8 Ciri Makhluk Hidup Beserta Pengertian Dan Penjelasan

8 Ciri Makhluk Hidup Beserta Pengertian Dan Penjelasan

Mengetahui ciri-ciri makhluk hidup bertujuan agar kita bisa membedakan atau mengidentifikasi benda-benda di sekitar kita apakah termasuk makhluk hidup atau benda mati. Untuk materi mengenai ciri-ciri makhluk hidup masuk dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam bab Klasifikasi Makhluk Hidup.

Secara garis besar ciri-ciri makhluk hidup adalah berbapas, memerlukan makanan, bergerak, tumbuh betkembang, berkembang biak (reproduksi), peka terhadap rangsangan atau iritabilitas, dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dengan mengetahui ciri-ciri diatas kita akan bisa membedakan mana makhluk hidup dan mati.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup


Ciri makhluk hidup

1. Bernapas


Setiap makhluk hidup termasuk kita akan selalu bernapas. Bernapas adalah menghirup oksigen lalu kita keluarkan lagi dalam bentuk karbon dioksida. Kita dapat merasakan kebutuhan bernapas dengan cara menahan untuk tidak menghirup udara selama beberapa saat. Nanti kita akan merasakan lemas sebagai tanda kekurangan oksigen.

Namun ada juga makhluk hidup yang berbafas namun tidak membutuhkan oksigen. Contohnya adalah makhluk yang melakukan fotosintesis. Mereka malah membutuhkan karbon dioksida untuk membuat makanan. Ciri-ciri makhluk hidup yang melakukan fotosintesis adalah memiliki klorofil. Contoh yang paling mudah adalah pepohonan.

2. Memerlukan Makanan dan Minuman


Untuk beraktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Tetapi dari manakah energi tersebut diperoleh? Untuk memperoleh energi
tersebut, makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman. Kita ambil contoh sel-sel tubuh kita yang menjadi penyusun tubuh. Agar sel-sel tersebut dapat hidup dan dapat bekerja, tentu membutuhkan nutrisi yang kita dapatkan dari makanan.

Tanpa makanan, sel-sel kita akan mati. Bahkan jika kita makan dalam porsi yang kurang maka tubuh kita akan terasa lemas karena sel-sel kita kekurangan makanan. Jadi dapat kita simpulkan bahwa semua makhluk hidup pasti membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup. Sedangkan minuman berfungsi agar proses metabolisme tubub bisa berjalan dan tubuh tidak kekurangan cairan.

3. Bergerak


Kita dapat berjalan, berlari, berenang, menggerakkan tangan, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan salah satu ciri makhluk hidup yang dapat bergerak. Tubuh kita dapat melakukan
aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas pada tubuh kita terdiri dari tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.

Namun bukan berarti yang bisa bergerak pasti makhluk hidup. Makhluk hidup adalah yang mampu bergerak dengan sendirinya atau berasal dari energinya sendiri. Benda yang bergerak karena faktor luar seperti sentuhan, tiupan angin, terpaan aliran air, dorongan medan magnet, dan sejenisnya tidak termasuk makhluk hidup.

4. Tumbuh dan Berkembang


Coba perhatikan tubuh kita, pasti tinggi dan berat badan kita sekarang berbeda dengan dulu waktu kita masih kecil. Hewan juga mengalami hal
yang sama. Kupu-kupu bertelur, telur tersebut menetas menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, kepompong berubah bentuk menjadi
kupu-kupu muda, dan akhirnya menjadi kupu-kupu dewasa.

Begitu juga dengan tubuhan, pasti mengalami pertumbuhan seiring dengan berjalannya waktu. Mulai dari biji, tunas, menjadi pohon kecil, lalu semakin lama akan meninggi sampai akhirnya mati. Mati adalah ujung dari pertumbuhan.

5. Berkembang Biak (Reproduksi)


Sebagai contoh, kita lahir dari ayah dan ibu, ayah dan ibu kita  masing-masing juga mempunyai orang tua yang kita panggil kakek dan nenek. Begitu seterusnya. Kemampuan
makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang biak. Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunannya
agar tidak punah.

6. Peka terhadap Rangsang (Iritabilitas)


Bagaimanakah reaksi kita jika tiba- tiba ada sorot lampu yang sangat terang menyinari mata kita? Tentu secara spontan mata akan segera menutup. Dari contoh di atas menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsang yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsang disebut
iritabilitas.

7. Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungan


Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut adaptasi. Contohnya tumbuhan yang hidup di tempat kering memiliki daun yang sempit dan tebal yang bertujuan untuk mengurangi penguapan dan menyimpan cadangan air, sedangkan tumbuhan yang hidup di tempat lembab memiliki daun lebar dan tipis.

8. Mengeluarkan Zat Sisa


Setiap makluk hidup pasti mengeluarkan zat sisa dimana zat sisa ini berasal dari sisa proses metabolisme atau pengolahan makanan. Misalnya hewan mengeluarkan kotoran dan tumbuhan yang mengeluarkan zat sisa dari proses fotosintesis yang berupa gas oksigen.

Itulah beberapa ciri makhluk hidup yang bisa kita amati dan pelajari untuk mengidentifikasi benda di sekitar kita.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment