7 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

7 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Sebagai pengguna HP Android kita tidak jarang mengalami beberapa kendala seputar aplikasi. Jika kita mengalami masalah pada aplikasi Android maka yang sering kita lakukan adalah dengan melakukan update aplikasi atau menginstall ulang aplikasi yang bermasalah tersebut.

Cara paling mudah adalah memanfaatkan aplikasi bawaan dari sistem Android, yaitu Google Play Store. Namun jika yang bermasalah adalah aplikasi Google Play Store kita akan sedikit kerepotan karena harus mendownload aplikasi dari website penyedia aplikasi Android lain yang tidak selalu kompatibel dengan perangkat Android kita.

Misalah yang sering terjadi adalah Google Play Store tidak bisa digunakan, Google Play Store tidak bisa dibuka, dan Google Play Store tidak bisa mendownload aplikasi. Semua jenis smartphone baik dari Asus, Acer, Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, Samsung, Xperia, maupun yang lainnya rata-rata memiliki masalah dan cara mengatasi yang sama.

Penyebab Google Play Store tidak bisa mendownload aplikasi sangat beragam, bisa dari pihak server Google Play Store maupun masalah dari perangkat Android kita. Jika agan mengalami masalah pada aplikasi Google Play Store, agan bisa mencoba mengatasinya sendiri. Saya akan memberikan berbagai cara mengatasi Google Play Store yang tidak bisa mendownload aplikasi maupun tidak bisa dibuka.

Agan bisa mencobanya satu persatu karena saya akan memberikan cara-cara untuk mengatasinya berdasarkan masalah-masalah yang mendasarinya.

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi dan Tidak Bisa Berfungsi



1. Mencari Penyebab Masalah dari Google Play Store


Kita harus mencati tahu dulu penyebab dari Google Play Store yang tidak bisa kita gunakan. Kita harus mencari tahu apakah yang bermasalah adalah perangkat kita atau memang server dari Google Play Store yang bermasalah. Untuk mengecek server dari Google Play Store apakah bermasalah atau tidak, kita bisa memanfaatkan situs checker seperti Downdetector. Untuk lebih mudahnya agan bisa mengunjungi tautan dibawah ini.


Jika server Google Play Store dalam keadaan baik berarti dapat kita simpulkan bahwa masalah berasal dari perangkat kita, baik itu masalah jaringan maupun masalah lainnya. Kita bisa mengetahui sumber masalahnya dengan melihat kode error yang muncul di Google Play Store. Setiap kode memiliki arti dan penjelasan sumber masalanya. Selanjutnya kita bisa memperbaiki masalah tersebut.

Baca juga: Arti Kode Error Google Play Store Dan Cara Mengatasinya

2. Memeriksa Pengaturan Waktu dan Tanggal


Setiap kita mengakses server Gps, sistem Google akan memeriksa waktu dan tanggal di perangkat Android kita. Jika sistem Google tidak menemukan waktu dan tanggal yang valid maka Google akan kesulitan dalam melakukan sinkronisasi. Efeknya layanan Google Play Store akan kesulitan untuk beroprasi.

Jadi pastikan kita telah mengatur sistem waktu dan tanggal di perangkat Android kita dengan benar. Karena hal tersebut sangat berpengaruh dengan kinerja layanan Google.

3. Memeriksa Koneksi Internet 


Ini adalah hal yang dasar dan kelihatan sepele namun sangat vital. Kita tidak akan bisa mengakses layanan Google Play Store jika koneksi internet kita bermasalah. Jadi pastikan koneksi internet kita dalam keadaan menyala dan berfungsi dengan normal.

4. Periksa Aplikasi Google Play Store


Jika aplikasi Google Play Store bermasalah, langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan memberhentikan aplikasi tersebut, membersihkan file cache, atau menghapus data aplikasi. Cara melakukannya cukup mudah, kita hanya perlu masuk ke Pengaturan >> Aplikasi >> Google Play Store.

Biasanya dengan membersihkan aplikasi tersebut bisa langsung berfungsi dengan normal seperti sedia kala. Namun jika masih belum berhasil kita bisa melakukan cara selanjutnya.

5. Update Aplikasi Google Play Store


Versi aplikasi Google Play Store yang terlalu usang memang sudah tidak bisa berfungsi lagi. Kita harus memperbaruinya ke versi yang terbaru agar bisa berjalan lagi. Jadi mencoba memperbarui aplikasi Google Play Store adalah hal yang saya anjurkan jika aplikasi Google Play Store yang agan gunakan adalah versi lama.


Silakan agan download aplikasi Google Play Store versi terbaru melalui link diatas dan instal di perangkat agan. Jika hal tersebut belum berhasil agan bisa mencoba cara selanjutnya.

6. Hapus Data dan Cache Layanan Google Play (Google Play Services)


Ada kemungkinan bahwa masalah yang menyebabkan aplikasi Google Play Store tidak bisa berfungsi dengan baik berasal dari aplikasi Layanan Google Play atau jika perangkat Android kita menggunakan bahasa Inggris maka aplikasi ini bernama Google Play Services.

Layanan Google Play ini bisa dibilang adalah aplikasi inti dari sistem Android. Tanpa Layanan Google Play, Android kita tidak akan bisa berfungsi dengan normal.

Layanan Google Play adalah sebuah aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem yang memungkinkan aplikasi lain untuk bisa mengakses berbagai bagian perangkat Android kita, memungkinkan mereka untuk melakukan sinkronisasi, melakukan push notifications, dan lain sebagainya.

Untuk menghapus data dan cache aplikasi Layanan Google Play, kita hanya perlu masuk ke Pengaturan >> Aplikasi >> Layanan Google Play. Selanjutnya kita hanya perlu melakukan pembersihan cache dan data aplikasi.

7. Update Aplikasi Layanan Google Play


Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, aplikasi versi terbaru adalah versi aplikasi yang paling bagus. Karena aplikasi versi terbaru adalah yang paling stabil, minim bug, dan juga memiliki support penuh. Bahkan jika aplikasi Layanan Google Play yang kita pakai terlalu usang maka aplikasi ini tidak bisa berfungsi.

Efeknya adalah banyak aplikasi-aplikasi Android lain yang tidak bisa kita gunakan, termasuk aplikasi Google Play Store. Jadi pastikan kita menggunakan aplikasi Layanan Google Play yang paling baru. Agan bisa mendownload aplikasi Layanan Google Play versi terbaru melalui link dibawah ini.


Jika aplikasi Layanan Google Play yang didownload melalui link diatas tidak kompatibel dengan perangkat Android yang agan gunakan, agan bisa mendownload aplikasi Layanan Google Play versi lain di internet. Karena tidak semua perangkat Android memiliki kompatibilitas yang sama.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi Google Play Store tidak download aplikasi maupun tidak bisa dibuka. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment