10 Cara Unik Untuk Menyelamatkan Lingkungan Bumi Dari Pencemaran

10 Cara Unik Untuk Menyelamatkan Lingkungan Bumi Dari Pencemaran

Cara unik yang dilakukan untuk menyelamatkan Bumi dari pencemaran lingkungan. Saat kita ingin menyelamatkan Bumi dari masalah pencemaran lingkungan, sangat rumit sekali masalah yang harus kita selesaikan. Masalah pencemaran air sungai, polusi udara, kontaminasi air tanah, sampah plastik, limbah industri, kebiasaan masyarakat, dan masih banyak lagi.

Jika kita memikirkan hal tersebut maka seakan-akan kita tidak akan mampu jika harus memecahkan semua masalah-masalah tersebut. Namun sebenarnya kita tidak perlu berfikir terlalu berat dan mengatasinya sendiri, karena masalah-masalah tersebut tetap harus diselesaikan secara kolektif.

Kita hanya perlu melakukan bagian kita sendiri dan melakukan aksi umtuk menjaga kesehatan lingkungan semampu kita. Lakukan kebiasaan-kebiasan kecil yang tidak mengotori lingkungan seperti membuang sampah sembarangan, membatasi penggunaan kendaraan bermotor, membantu membersihkan sungai, dan sejenisnya.

Hal-hal kecil yang kita lakukan pasti akan bisa membantu mengurangi pencemaran lingkungan dan menjaga Bumi agar tetap asri. Bahkan banyak organisasi, perusahaan, ataupun lembaga yang juga memili kebijakan unik yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan menyelamatkan lingkungan.

Cara Unik Untuk Menyelamatkan Lingkungan Bumi Dari Pencemaran


1. Truk McDonald's Menggunakan Bahan Bakar Daur Ulang


McDonald's memiliki cara unik untuk membantu menjaga lingkungan, salah satunya adalah menggunakan minyak sisa menggoreng untuk membuat bahan bakar. Ya, sejak tahun 2007 McDonald's sudah memproduksi sendiri bahan bakar untuk kendaraan distribusinya dari limban minyak jelantah.

McDonald's mengumpulkan minyak goreng bekas dari berbagai restoran dan mengirimkannya ke fasilitas pemrosesan milik mereka. Bahan bakar daur ulang dari minyak goreng tersebut sudah mampu memebuhi kebutu bahan bakar kendaraan mereka sebesar 42%. Jumlah yang cukup banyak jika hal tersebut dilakukan setiap hari dari tahun 2007 sampai sekarang.

2. Pulau-Pulau Di Tokyo Yang Dibangun Dari Sampah



Di negara Jepang khususnya Tokyo, kebersihan
adalah masalah yang tidak terlalu sulit diatasi karena masyarakatnya yang disiplin. Di setiap tempat pasti sudah disediakan tempat sampah yang terdiri dari berbagai jenis, tergantung jenis sampah yang dibuang.

Sampah-sampah tersebut selanjutnya dibakar dengan alat khusus sehingga abu dan gas buangnya sudah difilter. Sehingga aman saat gas sisa pembakaran dibuang ke atmosfer. Abu-abu sisa pembakaran selanjutnya digunakan untuk campuran pembuatan aspal dan beton. Bahkan ada sampah-sampah yang digunakan untuk membuat pulau terapung.

3. Pipa Air Yang Diberi Turbin Air Di Portland



Di Portland, ada sebuah perusahaan yang menggunakan turbin air pada pipa air untuk menghasilkan energi listrik. Perusahaan tersebut bernama LucidEnergy yang memang mempunyai ide penambahan turbin air di pipa air untuk menghemat energi. Mereka memperkirakan bahwa turbin air tersebut jika bekerja selama 20 tahun maka akan menghasilkan energi listrik yang seharga $2 juta.

4. Menggunakan Air Laut Sebagai Pengganti Air Tawar Di Hong Kong


Hong Kong adalah negara yang memiliki jumlah air tawar yang sangat terbatas. Jadi sangat tidak memungkinkan jika semua kebutuhan air hanya dicukupi dengan air tawar saja. Maka dari itu pemerintah Hong Kong membuat sistem pembuangan limbah terpisah yang hanya menggunakan air laut.

Limbah air laut tersebut berasal dari air toilet yang memang sudah diganti menggunakan air laut untuk keperluan buang air. Kebijakan ini tampaknya cukup efektif untuk menghemat banyak penggunaan air tawar di negara Hong Kong.

5. Membayar Ongkos Bus Dengan Sampah Di Surabaya


Seperti yang dilansir oleh postingan Suroboyobus, di Surabaya kita bisa menaiki transportasi umum hanya dengan membawa botol plastik. Sampah botol plastik yang kita bawa adalah sebagai pengganti uang untuk membayar ongkos naik bus. Cara ini sangat efektif digunakan untuk membersihkan sampah sekaligus memilah sampah botol plastik di lingkungan.

Berita ini ternyata cukup viral dan menyebar sampai ke luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya para turis yang penasaran dan ingin mencoba naik bus dengan bermodalkan sampah botol plastik. Mereka berasal dari negara-negara seperti India, Republik Ceko, Portugal, Spanyol, dan Rumania.

6. Perusahaan Yang Menyerap Gas CO2 di Swiss



Di Swiss ada sebuah pabrik yang setiap hari menyerap gas CO2 dalam jumlah yang besar dari udara. Perusahaan yang terletak di dekat Zurich ini bernama Climeworks. Gas CO2 atau karbon dioksida yang diserap dari atmosfer selanjutnya digunakan untuk menanam sayur dan digunakan dalam produksi soda.

Perusahaan ini mempunyai target untuk menyerap 900 ton karbon dioksida dari atmosfer setiap tahunnya. Bisa kita bayangkan berapa besar polusi udara yang dikurangi oleh perusahaan ini. Semoga saja banyak perusahaan lain di seluruh dunia yang mengikuti jejak Climeworks.

7. Mayo Kadaluarsa Diubah Menjadi Energi


Dilansir dari Cole Gude di kampus Universitas Michigan ada sebanyak 4.700 liter mayo kadaluarsa. Mereka mengolah mayo kadaluarsa tersebut menggunakan alat digester anaerob. Mesin ini adalah mesin yang biasanya digunakan untuk membersihkan air limbah industri.

Reaksi kimia dari mayo yang diproses akan menghasilkan biogas, dimana biogas tersebut dapat diubah menjadi energi panas dan listrik. Energi hasil pengolahan mayo kadaluarsa ini disalurkan dan digunakan di peternakan terdekat.

8. Relawan Membersihkan Pantai Dan Mengundang Kura-Kura


Afroz Shah adalah seorang pengacara dari Mumbai, India. Dia berhasil menggerakan banyak orang untuk bersama-sama membersihkan Pantai Versova dari sampah. Sampah-sampah yang terkubur di pantai ini sangatlah banyak, mencapai 11 juta pon.

Saking banyaknya sampah yang terkubur, untuk membersihkannya membutuhkan waktu sekitar 86 minggu. Setelah melakukan pembersihan selama 86 minggu, Pantai Versova menjadi benar-benar bersih. Bahkan kura-kura laut kembali datang dan bertelur di situ setelah 20 tahun tidak pernah datang.

9. Perusahaan E6PR Membuat Kemasan Biodegradable



Perusahaan E6PR membuat sebuah cincin untuk kaleng bir yang bisa terurai secara alami, bahkan dapat menjadi sumber makanan bagi burung dan kehidupan di laut. Cincin plastik di sekitar kaleng bir dan minuman lainnya adalah salah satu sumber polusi plastik terbesar di lautan saat ini.

10. Menukar Sampah Dengan Tiket Film Dan Konser


Di Moskow ada proyek yang bernama Art for the Environment, dimana dalam proyek tersebut mengeluarkan kebijakan yang memungkinkan kita untuk membeli tiket dengan sampah. Tiket yang bisa kita beli dengan menggunakan sampah antara lain tiket teater, tiket konser, tiket museum, dan tiket bioskop.

Itulah beberapa cara unik yang dilakukan untuk menyelamatkan Bumi dari pencemaran lingkungan. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment