Wisata Candi Borobudur, Berburu Keindahan Sunrise Dan Sunset

Wisata Candi Borobudur, Berburu Keindahan Sunrise Dan Sunset

Saya yakin 90% orang Indonesia pasti tahu dengan nama Candi Borobudur. Candi yang dibangun pada tahun 800-an masehi ini sangat terkenal di Indonesia, bahkan sampai ke seluruh dunia. Saking terkenalnya, candi Buddha ini dikunjungi jutaan orang dalam setiap tahunnya.

Mungkin terdengar agak aneh, walaupun Candi Borobudur ini sangat populer namun saya sendiri malah belum pernah mengunjunginya. Padahal rumah saya tidak terlalu jauh dari lokasi candi ini, hanya berjarak sekitar 40 km saja. Hal ini yang membuat saya sering dikerjai oleh teman-teman saya.

Sebenarnya dari dulu di pikiran saya sudah ada niat untuk mengunjungi Candi Borobudur untuk refreshing sambil melihat-lihat sejarah Borobudur. Namun belum ada waktu dan kemauan untuk mewujudkannya. Setelah kemarin ada beberapa masalah di pekerjaan saya akhirnya saya memutuskan untuk berlibur ke Candi Borobudur.

Kebetulan saya menggunakan jasa tour dari Traveloka Xperience untuk melakukan tour wisata ke Candi Borobudur yang memang khusus untuk menikmati keindahan matahari terbit dan matahari terbenam. Jujur saja saya kurang suka dengan panas matahari, maka dari itu saya memilih paket tour ini. Kita mendapatkan akses masuk le kawasan Candi Borobudur sebelum jam buka operasional untuk melihat keindahan matahari terbit atau sunrise.

Menikmati Keindahan Sunrise dan Sunset di Candi Borobudur


Jujur saja untuk menikmati sunrise di Candi Borobudur tidaklah mudah. Karena kita harus masuk ke Candi Borobudur sebelum jam operasional buka disana. Namun untungnya ada paket tour dari Traveloka Xperience. Saya hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp340-an saja, sudah mendapatkan tiket khusus dan paket makan di hotel Manohara.

Sunrise Borobudur 


Titik pertemuan awal berada di lobi Hotel Manohara pada jam 04.30, sehingga dari rumah saya berangkat dini hari. Setelah itu langsung menuju ke Candi Borobudur pada jam 04.45 untuk melihat pesona keindahan matahari terbit atau sunrise di Candi Borobudur. Ini adalah momen yang bagi saya sendiri sangat istimewa. Bagaimana tidak, saya yang baru pertama kali datang ke Candi Borobudur bisa menyaksikan sunrise disana.

Padahal mereka-mereka yang katanya sudah berkali-kali datang ke Candi Borobudur belum tentu pernah mendapatkan momen untuk menyaksikan sunrise di Candi Borobudur. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya, karena bisa dibilang saya ini termasuk pengunjung VIP. Pengunjung yang mendapatkan akses khusus untuk masuk ke Candi Borobudur.

Sebelum berangkat saya berdoa, semoga cuaca disana bagus sehingga bisa menyaksikan sunrise. Ternyata memang benar, Candi Borobudur terlihat sangat istimewa jika dipadukan dengan pemandangan matahari terbit. Sungguh suatu potret yang sangat indah. Tak lupa saya mengabadikan momen ini dalam beberapa foto. Walaupun hanya menggunakan kamera HP, saya kira sudah cukup.

Yang penting saya bisa menunjukan ke teman-teman saya bahwa saya sudah pernah berkunjung ke Candi Borobudur dan menjadi pengunjung khusus untuk menikmati sunrise disana.

Borobudur Sunrise

Saya berkeliling di area-area sekitar stupa sambil tersenyum kecil. Iya, entah kenapa bibir saya senyum-senyum sendiri disini. Mungkin karena baru pertama kali berkunjung kesini. Udara di pagihari masih sangat sejuk dan segar, belum terlalu panas juga. Sekitar jam 06.30 saat matahari sudah agak naik, saya beserta beberapa orang yang lain mengakhiri tour wisata sunrise Borobudur dan sarapan.


Saya pun juga tidak sempat membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang, karena pada jam segitu masih jarang penjual yang buka. Saya memang tidak membeli oleh-oleh, tetapi saya tetap membawa oleh-oleh berupa senyuman dan pikiran yang positif.

Sunset Borobudur


Pihak pengelola sendiri sebenarnya juga sudah menyediakan tiket khusus untuk menikmati sunset atau matahari tenggelam di Candi Borobudur. Namun agar lebih mudah saya menggunakan Traveloka, sehingga tidak perlu mencari tiket dan antri.

Tour melihat sunset di Candi Borobudur mulai pada sekitar jam 5 sore, sehingga sebelum jam 5 sore saya harus sampai di Candi Borobudur. Ada beberapa halangan yang kadang ada, seperti misalnya cuaca mendung atau hujan. Kalau hal seperti itu terjadi maka tidak akan bisa menyaksikan pemandangan sunset. Namun untungnya waktu kemarin saya kesana cuaca dalam keadaan cerah sehingga bisa menikmati suasana indah Borobudur pada sore hari.

Borobudur Sunset

Sebenarnya pengunjung umum di Candi Borobudur hanya diperbolehkan sampai jam 5 sore, sehingga yang ingin berada disana diatas jam 5 sore harus membeli tiket khusus sunset di loket. Namun masih ada saja pengunjung nakal yang masih berada disana lebih dari jam 5 sore. Sehingga spot-spot foto malah banyak dipenuhi oleh para pengunjung ilegal. Saya yang memiliki tiket khusus sunset malah kesulitan untuk mencari spot foto karena mereka.

Tapi mau gimana lagi, yang penting saya masih bisa menikmati keindahan sunset di Candi Borobudur. Lagi-lagi saya mengeluarkan kamera HP dan mengambil beberapa gambar indah disana sekedar untuk kenangan. Saya berkeliling sebentar dan tiba-tiba langit sudah mulai gelap, tidak terasa karena waktu berjalan seakan sangat cepat.

Selanjutnya saya bergegas pulang dengan keadaan pikiran yang fresh dan segar. Memang saya akui, melihat sunrise dan sunset di Candi Borobudur sangatlah efektif untuk merefresh pikiran.

Bagi agan yang ingin mencari destinasi wisata unik yang jarang orang lain lihat, saya sangat merekomendasikan untuk melakukan tour wisata sunrise dan sunset Candi Borobudur. Walaupun agan dulu pernah mengunjungi Candi Borobudur, maka suasananya akan sangat berbeda jika agan melihatnya lagi dikala pagi hari dan petang.

Atau jika agan ingin melihat rekomendasi wisata lain yang tidak kalah seru, agan bisa membuka Google dan mencari dengan kata kunci #XperienceSeru. Nanti akan muncul ratusan review dan pengalaman berwisata di tempat lain seluruh dunia.

Sekian kisah singkat saya dikala melakukan tour wisata sunrise dan sunset Candi Borobudur bersama Traveloka. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
#CP
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment