Cara Mematikan Update Otomatis Google Play Sore

Cara Mematikan Update Otomatis Google Play Sore

Google Play Store adalah sebuah layanan utama untuk mengunduh berbagai jenis aplikasi Android. Salah satu fitur istimewa dari Google Play Store adalah melakukan update otomatis aplikasi di Android. Namun ternyata banyak juga orang yang mencari cara mematikan update otomatis Google Play Store. Hal ini bertujuan agar Google Play Store tidak update otomatis.

Google Play Store secara default menjadi aplikasi bawaan di setiap HP Android. Hal ini dikarenakan Play Store menjadi satu bundle dengan aplikasi Google lain seperti Google Play Music, Google Play Games, dan lainnya yang masuk kedalam aplikasi Google Apps.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Di Google Play Store Tanpa Login Akun

Fitur update otomatis atau auto update merupakan fitur bawaan dari aplikasi Google Play Store. Setiap aplikasi secara berkala akan memiliki pembaruan versi dari pihak pengembangnya untuk.memperbaiki bug, cacat, dan menambah fitur tertentu.

Secara teori, aplikasi versi terbaru memiliki kinerja dan fitur yang lebih baik dari versi sebelunya yang lebih lama. Nah fungsi utama dari fitur auto update adalah untuk memperbarui versi aplikasi yang sudah usang. Sehingga membuat semua aplikasi yang terpasang di HP Android adalah aplikasi-aplikasi versi paling baru.

Sebenarnya hai ini sangat bagus karena dengan menggunakan aplikasi versi terbaru, performa HP Android juga menjadi lebih baik. Cukup merepotkan jika kita harus memperbarui.aplikasi Android satu persatu dan memantau pembaruan aplikasi setiap hari. Dengan adanya fitur update otomatis dari Google Play Store kita tidak perlu melakukan itu semua.

Dengan fungsi yang sangat bagus terasebut, kenapa masih banyak orang yang mencari cara menghentikan update otomatis Google Play Store?

Umumnya alasan yang utama adalah karena fitur update otomatis Google Play Store menguras kuota kita lumayan banyak. Hal ini mungkin tidak terlalu terasa bagi yang menggunakan Wi-Fi, tapi hal ini akan sangat terasa bagi kita yang menggunakan kuota internet seluler.

Alasan lainnya adalah karena setiap aplikasi memiliki performa dan fitur yang kadang berbeda pada setiap versi. Sehingga orang akan lebih suka menggunakan aplikasi versi tertentu walaupun sudah tersedia versi yang lebih baru. Berikut ini adalah cara mematikan update otomatis Google Play Store.

Cara Mematikan Update Otomatis Google Play Store



1. Mematikan Update Otomatis Google Play Store untuk Semua Aplikasi 


Untuk melakukannya, langkah pertama kita buka dulu aplikasi Google Play Store.

Ketika aplikasi Google Play Store sudah terbuka, kita masuk ke menu Setelan.

Di dalam menu Setelan kita buka Update aplikasi secara otomatis, lalu rubah konfigurasinya menjadi Jangan update aplikasi secara otomatis.

Nah itulah cara untuk mematikan update otomatis Google Play Store. Hal ini berlaku untuk semua jenis aplikasi, jadi tidak akan ada aplikasi yang diperbarui secara otomatis tanpa sepengetahuan kita. Semua proses update aplikasi akan menjadi manual, kita yang akan melakukannya sendiri.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

2. Mematikan Update Otomatis Google Play Store untuk Aplikasi Tertentu


Misalnya kita mempunyai beberapa aplikasi yang performanya lebih bagus yang versi lawas, maka kita bisa mengaturnya agar tidak diperbarui otomatis oleh Google Play Store. Bagaimana caranya?

Pertama-tama kita buka dulu aplikasi Google Play Store kita.

Selanjutnya kita cari aplikasi yang ingin kita matikan update otomatisnya.

Jika kita sudah berada di aplikasi yang kita maksud, klik pada icon titik tiga di pojok kanan atas dan hilangkan tanda centang pada opsi Update otomatis.


Baca juga: 10 Aplikasi Game Melatih Otak Terbaik Untuk Android

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mematikan update otomatis Google Play Store. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment