Cara Menggunakan Test Pack Alat Tes Kehamilan Yang Benar

Cara Menggunakan Test Pack Alat Tes Kehamilan Yang Benar

Bagi pasangan yang baru saja menikah dan belum pernah punya anak pasti banyak yang belum terlalu paham tentang cara menggunakan alas tes kehamilan. Hal ini bisa dimaklumi karena memang ini adalah kali pertama mereka menggunakan alat tes kehamilan.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menggunakan alat tes kehamilan yang biasa disebut dengan tespek atau test pack. Untuk melengkapi informasinya saya juga akan sedikit membahas tentang cara kerja alat tes kesehatan dan beberapa pembahasan penting lainnya.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Tahap Demi Tahap Proses Kehamilan

Apa Itu Test Pack/Tespek?


Test pack atau tespek adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan seseorang dengan menggunakan media air kencing. Dimana tespek tersebut memiliki zat kimia khusus yang sensitif dengan senyawa tertentu.

Cara Kerja Alat Pendeteksi Kehamilan


Cara Menggunakan Test Pack

Alat pendeteksi kehamilan atau tespek ada beberapa macam. Ada yang jenis elektrik dan ads yang berjenis stik sekali pakai. Cara kerja dari tespek sebenarnya sederhana, yaitu mendeteksi keberadaan hormon kehamilan yang bernama human chorionic gonadotropin (HCG).

Sesuai namanya, hormon ini hanya diproduksi saat seorang ibu sedang hamil. Hormon kehamilan ini diproduksi oleh oleh plasenta yang mulai berkembang di dinding rahim. Proses produksi hormon ini bertahap, awalnya sedikit lama-lama semakin banyak.

Pada minggu pertama kehamilan, jumlah hormon kehamilan ini akan meningkat secara signignifikan sampai dua kali lipat dua atau tiga hari. Sehingga semakin lama maka semakin jelas. Jika jumlah hormon HCG yang diproduksi masih terlalu sedikit biasanya masih belum terdeteksi oleh alat test pack kehamilan.

Oleh karena itu disaat beberapa minggu awal telat menstruasi kita disarankan untuk melakukan pengecekan dengan tespek beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Untuk tespek stik yang sekali pakai sebenarnya ada tanggal kadaluarsanya. Jadi saat kita membeli tespek stik sekali pakai maka kita harus jeli dalam memeriksa tanggal kadaluarsa. Tespek stik memiliki zat kimia khusus yang peka dan bereaksi jika bertemu dengan hormon human chorionic gonadotropin (HCG).

Jadi jika tespek sudah kadaluarsa maka zat kimia yang berada pada tespek tersebut sudah memudar dan hasil tesnya sudah tidak akurat lagi. Jika kita membeli tespek stik dan ternyata itu sudah kadaluarsa maka kita harus menukarnya, jangan menggunakan yang itu. Gunakanlah yang masih dalam kondisi baik dan memiliki tanggal kadaluarsa yang masih lama.

Cara Menggunakan Tespek Pendeteksi Kehamilan Yang Benar


Alat pendeteksi kehamilan ada beberapa jenis, dan secara teknis penggunaannya hampir sama. Setiap kita membeli tespek pendeteksi kehamilan pasti ada kemasannya yang berisi petunjuk penggunaannya. Cara penggunaannya adalah kita perlu memasukan urine kita pada waktu bangun tidur pagi pada sebuah wadah kecil. Lalu masukan test pack/tespek kehamilannya kedalam urine kita selama 5 sampai 10 detik.

Jika tespek mendeteksi adanya hormon HCG pada urine kita maka akan mengeluarkan tanda yang memberitahukan kepada kita.

Kita harus memastikan bahwa penggunaan tespek yang kita lakukan sudah benar. Karena ada beberapa tespek yang memiliki cara penggunaan yang agak berbeda. Bahkan ada yang perlu harus ditaruh dalam lemari pendingin dulu agar alat test pack ini bisa kita gunakan. Yang pasti cara penggunaan alat tes kehamilan sudah tertulis dengan jelas pada Kemasan pembungkusnya.

Ada beberapa hal yang dianjurkan untuk kita lakukan sebelum melakukan tes kehamilan dengan test pack. Sebelum melakukan tes kehamilan, kita dianjurkan untuk beristirahat dan mengurangi aktivitas sejak sehari sebelum melakukan pengetesan.

Hasil tes kehamilan dari test pack memang memiliki akurasi sampai 99%, namun sebaiknya kita juga harus menjaga diri kita agar menambah akurasi dari pengecekan kehamilan. Urine yang kita gunakan adalah uruine di pagi hari yang pertama kali keluar. Untuk hasil yang lebih meyakinkan sebaiknya kita jangan hanya melakukan pengetesan sekali saja. Kita dapat melakukan pengecekan kehamilan dengan test pack 2 sampai 3 kali pada hari yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan test pack kehamilan kita bisa membeli di apotek dengan bebas. Untuk yang murah saya sarankan menggunakan test pack strip sekali pakai yang harganya lebih murah. Untuk merk yang populer dan paling sering digunakan adalah merk Positif, Onemed, Sensitif, dan lain sebagainya.

Namun jika kita sudah merasakan tanda-tanda kehamilan secara jelas namun saat kita cek dengan test pack hasilnya tetap negatif maka kita harus pergi memeriksakan diri ke dokter. Kita harus memeriksanya dengan USG untuk memastikan isi janin di dalam rahim. Karena hasil dari USG bisa kita lihat secara langsung dan tentunya lebih akurat.

Nah Itulah pembahasan singkat tentang cara menggunakan test pack yang benar dan cara cek kehamilan dengan tespek.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment