional Batimurung Maros, Tempat Wisata Terbaik Sulawesi Selatan

Taman Nasional Batimurung Maros, salah satu tempat wisata terbaik di Sulawesi Selatan. Lokasi taman ini berada di Kabupaten Maros, tepatnya di kecamatan Batimurung. Taman Nasional ini dibuka sebagai destinasi wisata yang menarik karena menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa.

Karena masuk dalam area konservasi, alam di Taman Nasional Batimurung ini sangat terjaga keasriannya. Mulai dari pemandangan alam seperti goa, karst, tumbuh-tumbuhan, hingga hewan di area konservasi ini. Secara resmi, Taman Nasional Batimurung Maros memiliki luas kurang lebih 43.750 hektar. Dan dikelola langsung oleh Balai Taman Batimurung-Bulusaraung melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan SK.398/Menhut-II/2004 yang dikeluarkan pada tanggal 18 Oktober 2004.

Taman Nasional Batimurung Maros, Tempat Wisata Edukasi Indah



Karena bentuknya yang berupa taman konservasi, kita bisa melihat pemandangan lengkap mulai dari lingkungan alam, tumbuhan, dan hewan asli di hanitatnya. Dari segi kenampakan alam, disini kita bisa menjumpai perbukitan, tebing curam, goa, karst, stalaktit, dan stalakmit indah. Kita juga bisa menjumpai alirang sungai panjang lengkap dengan air terjunnya.


Pemandangan indah ini masih sangat terjaga, kita akan sulit menemukannya di tempat lain. Monyet dan hewan-hewan lain masih bisa hidup bebas di tempat ini, walaupun hal tersebut bukan menjadi daya tarik utama dari Taman Nasional Batimurung Maros.

Yang menjadi daya tarik utamanya adalah keberadaan penangkaran kupu-kupu terbesar di Indonesia. Iya benar sekali, penangkaran kupu-kupu terbesar di dunia memang masih dipegang oleh Taman Nasional Batimurung Maros. Disini kita bisa menjumpai lebih dari 250 spesies kupu-kupu yang sangat cantik.


Saking beragamnya spesies kupu-kupu disini, bahkan sampai diberi julukan sebagai The Kingdom of Butterfly atau Kerajaan Kupu-Kupu. Yang memberikan julukan ini adalah Alfred Russel Wallace, dia adalah seorang yang dari tahun 1856-1857 menghabiskan waktunya untuk meneliti kupu-kupu di Taman Nasional Batimurung Maros ini, yang waktu itu belum ditetapkan sebagai area konservasi.

Ada beberapa jenis kupu-kupu yang dilindungi pemerintah yang hanya ada di kawasan ini, yaitu Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, dan Cethosia Myrana. Selain memiliki kekayaan spesies kupu-kupu, taman nasional ini juga memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

Karena memili lebih dari 80 buah goa alam dan ada beberapa yang merupakan goa jaman prasejarah. Keberadaan goa ini bisa menjadi media untuk mempelajari dan menelusuri peradaban jaman prasejarah.


Oh iya, di taman nasional ini ada sebuah wahana yang menarik dan cukup menantang, yaitu Helena Sky Bridge. Seperti namanya, jembatan ini membentang tinggi diatas hutan berupa jembatan gantung. Jika agan bernyali, agan bisa mencoba untuk naik ke atas. Dari atas jembatan kita bisa melihat pemandangan yang lebih luas karena posisi kita bisa memperlebar jangkauan pandangan kita.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Nasional Batimurung


Taman Nasional Batimurung beralamat di Kalabbirang, Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90561. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Makasar. Kira-kira perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam saja. Untuk lebih jelasnya agan bisa melihat melalui Google Maps dan menggunakan panduan arah.


Harga tiket masuk ke Taman Nasional Batimurung Maros tidak terlalu mahal. Untuk pengunjung lokal Rp25.000, sedangkan untung wisatawan mancanegara Rp225.000. Sedangkan jika kita ingin naik ke jembatan Helena Sky Bridge, kita harus membayar Rp15.000.

Fasilitas


Karena sudah termasuk taman nasional besar, maka kita tidak perlu mengkhawatirkan masalah fasilitas karena sudah cukup lengkap. Fasilitas di Taman Nasional Batimurung Maros antara lain adalah toilet, kamar mandi, area parkir, tempat istirahat, tempat makan, pos keamanan, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan 


Taman Nasional Batimurung Maros adalah tempat yang sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga maupun tujuan wisata edukasi dari sekolah dan lembaga tertentu. Karena selain sebagai tempat hiburan, kita juga bisa sekaligus sambil belajar. Bisa menambah wawasan tentang hewan dan kecintaan tentang alam.

Sekian pembahasan tentang tempat wisata Taman Nasional Batimurung Maros yang berada di Sulawesi Selatan ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment