Cara Mengedit Foto Dan Mengecilkan Menjadi 50KB / 200KB

Cara Mengedit Foto Dan Mengecilkan Menjadi 50KB / 200KB

Cara mengedit foto 200KB, cara mengecilkan foto menjadi 100KB atau 200KB di HP Android.
Seperti yang kita ketahui bahwa foto asli dari kamera memiliki ukuran yang begitu besar. Bisa sampai ber-MB ukurannya. Apalagi kamera yang memiliki nama resulusi tinggi. Ukuran foto yang besar umumnya berbanding lurus dengan kualitas foto, semakin baik kualitasnya maka semakin besar pula ukurannya.

Di internet sudah banyak yang memberikan tutorial cara mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya. Namun sebenarnya kualitas dari foto tersebut tetap berkurang, entah itu dari segi resolusi maupun kerapatan pixel-nya. Hal itu tentu saja berefek pada kualitas foto yang menjadi kurang tajam. Hanya saja jika dilihat secara kasat mata tetap terlihat sama. Namun jika kita zoom beberapa kali akan terlihat perbedaaannya.

Foto yang sudah dikompres akan pecah jika dizoom dalam beberapa kali. Namun jika kita hanya memerlukan foto tersebut untuk diupload sebagai foto profil saat daftar CPNS maka tidak terlalu bermasalah, karena tidak memerlukan resolusi foto yang besar. Jadi walaupun misalnya diturunkan dari ukuran 5MB menjadi 200KB pun tidak menjadi masalah.

Karena memang dari pihak pengurus pendaftaran CPNS memang memberikan syarat bahwa ukuran foto yang diupload harus tidak lebih dari 200KB. Jadi ya mau tidak mau kita tetap harus mengedit foto dan menurunkan ukurannya menjadi 200KB.

Cara mengedit foto dan menurunkan ukurannya menjadi 200KB tidak lah sulit, bahkan kita bisa melakukannya dengan mudah hanya dengan menggunakan HP Android saja. Sebenarnya dulu saya sudah pernah membahas tentang cara menurunkan ukuran foto online dan offline tanpa mengurangi kualitasnya. Dan cara tersebut sebenarnya juga bisa kita gunakan untuk mengedit foto menjadi 200KB.

Namun cara tersebut kurang praktis karena kita tidak bisa langsung mengedit ukuran foto menjadi 200KB tepat secara langsung, harus mencoba beberapa kali sampai mendapatkan ukuran yang tepat. Cara mengedit foto menjadi 200KB yang akan saya bahas kali ini lebih mudah dan cepat, karena kita hanya perlu memilih foto yang ingin kita turunkan ukurannya dan langsung memasukan ukuran foto yang kita mau, misalnya 200KB.

Nanti hasilnya akan langsung keluar foto yang berukuran 200KB. Lebih cepat bukan? Apalagi kita tidak memerlukan alat seperti laptop atau komputer, kita hanya memerlukan HP Android saja. Nah berikut ini adalah cara menurunkan ukuran foto menjadi 200KB.

Cara Mengedit Foto Menjadi 200KB atau Sesuai Keinginan Kita


Alat dan Bahan


Untuk menurunkan ukuran foto menjadi 200KB, kita hanya memerlukan HP Android dan sebuah aplikasi yang bernama QReduce Lite. Aplikasi ini bisa kita download secara gratis di Google Play Store dan ukurannya kecil, kurang dari 2MB.


Cara Mengecilkan Foto Menjadi 200KB


Langkah 1

Pertama kita pilih foto yang ingin kita kecilkan ukurannya menjadi 200KB. Sebagai contoh saya akan menggunakan foto biasa yang ukuran aslinya adalah 1,58MB. Dan foto tersebut sudah saya buka menggunakan aplikasi QReduce Lite. Agan bisa melihat sendiri ukurannya melalui gambar dibawah ini.

Mengecilkan Ukuran Foto

Langkah 2

Selanjutnya pada kolom ukuran KB kita isi dengan angka 200 agar nanti foto tersebut bisa berubah menjadi 200KB. Jika kita ingin mengubahnya dengan ukuran lain juga bisa. Kita tinggal memasukan ukuran yang kita inginkan. Kalau sudah langsung kita tap pada tulisan MULAI. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Mengecilkan Ukuran Foto

Selamat, kita sudah berhasil mengedit foto menjadi 200KB, padahal ukuran awalnya adalah 1.58MB, ukurannya menurun sangat banyak.

Baca juga: Aku dan Piano, Keyboard Ke-6 Ku

Sekian tutorial tentang cara mengedit foto 200KB atau mengecilkan ukuran foto menjadi 200KB. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
LATEST Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment