10 Kapal Hantu Misterius Paling Terkenal Di Dunia

10 Kapal Hantu Misterius Paling Terkenal Di Dunia

Di dunia ini masih terdapat jutaan misteri yang belum bisa kita temukan jawabannya. Namanya juga manusia, kekuatan dan kemampuan berfikirnya sangat terbatas. Salah satu tempat di Bumi yang belum banyak dijelajahi adalah lautan dan isinya. Masih banyak fenomena yang belum bisa dijelaskan secara logika keilmuan.

Termasuk kisah misteri kapal-kapal yang kono dikabarkan berhantu. Dalam dunia maritim sudah tidak terhitung mitos-mitos atau kabar tentang adanya kapal berhantu misterius. Kapal-kapal ini dikabarkan berlayar dilaut seperti kapal-kapal pada umumnya. Kisah-kisah ini telah dituturkan sejak berabad-abad yang lalu oleh para pelaut, nelayan, dan pemancing ikan.

Kapal-kapal tersebut terlihat muncul di perairan dan kadang menghilang begitu saja. Kondisinya sunyi tanpa awak kapal dan terapung begitu saja ditengah hamparan ombak. Namun mitos kapal-kapal hantu ini tidak hanya berasal dari jaman dahulu, ada beberapa kapal hantu misterius yang muncul belum lama di jaman modern ini.

Berikut ini adalah kisah kapal hantu misterius paling terkenal di dunia yang masih banyak dipercaya sampai sekarang.

Kisah Kapal Hantu Misterius Paling Terkenal Di Dunia


1. Flying Dutchman



Kisah misteri kapal hantu Flying Dutchman sudah dititurkar dari mulut ke mulut sejak jaman dahulu. Saya yakin agan juga pernah mendengar nama ini, karena di kartun Spongebob Squarepants juga terdapat karakter kapal hantu bernama Flying Dutchman.

Flying Dutchman adalah sebuah kapal yang ditakdirkan untuk berlayar di lautan selama-lamanya dan tidak akan pernah bisa menyentuh daratan. Kisah kapal ini Belanda pertama kali muncul pada abad ke-17 dan dikisahkan sebagai kapal yang dikutuk.

Banyak laporan yang mengatakan bahwa kapal Flying Dutchman sering terlihat berlayar di sekitar Tanjung Harapan saat sedang ada badai. Kapal ini berlayar diatas air laut yang penuh dengan kabut tebal. Banyak yang mengaitkan penampakan kapal Flying Dutchman dengan nasib buruk. Kapal yang bertemu dengan Flying Dutchman akan mengalami musibah ataupun tragedi kematian.

Salah satu laporan tentang kapal ini adalah laporan oleh Kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang bernama HMS Bacchante. Salah seorang kru kapal HMS Bacchante melaporkan telah melihat kapal hantu Flying Dutchman di perairan Australia sekitar jam 4 pagi. Salah satu penumpang dari kapal HMS Bacchante adalah Pangeran George V. Kru kapal yang melaporkan melihat kapal hantu tersebut meninggal dunia karena terjatuh dari menara pengawas.

2. Mary Celeste



Salah satu kisah kapal hantu yang paling terkenal adalah Mary Celeste. Kisah ini bisa dibilang merupakan laporan resmi, bukan hanya dari mulut ke mulut. Mary Celeste adalah kapal kargo barang yang pada tanggal 5 November 1872 mempunyai tugas untuk membawa 1.701 barel alkohol dari New York menuju Genoa, Italia. Kapal ini dipimpin oleh Kapten Benjamin Briggs dengan kru yang berpengalaman.

Pada tanggal 5 Desember 1872 kapal ini ditemukan terapung-apung di Samudera Atlantik. Namun yang aneh adalah kapal ini ditemukan tanpa ada seorang pun di sana dan kapal dalam keadaan yang baik, posisi layar masih naik, barang-barang pribadi para kru masih utuh, dan muatan kargo alkohol lebih dari 1500 barel juga masih utuh.

Yang hilang hanyalah sebuah sekoci dan semua krunya. Sampai sekarang tidak diketahui kemana perginya orang-orang tersebut dan peristiwa apa yang menimpa kapal ini. Banyak yang berteori bahwa kapal ini terkena badai dan diserang oleh para perompak. Tapi kalau terkena badai kenapa kapal tidak rusak? Terus jika terkena badai, kemana perginya para kru kapal? Jika diserang oleh perompak, kenapa harta yang ada di kapal masih utuh juga?

Sampai sekarang misteri tentang kapal Mary Celeste belum terjawab. Bahkan ada yang berspekulasi bahwa ini adalah ulah para alien. Mereka menculik para kru kapal dan dibawa ke tempat mereka. Lagi-lagi pendapat ini juga belum bisa dibuktikan. Teori yang paling masuk akal adalah bahwa para kru kapal pergi dengan sekoci karena terjadi masalah teknis dengan kapal.

3. Lady Lovibond



Kisah cinta, kecemburuan, dan pengkhianatan melengkapi kisah kapal berhantu ini. Kisah kapal ini bermula pada tanggal 13 Februari 1748 ketika kapal Lady Lovibond mulai berlayar meninggalkan pelabuhan Kent, Inggris menuju Oporto, Portugal. Konflik utama dari kisah ini adalah antara Kapten Kapal dan Wakil Kapten Kapal.

Pada pelayaran ini sang Kapten Kapal yang benama Simon Reed berlayar membawa istrinya karena dia baru saja menikah dan sekaligus menggunakan momen ini untuk perayaan bulan madu mereka. Namun masalahnya Wakil Kapten Kapal yang benama John Rivers juga menyukai istri Simon Reed yang bernama Annetta.

Annetta adalah seorang yang cantik, melihat dia bersama Simon Reed, John Rivers terbakar api cemburu. Sehingga dia mempunyai sebuah rencana untuk membunuh seluruh kru kapal yang berlayar, termasuk Simon Reed dan Annetta.

Menurut laporan, kapal ini muncul setiap 50 tahun sekali pada tanggal yang sama. Pada tanggal 13 Februari 1798 Kapten Kapal Edenbridge bernama James Westlake melaporkan telah melihat Lady Lovibond. Dia mengatakan bahwa dari kapal tersebut terdengar seperti ada perayaan yang meriah, baru setelah itu kapal Lady Lovibond hancur.

50 tahun setelah itu penduduk lokal disana juga mengabarkan telah melihat Lady Lovibond. Setiap 50 tahun sekali kapal ini selalulu muncul, namun entah kenapa kapal ini terakhir muncul pada tahun 1948 dan setelah itu tidak pernah muncul kembali sampai sekarang.

4. MV Joyita



MV Joyita awalnya adalah sebuah kapal pesiar mewah. Namun selama perang dunia ke II kapal ini malah digunakan sebagai kapal patroli di sekitar Hawaii. Pada tahun 1955 sebuah kapal nelayan menemukan kapal MV Joyita dalam keadaan terombang ambing di laut tanpa kru di Pasifik Selatan.

5 minggu sebelum penemuan ini sebenarnya MV Joyita sedang ada pelayaran dari Samoa ke kepulauan Tokeau. Sebelum melakukan perjalanan ada sedikit kendala yaitu ada masalah pada kopling mesin kapal. Namun entah kenapa kerusakan ini tidak diperbaiki dan kapal MV Joyita tetap berlayar dengan satu mesin.

Normalnya perjalanan ini memakan waktu tidak sampai 2 hari, namun saat ditunggu pada hari ke-3 tetap belum sampai.  Nah baru setelah 5 minggu dilaporkan menghilang, kapal ini ditemukan dalam keadaan kosong tanpa penumpang. Muatan kargo juga hilang entah kemana.

Di dalam kapal terdapat sebuah perban dengan bercak darah. Di geladak kapal ditemukan radia yang di setel ke sinyal bahaya secara internasional. Namun apa yang sebenarnya terjadi tidak pernah terungkap, karena tidak ada satu pun penumpang kapal yang terlihat lagi.

5. Octavius



Octavius adalah sebuah kapal misterius melegenda yang ditemukan mengambang di laut Arktik pada tahun 1775. Hal ini bermula saat kapal penangkap ikan paus bernama Herald menemukan kapal ini terombang ambing di lepas pantai Greenland. Yang menyeramkan adalah seluruh kru kapal ini mati dalam keadaan membeku menjadi es.

Bahkan sang Kapten Kapal membeku dalam keadaan duduk memegang pena di mejanya lengkap dengan buku catatan, seolah sedang mencatat laporan pelayaran. Di dalam buku catatan yang sedang dia tulis terdapat entry log dengan tahun 1762. Dari situ dapat kita simpulkan bahwa kapal ini telah berlayar selama 13 tahun dengan keadaan seluruh kru membeku.

6. Baychimo



Kapal Baychimo dibangun pada tahun 1914 dan dimiliki oleh Hudson Bay Company. Kapal kargo baja seberat 1.322 ton ini adalah kapal perdagangan yang dibangun di Swiss. Kisah kapal hantu ini bermula pada tahun 1931 ketika Baychimo terjebak di dalam bungkusan es dekat Alaska. Pada waktu itu kapal ini sedang mengangkut bulu. Satu-satunya pilihan adalah dengan meninggalkannya disitu. Para kru kapal lalu pergi berjalan sejauh 2 mil untuk berlindung di kota Barrow.

Mereka berlindung di kota Barrow selama 2 hari mereka kembali mendatangi kapal dan ternyata es di sekitar kapal sudah menghilang. Namun sayangnya selang beberapa hari badai kembali datang dan memimbun kapal Baychimo dengan es. Akhirnya pihak perusahaan mengurim pesawat dan menjemput pulang para awak kapal.

Yang luar biasa adalah kapal ini tetap bertahan selama 38 tahun lebih dan berlayaelr kesana kemari tanpa pengemudi di perairan Alaska.  Kapal ini sudah beberapa kali ingin diselamatkan, namun karena masalah cuaca sehingga hal ini tidak mungkin dilakukan. Usaha penyelamatan terakhir kapal ini yang diketahui adalah pada tahun 1966, nasib terakhir kapal ini tidak diketahui.

7. Carroll A. Deering



Kapal ini kandas di Diamond Shoals yang terkenal ganas di dekat Cape Hatteras, North Carolina pada tahun 1921. Kapal ini kandas disitu beberapa hari sebelum tim penyelamat datang. Saat petugas penjaga pantai datang ke situ sudah tidak ada awak kapal yang ditemukan, dia menemukan bahwa peralatan pelayaran, buku catatan, dan sekoci telah tiada.

Setelah di investigasi ternyata dalam waktu yang berdekatan juga terjadi kapal hilang secara misterius. Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab adalah adanya serangan bajak laut, pemberontakan kru kapal, atau ulah makhluk tak dikenal karena lokasinya memang dekat dengan segitiga Bermuda.

8. Ourang Medan



Kejadian misterius kapal ini berawal dari panggilan darurat yang diterima oleh dua kapal Amerika saat melewati Selat Malaka pada tahun 1947. Penelepon tersebut mengaku berasal dari kapal Ourang Medan dan sedang terjadi kematian di kapalnya.

Akhirnya dua kapal Amerika ini memutuskan untuk melakukan penyelamatan terhadap kapal Ourang Medan. Namun yang mengejutkan adalah saat mereka tiba di atas kapal Ourang Medan, semua kru dan anjing yang ada di sana meninggal dunia.

Padahal kapal dalam keadaan baik-baik saja dan tidak ada indikasi kerusakan akibat serangan. Semua mayat yang meninggal memiliki ekspresi wajah yang aneh, seakan mereka meninggal dalam keadaan ketakutan.

Kejadian yang sebenarnya sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Karena tidak ada satu pun kru yang selamat dan sebelum dilakukan penyelidikan kapal ini terbakar lalu meledak. Namun ada teori yang mengatakan bahwa mereka mati akibat paparan nitrogliserin yang mereka bawa. Atau bahkan karena ulah alien dan makhluk tak kasat mata.

9. SS Valencia



Pada tahun 1906, SS Valencia tenggelam di lepas pantai Vancouver, British Columbia setelah menghadapi cuaca buruk di dekat Cape Mendocino dan setelah itu menjadi subjek cerita hantu misterius. Dari 108 awak kapal yang ada di sini, hanya 37 orang yang berhasil diselamatkan dengan sekoci. Bahkan ada 1 orang yang menghilang entah kemana karena tidak pernah ditemukan sampai sekarang.

Setelah saat itu banyak para nelayan yang melihat kapal hantu ini berlayar dengan para kru berupa kerangka tulang belulang saja. Bahkan setelah puluhan tahun tenggelam kabar ini masih sering terdengar.

10. The Caleuche



Ini adalah legenda mitologi Chilota, di mana ia digambarkan sebagai kapal hantu, yang muncul setiap malam di dekat pulau Chiloe. Dikatakan kapal itu membawa roh semua orang yang telah tenggelam di laut. Caleuche sangat cantik dan cerah karena selalu dikelilingi oleh suara dan tawa pesta musik.

Itulah beberapa kisah kapal hantu misterius paling terkenal di dunia. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment