Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Kaki

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Kaki

Penyebab bau kaki, cara mengatasi bau kaki. Bau kaki dalam dunia medis tentu bukanlah hal yang berbahaya, namun walaupun begitu bau kaki termasuk masalah yang cukup mengganggu. Banyak orang yang mempunyai masalah dengan bau kaki dan ingin mengatasi bau kaki yang mengganggu.

Bau kaki selain membuat kita tidak nyaman tentu akan sangat mengganggu orang lain dikala kita sedang berkumpul dengan teman maupun saudara. Misalnya saat kita habis jalan-jalan bersama teman dan karena kepanasan kita langsung masuk mobil. Disaat kita melepas sepatu teman-teman kita langsung menatap kita karena bau kaki kita, kita pasti malu dan tidak nyaman bukan?

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa hal, antara lain penyebab kaki bau, penyebab sepatu bau, dan cara menghilangkan bau kaki.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki


Bau Kaki

1. Kurang Menjaga Kebersihan


Kurangnya menjaga kebersihan menjadi faktor paling besar yang menyebabkan kaki berbau. Kurangnya kebersihan disini bisa dari kaki kita atau alas kaki yang kita pakai. Misalnya kita jarang cuci kaki, sepatu jarang di cuci, dan kaos kaki yang jarang dicuci. Jadi kita harus selalu menjaga kebersihan dari kaki kita dan alas kaki yang kita pakai agar kaki tidak berbau.

2. Infeksi Pada Kaki


Infeksi bisa menyebabkan kaki berbau, entah itu karena jamur maupun kuman atau bakteri. Bakteri dan jamur bisa berkembang biak di kaki dikarenakan kaki kita lembab. Lembab di kaki bisa disebabkan oleh banyak hal, namun yang paling umum adalah keringat.

Apalagi bagi kita yang bekerja di luar ruangan atau dilapangan panas yang mengharuskan menggunakan sepatu tertutup. Misalnya para pekerja bangunan, konstruksi, dan tambang yang mengharuskan menggunakan sepatu safety yang rapat. Kombinasi antara suhu yang panas dan sepatu yang minim ventilasi akan membuat kaki kita menghasilkan keringat yang banyak.

Terus bagaimana cara mengatasinya? Apakah kita tidak boleh menggunakan sepatu?
Kita tetap harus menggunakan sepatu, karena sangat berbahaya jika pekerja lapangan tidak menggunakan sepatu safety. Kita hanya perlu rutin mengganti kaos kaki, yang disarankan adalah sehari sekali. Agar kaos kaki kita tetap bersih dan tidak terlalu lembab.

Akan lebih bagus lagi kalau kita membawa kaos kaki cadangan. Jadi disaat kaos kaki kita dirasa sudah lembab maka langsung kita ganti. Sebelum mengganti kaos kaki sebaiknya kaki kita dicuci dulu agar bersih, lalu dikeringkan sampai benar-benar kering. Baru setelah itu kita memakai kaos kaki yang baru.

Pemilihan kaos kaki juga perlu kita perhatikan, sebisa mungkin kita menggunakan kaos kaki yang berbahan dari kain katun. Karena kain katun mempunyai sifat menyerap keringat dan menjaga kaki tetap kering tidak lembab. Dengan begitu pertumbuhan bakteri dan jamur dapat kita minimalisir.

3. Sepatu Jarang Dijemur


Banyak orang yang bekerja dari pagi sampai sore, bahkan ada yang berangkat pagi pulang malam. Sehingga sepatu yang habis dipakai langsung dimasukan di rak tanpa dijemur. Jika kita mempunyai kebiasaan seperti itu maka bakteri dan jamuar akan banyak berkembang biak di sepatu.

Untuk mengatasinya kita harus menjemur sepatu kita kalau bisa setiap hari. Berapa lama kita menjemur sepatu?
Jangan terlalu lama karena jika terlalu lama bisa membuat sepatu cepat rusak dan lem cepat lepas. Jadi cukup dijemur dan agar terkena sinar matahari langsung selama beberapa menit saja,paling lama satu jam.

Setelah dijemur baru sepatu kita simpan di rak,tujuannya adalah agar bakteri dan jamur tidak berkembang biak disana. Karena kebanyakan orang menyimpan sepatu tanpa dijemur dulu.

Cara Menghilangkan Bau Kaki


1. Rajin Potong Kuku


Potong kuku pada jari kaki kita dengan baik dan teratur. Potong kuku secara hati-hati karena jika asal bisa menyebabkan penyakit cantengan yang sangat sakit dan menimbulkan bau kaki yang sangat tidak sedap.

2. Rendam Kaki Dengan Air Garam


Nah salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan merendam kaki dengan air garam. Menghilangkan bau kaki dengan garam memang efektif karena garam dikenal dengan anti septik alami. Caranya masukan air hangat ke dalam baskon dan campurkan beberapa sendok garam secukupnya. Gunakan air garam ini untuk merendam kaki kita selama beberapa menit, satu jam juga tidak masalah.

Selain sebagai anti septik, merendam kaki juga akan melunakkan kulit-kulit mati di kaki. Jadi setelah kita merendam kaki maka kita bisa langsung membersihkan kulit mati di kaki. Cara yang paling mudah adalah dengan menggosoknya dengan batu. Bisa batu biasa yang agak kasar, bisa juga menggunakan batu apung yang sudah banyak dijual di supermarket.

Merendam kaki dengan air garam bisa kita lakukan rutin beberapa hari sekali untuk merawat kaki. Namun yang perlu diperhatikan ketika merendam laki dengan air garam adalah pastikan kaki kita tidak ada luka. Bisa kita bayangkan jika ada sebuah luka dan disiram pakai air garam pasti rasanya sangat perih. Jadi jika ada luka saya sarankan jangan menggunakan air garam.

Merendam kaki selain bisa menghilangkan bau kaki ternyata juga bisa berfungsi sebagai relaksasi. Sehingga tubuh kita menjadi lebih rileks dan santai. Selain itu merendam kaki dengan air garam secara rurin juga sangat bermanfaat untuk kesehatan karena bisa membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh atau dalam bahasa medisnya adalah detox.

3. Merendam Kaki dengan Air Teh


Nah seperti yang saya katakan tadi bahwa jika kaki kita ada luka maka akan sangat perih jika direndam dengan air garam. Alternatifnya kita bisa merendam kaki dengan campuran teh yang tidak perih.Cara ini juga sangat populer dan efektif untuk menghilangkan bau kaki. Seperti biasa, setelah merendam kaki jangan lupa juga untuk membersihkan kulit mati di kaki.

Dalam teh terdapat sebuah senyawa yang bernama asam tanat. Senyawa ini mampu membunuh bakteri yang ada di kaki dan mengurangi produksi keringat untuk mengurangi kelembaban kaki.

Baca juga: 8 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

4. Merendam Kaki dengan Air Soda Kue


Baking soda atau soda kue adalah bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue. Namun juga sangat efektif untuk menghilangkan bau kaki. Caranya adalah masukan air dingin ke dalam baskon dan masukan soda kue secukupnya. Lalu gunuakan larutan soda kue tersebut untuk merendam kaki.

Selain untuk menghilangkan bau kaki, soda kue juga sangat efektif menghilangkan bau badan dan bau ketiak. Untuk lebih jelasnya silakan lihat artikel dibawah ini.

Baca juga: 7 Manfaat Soda Kue Untuk Kesehatan Kulit, Rambut, Dan Tubuh

5. Merendam Kaki dengan Air Lemon


Air jeruk lemon efektif untuk menghilangkan bau kaki karena lemon memiliki sifat antibakteri. Caranya cukup mudah, tinggal campurkan perasaan jeruk lemon dengan air. Lalu rendam kaki kita dengan campuran air dan jeruk lemon minimal 15 menit. Cara ini efektif namun sepertinya memerlukan sedikit usaha karena harga jeruk lemon yang agak mahal.

Sekian pembahasan tentang penyebab kaki bau, penyebab sepatu bau, dan cara menghilangkan bau kaki kali ini. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment