18 Manfaat Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Sains

18 Manfaat Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Sains

Ilmu adalah sebuah hal yang sangat penting, vital, dan sangat mempengaruhi kehidupan. Ilmu pengetahuan adalah sebuah keadaan dimana kita mengetahui sebuah pengetahuan yang sistematis pada suatu bidang tertentu. Dimana dalam sebuah ilmu secara utuh memiliki cabang-cabang bidang ilmu yang beragam.

Salah satunya adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari seluk beluk tentang alam secara fisik (fisika), kimia, biologi, dan geologi. Dimana sub Ilmu Pengetahuan Alam diatas masih dipecah lagi menjadi bagian-bagian disiplin ilmu lain yang lebih spesifik yang secara umum disebut sebagai cabang IPA.

Sedangkan IPA masih dalam cakupan Sains, dimana Sains juga membahas ilmu IPA namun lebih luas, sampai tak terbatas jangkauannya. Kita ambil contoh saja ilmu astronomi yang membahas tentang dunia di luar bumi.

Itu hanyalah pembahasan singkat sebagai pembuka saja dimana pembahasan tersebut masih dalam persepektif yang dangkal. Mari kita kupas satu persatu manfaat mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Sains.

Manfaat Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam dan Sains



1. Mengetahui Tentang Dunia Tempat Kita Tinggal


Dengan mempelajari IPA dan Sains kita dapat mengetahui hal-hal ataupun fakta tentang dunia tempat kita tinggal. Dengan mempelajari IPA kita bisa mengetahui dunia kita yang setiap hari berinteraksi dengan kita. Kita bisa tahu bahwa tempat kita berpijak adalah tanah, dimana tanah ini berada di sebuah planet bernama Bumi.

Dari pengetahuan awal tersebut kita bisa menggali informasi lain yang lebih dalam seperti struktur geologi tanah, struktur lapisan tanah, struktur atom tanah, dan masih banyak lagi. Kita bisa menggali pengetahuan tersebut dan memperluasnya hingga tidak terbatas. Seperti prinsip IPA, semakin kita pelajari maka kita semakin merasa tidak tahu.

2. Bisa Mengontrol Perilaku dan Hidup


Dengan mengetahui dunia tempat kita tinggal melalui IPA kita bisa lebih mengontrol perilaku hidup. Kita bisa tahu apa yang harus dilakukan agar bisa hidup dengan aman, dan apa yang harus dihindari agar kita tidak mendapatkan sesuatu yang buruk.

Misalnya jika kita tahu bahwa tanah di suatu tempat tidak stabil maka kita bisa mengurungkan niat untuk membangun rumah di tempat tersebut. Kita bisa mempertimbagkan akibat jangka pendek dan jangka panjang jika kita membangun rumah di tempat yang tanahnya labil. Tanah yang tidak stabil jika dibangun rumah maka tidak akan awet.

Rumah akan mudah rusak dan hancur karena tanah yang selalu bergerak akan menghancurkan beton diatasnya. Dari sini dapat kita bayangkan bahwa kita tidak pernah mempelajari IPA dan membangun rumah diatas tanah tidak stabil, pasti kita akan rugi secara materi maupun bahaya dari segi keselamatan.

3. Mempermudah Kehidupan


Tidak dapat kita pungkiri bahwa IPA dan Sains adalah faktor pokok yang membuat peradaban msnusis menjadi maju seperti ini. Prinsip-prinsip fisika yang terlihat sepele seperti pesawat sederhana, ilmu dasar reaksi kimia, ilmu goelogi, ilmu sifat unsur alam, dan ilmu lainnya jika ditetapkan dalam kehidupan bisa menpermudah kita.

Misalnya kita bisa membangun bangunan tinggi yang kokoh dan bisa bertahan lama, kita pasti memerlukan perhitungan dan pertimbangan yang kompleks. Mulai dari mencari tempat yang tanahnya stabil, mencari bahan bangunan yang memiliki kekuatan yang bagus, mencari bahan struktur yang tahan pelapukan, dan masih banyak lagi pertimbangan yang lain termasuk cara membangunnya.

Tanpa Ilmu Pengetahuan Alam dan Sains maka kita tidak akan pernah bisa sampai seperti itu. Tidak usah terlalu tinggi, kita cari contoh yang paling sederhana saja. Memotong kertas, mebcabut paku, dan menimba air, itu semua bisa kita lakukan dengan mudah karena memanfaatkan ilmu fisika.

4. Meningkatkan Kemampuan Intelektual


Intelektual atau kemampuan intekektual adalah istilah yang menjelaskan tentang kemampuan diri kita untuk berfikir dalam segala hal. Atau yang lebih kits kenal dengan istilah IQ. Dengan mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam IQ kita bisa meningkat karena otak kita mendapatkan ribuan data-data pengetahuan baru dan hukum-hukum di dunia ini.

Yang saya maksud hukum disini adalah hukum fisika, reaksi kimia, sifat bahan, dan sebab akibat. Dengan banyaknya data-data yang masuk ke dalam otak kita maka efeknya adalah kemampuan intekektual kita meningkat seperti kemampuan penalaran, kemampuan memprediksi, merencanakan, memecahkan masalah, mudah menangkap hal baru, dan masih banyak lagi.

5. Penalaran Logis


Dengan mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam, khususnya hukum fisika, hukum kimia, hukum alam, dan hukum sebab akibat lainnya maka akan merangsang otak kita untuk berpikir logis. Kita dapat mempertibangkan jika kita melakukan suatu tindakan maka apa yang akan kita terima sudah dapat kita ketahui. Begitu juga sebaliknya, untuk mendapatkan suatu hasil, kita dapat mempertimbangkan apa usaha yang harus kita lakukan.

Itu adalah 5 manfaat mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Sains. Yang saya sebutkan diatas hanya beberapa contoh saja, masih banyak manfaat lain yang tidak bisa saya sebutkan semuanya.

Contoh lain manfaat mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam dan Sains adalah:
  • Kemampuan berfikir kritis.
  • Membuat dan meneliti sebuah hipotesis.
  • Menghasilkan pemikiran dan penemuan baru.
  • Menemukan keindahan alam semesta.
  • Membuka pintu penelitian.
  • Bertemu orang-orang baru sesama penyuka Sains.
  • Dapat menyusun struktur fundamental berdasarkan Sains.
  • Memahami cara kerja dunia.
  • Menemukan sebuah solusi pada suatu masalah.
  • Memecahkan misteri alam.
  • Mendapatkan pengetahuan secara sistematis.
  • Membuat hidup lebih mudah dan lebih baik.
  • Membuat kita lebih bersyukur terhadap apa yang kita punya dan apa yang Tuhan berikan kepada kita.

Sekian pembahasan singkat tentang manfaat mempelajari IPA dan Sains. Saya hanya menyebutkan seperlunya saja, karena tidak akan pernah selesai jika saya menyebutkan semuanya.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment