Cara Memeriksa Amilase Dalam Darah Untuk Cek Penyakit Pankreas

Cara Memeriksa Amilase Dalam Darah Untuk Cek Penyakit Pankreas

Apa itu tes amilase dalam darah?
Tes darah amilase adalah suatu tes untuk mengukur jumlah amilase dalam darah seseorang. Kadar amilase yang abnormal dapat mengindikasikan pankreatitis atau masalah lain dengan pankreas.

Amilase adalah enzim pencernaan yang membantu tubuh memecah karbohidrat . Baik kelenjar ludah dan pankreas menghasilkan amilase. Beberapa kondisi medis yang berbeda dapat memengaruhi kadar amilase dalam darah. Dokter juga dapat menggunakan tes urin untuk memeriksa kadar amilase seseorang.

Pada artikel ini saya akan membahas kondisi yang mungkin didiagnosis oleh dokter menggunakan tes darah amilase dan menjelaskan cara mempersiapkan tes. Saya juga akan membahas tentang kisaran amilase normal dan apa arti level tinggi dan rendah.

Kanker pankreas, amilase darah, pankreatitis

Kapan Tes Amilase Dalam Darah Dilakukan?


Berbagai kondisi medis dapat memengaruhi kadar amilase dalam darah. Penghasil utama amilase dalam tubuh adalah pankreas dan kelenjar ludah di mulut. Sekitar 40 persen amilase dalam darah berasal dari pankreas, yang berarti bahwa tes darah amilase dapat membantu mendiagnosis kondisi yang memengaruhi pankreas.

Jadi dokter akan melakukan tes amilase dalam darah disaat ingin memeriksa kondisi pankreas. Dokter menggunakan tes darah amilase untuk mendiagnosis atau memantau kondisi berikut ini:

Pankreatitis (Radang Pankreas)


Dokter biasanya menggunakan tes darah amilase untuk mendiagnosis atau memantau orang dengan pankreatitis akut.

Pankreatitis adalah radang pankreas. Pankreatitis dapat bersifat akut, artinya seseorang memiliki kondisi untuk jangka pendek, atau kronis, yang berarti peradangan bersifat jangka panjang atau berulang. Pankreatitis dapat menyebabkan sakit perut yang parah dan pembengkakan. Gejala lain yang ditimbulakan antara lain:
  • Mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Diare
  • Demam
  • Penyakit kuning

Untuk membantu mendiagnosis pankreatitis, dokter dapat meminta tes darah amilase. Kadar amilase yang tinggi atau rendah secara abnormal dalam darah dapat menjadi tanda bahwa seseorang menderita pankreatitis.

Tes-tes lain untuk pankreatitis mungkin termasuk:
  • Tes seperti CT scan , MRI scan , atau ultrasound. Tes-tes ini akan mencitrakan gambar bagian dalam tubuh sehingga memungkinkan dokter untuk mencari tanda-tanda peradangan dan menentukan tingkat keparahannya.
  • Tes darah lipase. Pankreas juga menghasilkan enzim pencernaan yang disebut lipase. Kadar lipase yang abnormal juga bisa menjadi tanda pankreatitis.

Kanker Pankreas


Menurut American Cancer Society (ACS), ada hubungan antara pankreatitis kronis dan peningkatan risiko terkena kanker pankreas, terutama pada orang yang merokok. Namun ACS juga menyatakan bahwa sebagian besar individu dengan pankreatitis tidak mengalami sakit kanker pankreas.

Tes amilase dan lipase berguna dalam mendiagnosis atau memantau tumor dan kanker yang memengaruhi pankreas.

Kanker Ovarium


Beberapa studi kasus menunjukkan adanya hubungan potensial antara kadar amilase yang lebih tinggi dari normal, terutama pada saliva, dan tumor ovarium.

Kanker Paru-Paru


Dua studi kasus menunjukkan bahwa mungkin ada hubungan antara kadar amilase yang tinggi dalam darah dan kanker paru-paru. Oleh karena itu, memeriksa kadar amilase seseorang dapat membantu dokter mendiagnosis dan memantau kanker paru-paru.

Kondisi Lain


Kondisi dan faktor lain yang dapat memengaruhi kadar amilase dalam darah antara lain:
  • Masalah kantong empedu
  • Kista atau luka pankreas
  • Masalah pencernaan
  • Masalah ginjal
  • Habis menjalani transplantasi ginjal
  • Radang usus buntu
  • Gondong, yang merupakan infeksi kelenjar ludah
  • Ketoasidosis diabetikum
  • Gangguan makan
  • Kehamilan
  • Obat tertentu

Cara Mempersiapkan Tes Amilase Dalam Darah


Biasanya tidak perlu berpuasa atau membuat persiapan khusus sebelum melakukan tes darah amilase. Namun, beberapa obat dapat meningkatkan kadar amilase, yang dapat membuat hasil tes sulit ditafsirkan.

Seorang dokter dapat merekomendasikan untuk sementara waktu menghentikan obat-obatan tertentu sebelum tes, jadi penting untuk memberi tahu dokter tentang obat atau suplemen yang kita konsumsi saat ini. Selain itu konsumsi minuman beralkohol juga harus dihentikan saat sebelum melakukan tes.

Proses Tes Amilase Dalam Darah


Tes darah amilase adalah tes darah rutin. Seorang dokter profesional akan membersihkan area kecil dari kulit orang yang akan dites dan kemudian memasukkan jarum untuk mengambil sampel darah. Prosedur ini biasanya hanya memakan waktu beberapa menit. Mereka kemudian akan mengirim sampel ke laboratorium untuk dianalisis.

Jumlah Amilase Normal


Tingkat amilase normal bervariasi dari orang ke orang dan sesuai dengan metode pengujian laboratorium. Namun, banyak laboratorium mempertimbangkan tingkat amilase seseorang untuk disebut sehat jika kandungan amilase dalam darah mereka berkisar antara 19 unit per liter (U/L) hingga 86 unit per liter (U/L).

Kadar Amilase Level Tinggi


Kadar amilase tinggi biasanya merupakan tanda pankreatitis akut atau kronis. Pankreatitis akut dapat menyebabkan kadar amilase menjadi empat hingga enam kali lebih tinggi dari batas atas kisaran normal.

Kadar Amilase Level Rendah


Pankreatitis kronis dapat merusak pankreas seiring waktu, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan jumlah amilase dalam darah.

Kadar amilase yang rendah dalam darah juga bisa menjadi pertanda:
  • Kanker pankreas
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • Cystic fibrosis
  • Preeklampsia selama kehamilan

Sekian pembahasan tentang tes amilase dalam darah yang berfungsi untuk memeriksa keadaan pankreas. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment