6 Tahapan yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memulai Bisnis Hand Craft

6 Tahapan yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memulai Bisnis Hand Craft

Ide bisnis bisa ditemukan dimana saja dan kapan saja, bahkan agan tidak perlu memikirkan ide bisnis yang terlalu hebat untuk bisa memulai usaha yang ingin agan geluti. Kerajinan tangan merupakan salah satu ide bisnis yang bisa agan jalani.


Terlebih, untuk membuat sebuah kerajinan tangan, agan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Hanya menggunakan bahan-bahan sederhana ataupun sampah daur ulang pun sudah bisa menciptakan sebuah kerajinan tangan.

Akan tetapi, jika agan ingin jual kerajinan tangan maka agan pun tidak boleh menjualnya dengan sembarang. Terlebih, jika kerajinan tangan yang agan buat tersebut terlihat biasa saja dan tampak tidak menarik untuk dijadikan sebagai pajangan.

1. Mulai dengan Hal yang Disukai



Hal pertama yang harus agan lakukan ketika ingin jual kerajinan tangan ialah memulai dengan hal yang disukai terlebih dahulu. Bisnis kerajinan tangan ini memang cukup berbeda dengan beberapa bisnis pada umumnya.

Dimana, bisnis kerajinan tangan tidak dapat berjalan dengan lancar jika hanya fokus pada hasilnya saja. Terlebih jika agan hanya memikirkan tentang keuntungan semata. Dalam menjalani sebuah bisnis tentu ada pasang surut yang harus agan hadapi.

Jika agan hanya memikirkan tentang keuntungan saja, maka hal tersebut akan membuat agan tidak semangat lagi saat bisnis yang dijalani tidak mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, jika agan menyukai bisnis tersebut meski sedang sepi pembeli pun, agan tidak akan patah semangat untuk berkarya.

2. Kenali Pasar



Ternyata, untuk bisa sukses dalam jual kerajinan tangan tidak hanya harus menyukai kerajinan yang dibuat. Akan tetapi, agan juga harus mengenali pasar dengan baik. Agar bisa membuka peluang pasar, agan harus bisa membuat sebuah karya yang unik dan beda dengan yang lainnya.

Tak cukup sampai disitu saja, agan juga harus membandingkan harga barang yang agan jual dengan beberapa harga kerajinan tangan yang ada di pasaran. Jangan sampai agan menjual barang dengan harga yang terlalu tinggi. Tentu saja hal tersebut akan membuat sebagian besar orang enggan untuk membeli produk yang agan jual.

3  Temukan Pasar untuk Hasil Kerajinan yang Akan Agan Jual



Apakah cukup sampai disitu saja? Ternyata tidak, setelah agan mengetahui peluang pasar yang bisa diraih, maka langkah berikutnya adalah dengan menemukan pasar yang tepat untuk menjual hasil kerajinan tangan yang telah agan buat.

Bisnis kerajinan tangan tentu berbeda dengan beberapa bisnis lainnya. Dimana, tidak semua konsumen akan melirik produk yang agan buat tersebut. Tentu, hal ini sangat berbeda dengan bisnis makanan ataupun bisnis fashion.

Namun, bukan berarti bisnis kerajinan tangan tidak memiliki tempat di hati para konsumen. Agan hanya tinggal mencari pasar yang tepat. Dengan begitu, produk yang agan jual pun tidak akan sia-sia. Setelah itu, baru agan bisa mengembangkan bisnis kerajinan yang agan jalani dan mulai mengembangkannya dengan berbagai macam kreativitas yang agan miliki.

Lihat juga keinginan pasar agar usaha yang agan jalani tersebut bisa terus berjalan. Jika tidak, tentu lama-kelamaan konsumen akan merasa bosan sehingga membuat produk yang agan jual tidak laku lagi di pasaran.

4. Buat Inovasi



Dewasa ini, persaingan bisnis sudah semakin ketat. Jika agan tidak mau berkembang dan berinovasi, tentu hal tersebut akan membuat bisnis agan semakin meredup dan mulai dilupakan oleh konsumen.

Bisnis yang pernah ramai pada masa lalu tidak menjamin akan membuat bisnis kerajinan tangan tersebut akan tetap terus berjalan dengan baik. Terlebih, saat ini sudah ada banyak sekali pesaing yang hadir dengan berbagai macam inovasi yang menakjubkan.

Nah, jika agan ingin bertahan dengan bisnis tersebut, maka salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan berinovasi dan selalu mengikuti perkembangan zaman, serta mengetahui apa yang diinginkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, mengenali pasar merupakan hal yang penting untuk agan lakukan agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik.

5. Perluas Wawasan



Dalam menjalankan bisnis jual kerajinan tangan ini, modal dan keberanian untuk berbisnis tidaklah cukup. Agan juga harus memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang bisnis. Oleh sebab itu, buatlah relasi sebanyak mungkin dengan para pengrajin agar agan dapat mendapatkan ilmu dari relasi tersebut.

Tak hanya itu, dengan menjalin relasi yang banyak, hal ini dapat membantumu untuk mencari jalan keluar saat ada masalah yang menimpa bisnis agan.

6. Lakukan Bisnis Secara Bertahap



Bagi agan yang ingin berkecimpung di kerajinan tangan, lakukan bisnis tersebut secara bertahap. Agan harus mengenali pasar terlebih dahulu, baru kemudian membuat barang yang akan agan jual. Tak hanya itu, agan juga harus bisa mengatur keuangan dengan baik agar dana tidak cepat habis sehingga tidak bisa menghasilkan apa-apa.

Berbisnis dengan jual kerajinan tangan memang tidak seperti berbisnis pada umumnya. Ada beberapa hal yang harus agan lakukan. Terlebih, tidak semua konsumen tertarik dengan kerajinan tangan yang agan buat.

Oleh karena itu, 6 tahapan sebelum memulai bisnis kerajinan tangan di atas akan membantu agan sebagai pebisnis yang baru mulai merintis.
#CP
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment