10 Cara Cepat Mendapatkan Uang Dari Youtube

10 Cara Cepat Mendapatkan Uang Dari Youtube

Youtube saat ini menjadi salah satu media yang paling banyak pemirsanya saat ini. Bahkan stasiun televisi di Indonesia banyak yang menyiarkan acaranya melalui channel Youtube. Hal ini dikarenakan mereka juga bisa mendapatkan uang dari Youtube.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube untuk orang-orang seperti kita? Produk utama dari Youtube adalah video, sehingga jelas syarat utamanya kita harus mempunyai kreatifitas untuk menciptakan dan mengolah video. Secara teknis mengolah video tidaklah terlalu sulit.

Baca Juga: Cara Channel Youtube Ramai Banyak Pengunjung dan Terkenal

Yang paling sulit adalah mampu membuat video dengan konsep yang unik dan mampu konsisten. Itulah yang paling sulit untuk dilakukan karena memerlukan kreatifitas dan ketekunan. Jika kita mampu menyajikan tontonan yang bermanfaat secara konsisten dengan konsep yang unik atau berbeda dari yang lain, kita berpeluang besar untuk sukses di Youtube.

Hal-hal diatas adalah cara mendapatkan uang lewat Youtube dari segi konten video. Nah untuk pembahasan selanjutnya saya akan memberikan informasi teknisnya. Yaitu cara cepat mendapatkan uang dari Youtube.

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube


Mendapatkan Uang Dari Youtube

1. Membuat Channel Youtube


Syarat awalnya tentu kita harus mempunyai channel Youtube dahulu. Channel ini nantinya akan kita gunakan untuk menampilkan konten video kita.

Jadi kita harus membuat channel Youtube dahulu dengan cara Sign In ke Youtube. Cara yang paling cepat dan mudah adalah dengan Sign In menggunakan akun Google kita. Dengan menggunakan akun Google kita hanya perlu login saja, tanpa perlu mengisi data-data registrasi.

Lagian saya yakin diantara kita semua pasti sudah mempunyai akun Google jadi kita tidak perlu mendaftar dari awal. Selanjutnya kita mengatur informasi channel kita, nama channel, dan informasi pendukung lainnya. Data-data tersebut akan lebih bagus jika disesuaikan dengan konten video yang akan kita sajikan nanti.

Misalnya kita ingin membuat konten video seputar otomotif ya sebisa mungkin nama channel kita juga berbau otomotif, misalnya INDO MOTOR, dan sejenisnya. Jadi sebelum kita membuat channel setidak-tidaknya kita harus menentukan konten seperti apa yang ingin kita tampilkan.

Baca Juga: Cara Encoding atau Merubah Video Menjadi x265 HEVC Tanpa Mengurangi Kualitas

2. Monetisasi Channel Youtube


Jika dari awal kita berniat untuk mendapatkan uang dari Youtube maka kita harus memonetisasi channel kita. Walaupun sebenarnya penghasilan channel Youtube tidak mutlak berasal dari sistem monetisasi, kita tetap harus mengaktifkannya.

90% lebih Youtuber mendapatkan uang dari sistem monetisasi ini, sedangkan sumber penghasilan lain bisa dari sponsor, donatur, penjualan produk, penjualan jasa, dan iklan independen lain.

Untuk mengaktifkan monetisasi channel Youtube kita, kita buka menu Account Information yang posisinya ada di sebelah kanan atas. Selanjutnya kita buka pada bagian Creator Studio, klik menu Channel, lalu klik pada opsi Status and Features. Langkah terakhir kita pilih opsi Enable Monetization dan ceklis pada bagian persetujuan perjanjian kebijakan.

3. Hubungkan Channel Youtube dengan Adsense


Langkah nomor 3 ini mungkin cukup sulit dan perlu usaha yang tidak sedikit. Untuk bisa menghubungkan channel Youtube kita dengan Google Adsense ada persyaratan khusus dari channel kita.

Persyaratan ini bisa berubah sewaktu-waktu, namun persyaratan agar channel Youtube bisa dihubungkan dengan Google Adsense untuk saat ini (saat artikel ini saya tulis) adalah sebagai berikut:

Syarat 1: Harus mempunyai subscriber minimal 1000

Syarat 2: Harus mencapai target 4000 jam tayang dalam 12 bulan. Atau secara mudahnya dalam sehari channel kita ada sekitar 12 jam tayangan video dari penonton.

Syarat 3: Harus berada di negara yang didukung oleh program Youtube Partner. Dalam hal ini Indonesia sudah termasuk sebagai negara yang dalam cakupan program Youtube Partner. Jadi jika agan berada di Indonesia, agan tidak perlu merisaukan syarat ini.

Syarat 4: Konten yang kita sajikan tidak menampilkan adegan pornografi, kekerasan, tidak, dan tidak melanggar hak cipta. Intinya video kita layak untuk ditampilkan secara luas.

Nah itulah beberapa syarat untuk mengajukan monetisasi Google Adsense. Ingat, itu baru syarat dasar dari channel untuk memastikan kelayakan konten saja. Selanjutnya setelah semua syarat tersebut terpenuhi kita baru bisa mendaftarkan channel kita ke layanan periklanan Google Adsense.

Nanti setelah kita mengajukan pendaftaran channel kita akan ditinjau ulang dari segi kelayakan dan kualitas channel. Setelah peninjauan selesai akan diberitahu melalui email apakah pengajuan kita diterima atau ditolak.

Lama proses peninjauan ini bervariasi, ada yang hanya dalam hitungan jam dan ada juga yang sampai berbulan-bulan. Jika diterima maka selamat, agan sudah berhasil menjadi Partner Youtube dan bisa menampilkan iklan. Namun jika ditolak maka kita harus memperbaiki channel kita agar lebih berkualitas dan setelah itu kita bisa melakukan pengajuan ulang.

Setiap penolakan saat melakukan pendaftaran Google Adsense pasti akan disertai penjelasan alasan kenapa pengajuan ditolak. Nah dari penjelasan tersebut kita bisa menentukan bagian mana saja yang harus dirubah dan diperbaiki. Alasan yang paling umum adalah karena tidak memenuhi kebijakan layanan.

4. Mengoptimasikan Monetisasi Youtube


Agar penghasilan Youtube kita maksimal, kita juga harus melakukan optimasi pada konten video kita. Yang paling penting adalah mengusahakan agar konten yang kita buat ini layak ditampilkan untuk segala usia. Atau setidaknya untuk remaja keatas.

Penyampaian video kita juga harus mudah diterima dan dipahami, tidak berbelit-belit. Akan lebih bagus lagi jika tata bahasa penyampaian menggunakan bahasa sehari-hari yang tidak terlalu formal dan kaku. Istilah kerennya adalah video kita harus user friendly.

Konten yang kita tampilkan juga harus asli garapan kita sendiri, bukan plagiat dan asal ambil video dari kreator lain. Video yang asli akan membuat channel kita lebih aman dari banned dan mempunyai kesan unik.

Satu lagi, kita jangan membuat video yang terlalu pendek, minimal 10 menit lah. Karena video yang menpunyai durasi 10 menit keatas akan dapat kita pasangi iklan Google Adsense lebih banyak. Dengan begitu secara otomatis peluang kita untuk mendapatkan uang dari Youtube lebih besar.

Namun kita tetap mengutamakan kualitas konten. Jangan sampai penyampaian video kita jadi terlalu banyak basa basi dan berbelit-belit hanya karena berusaha memperlama durasi video.

Baca Juga: Dasar Bermain Gitar Cepat dan Mudah

5. Upload Video Secara Rutin


Kita harus berusaha untuk bisa konsisten dan rutin dalam membuat konten video. Jangan sampai kita ini dalam satu minggu upload 3 video dan selanjutnya tidak pernah upload video sama sekali selama satu minggu atau bahkan satu bulan.

Tujuan dari membuat konten secara rutin adalah agar channel kita mempunyai konten yang banyak dan menjaring banyak viewer. Dengan kita upload konten menarik secara rutin maka secara otomatis akan banyak para viewer yang melakukan subscribe ke channel kita.

Dengan jumlah subsriber yang semakin banyak maka kita akan lebih mudah dalam mencari viewer. Banyaknya viewer dari channel kita akan berbanding lurus dengan banyaknya uang yang akan kita terima dari Youtube.

Baca Juga: Situs Website Dan Channel YouTube Terbaik Untuk Belajar Editing Video

Secara teknis itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Youtube. Untuk cara lain agar kita semakin mudah mendapatkan uang dari Youtube adalah seperti sering menjalin komunikasi dengan viewer, menerima request pembahasan dari viewer, mencari job review produk, mengiklankan produk, rajin mengikuti komunitas, dan masih banyak lagi.

Sekian pembahasan cara cepat mendapatkan uang dari Youtube kali ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment