6 Cara Edit File PDF Dokumen Di HP Android

6 Cara Edit File PDF Dokumen Di HP Android

Terkadang kita berada dalam kondisi terbatas tetapi diharuskan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Misalnya kita ada tugas untuk edit file PDF tetapi hanya ada HP Android. Walaupun dalam kondisi seperti ini kita tetap harus menyelesaikannya.

Yang harus kita lakukan adalah mencari cara edit file PDF di HP Android agar kita bisa menyelesaikan tugas kita. Padahal file PDF adalah sebuah format dokumen yang paling banyak digunakan namun juga termasuk sulit untuk diedit. Berkat kemajuan teknologi saat ini terdapat banyak sekali aplikasi Android PDF editor yang bisa mempermudah kita dalam mengedit file PDF di HP.

Namun tidak semua aplikasi edit file PDF di Android dapat bekerja dengan baik. Tentu saja kita tidak boleh asal coba-coba aplikasi karena jika sampai gagal hanya akan membuang waktu dan tenaga kita. Nah berikut ini saya berikan referensi aplikasi edit file PDF terbaik di HP Android.


Aplikasi Edit File PDF Terbaik



1. Adobe Fill & Sign


Adobe Fill & Sign adalah sebuah aplikasi untuk membuka file PDF di HP Android. Namun aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengedit file PDF. Bahkan kita bisa menscan suatu dokumen menggunakan kamera dan nanti akan muncul hasil dokumen PFD.

Dengan aplikasi Adobe Fill & Sign kita bisa mengisi dokumen apapun yang berbentuk PDF, misalnya formulir.  Saat kita melakukan edit pada file PDF, kita bisa menambahkan teks, mengubah format font, dan bisa mengisi bidang kolom yang kosong.

Hal lain yang sangat saya sukai dari aplikasi ini adalah kita dapat membuat profil dan mengisi informasi seperti nama, alamat email, alamat, dan lain sebagainya. Saat mengisi formulir kita cukup mengetuk pada bidang yang ingin kita isi. Aplikasi Adobe Fill & Sign ini dapat kita gunakan gratis dan tidak terdapat iklan.


2. Xodo PDF Reader & Editor


Xodo PDF Reader  & Editor adalah salah satu aplikasi editor file PDF paling populer dan berfitur lengkap untuk Android. Aplikasi ini dipenuhi dengan banyak fitur untuk melakukan pengeditan, mengisi formulir, dan menangani dokumen PDF dengan mudah. Sama seperti aplikasi Adobe, kita dapat memindai dokumen asli dan mulai mengeditnya. 

Tentu saja kita juga dapat mengimpor dokumen dari penyimpanan lokal atau menyinkronkannya melalui layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive. Saat menggunakan Dropbox, Xodo PDF akan mengurangi penggunaan data dengan hanya mengunggah perubahan pada file PDF, bukan dokumen utuh yang lengkap. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Xodo memiliki banyak fitur. 

Beberapa fitur berguna dari Xodo adalah kemampuan untuk bookmark PDF, dukungan multiview untuk perangkat Samsung, reflow, anotasi, kemampuan untuk mengisi dan menandatangani dokumen, kemampuan untuk membuat catatan pada dokumen PDF kosong, dukungan untuk file MS Office, built-in powerful organizer untuk mengelola dokumen dengan benar , kemampuan untuk menggabungkan, membagi, dan memutar PDF, dan masih banyak lagi.
 

3. Kdan PDF Reader and Editor


Kdan adalah pembaca dan editor PDF yang cukup bagus. Dengan Kdan kita dapat membaca, membuat anotasi, dan mengedit file PDF hanya dengan beberapa ketukan. Tidak hanya dengandokumen PDF dari penyimpanan lokal kita, Kdan juga dapat memindai dokumen fisik. Setelah dipindai, kita dapat mengedit atau membuat anotasi seperti PDF digital lainnya. 

Fitur-fitur lain dari aplikasi ini termasuk rendering dokumen, menambahkan teks, masukkan hyperlink, impor, dan ekspor dokumen PDF, bookmark halaman atau bagian tertentu pada dokumen, monitor clipboard, antarmuka pengguna yang mudah digunakan, pemindaian dokumen berkelanjutan, dan lain sebagainya.



4. MobiSystems OfficeSuite


Jika agan pernah mencari alternatif untuk MS Office maka agan mungkin akan menemukan MobiSystems OfficeSuite. Bahkan, OfficeSuite adalah aplikasi pertama yang saya gunakan untuk mengakses dokumen Office dan PDF di HP Android saya. Seperti yang kita lihat dari namanya, OfficeSuite lebih dari sekadar editor file PDF. Tetapi aplikasi ini juga kompatibel dengan semua format file Microsoft Office.

Jika menyangkut file PDF, kita dapat dapat membuat dokumen PDF baru, mengisi dokumen PDF, dan menandatangani dokumen PDF. MobiSystems OfficeSuite dapat membuat anotasi pada dokumen PDF dengan berbagai tool seperti catatan, teks bentuk bebas, penyorotan, penulisan tangan, hapus halaman, dan lain sebagainya. Jika kita mau, kita juga dapat menambahkan gambar dari penyimpanan, kamera, atau internet.

Jika agan mencari aplikasi Office yang dapat menyediakan semua alat yang diperlukan untuk mengedit dan membuat anotasi dokumen PDF, maka cobalah MobiSystems OfficeSuite.


5. PDFelement


Walaupun PDFelement bukan termasuk aplika sieditor PDF yang lengkap, namun jika agan mencari alat edit PDF yang bagus maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang baik. Meskipun PDFelement adalah aplikasi yang relatif baru, antarmuka pengguna aplikasi ini cukup rapi, cocok bagi pemula, dan sangat mudah digunakan untuk mengedit dokumen PDF. 

Dengan aplikasi ini kita dapat menyorot, menggarisbawahi, mencoret teks, menandai bagian tertentu, menambahkan info dan kotak teks, menggambar , dan lain sebagainya. Selain itu, PDFelement juga merupakan aplikasi pembaca PDF yang sangat baik dan dapat mengelola semua file PDF kita.

Walaupun aplikasi ini gratis, ada satu hal yang tidak saya suka, yaitu kita harus memiliki akun untuk bisa mengedit  file PDF. Selain itu, aplikasi ini cukup bagus dari segi fungsinya.


6. PDFescape


Berikutnya ini sebenarnya bukan aplikasi Android sebenarnya. PDFescape adalah pembaca PDF online gratis, annotator, editor, dan perancang formulir. Untuk menggunakan PDFescape kita dapat membukanya dengan browser seluler jenis apapun. Versi gratisnya mendukung editi file PDF hingga 10MB dan 100 halaman yang cukup untuk pengguna umum. 

Kita dapat menambahkan teks, gambar, tautan, dan objek dengan baik dan memiliki semua fitur anotasi menarik seperti catatan tempel, sisipan teks, sorot, coretan, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan edit file PDF, kita tidak hanya harus mengupload langsung file PDF nya, tetapi kita bisa memasukkan URL file PDF untuk diedit. Lebih mudah karena tidak perlu membuang waktu untuk mengupload file.

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa batas file PDF yang bisa kita edit dengan PDFescape adalah 10 MB dan 100 halaman. Namun kita bisa meningkatkan batas tersebut menjadi 1000 halaman dan dengan ukuran 40 MB. Caranya adalah dengan berlangganan layanan terbut dengan biaya yang cukup murah, hanya $2 perbulan. 



Itulah beberapa cara edit file PDF di HP Android, semoga dapat mempermudah kita dalam mengedit dokumen PDF dimana saja. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment