Inilah Penyebab Pencemaran Tanah Yang Sering Disepelekan

Inilah Penyebab Pencemaran Tanah Yang Sering Disepelekan

Tanah bisa dikatakan sebagai awal kehidupan kita. Dari sini tentu saja peranan dari tanah begitu penting dalam kehidupan. Seperti halnya rantai makanan dimana semua makanan yang kita makan ini berasal dari tanah.

Menjaga kelestarian tanah penting sekali supaya apapun yang kita konsumsi menyehatkan tubuh. Kali ini pembahasan kita pun terkait dengan penyebab pencemaran tanah. Lantas akankah anda sudah paham mengenai pengertiannya? Sebetulnya pencemaran tanah ini sebuah kondisi masuknya benda kimia ataupun biologis menuju ke dalam tanah. Benda tersebut pastinya bisa merusak struktur tanah.

Hingga akhirnya apapun tanamannya sulit sekali tumbuh maupun berkembang. Dari sini tentunya kita mengerti jika tanah harus selalu dijaga maupun dirawat supaya nantinya tidak rusak. Apabila tanah sudah tercemar maka kondisi lingkungan lainnya juga ikut rusak. Adakalanya permukaan tanah yang rusak ini akibat ulah manusia tidak bertanggung jawab hingga mereka sudah menyalah gunakan sumber daya alam.

Pencemaran lingkungan

Pencemaran tanah sering kali terjadi karena banyaknya limbah tidak terbuang dengan benar. Limbah ternyata dinilai sebagai penyebab utama pencemaran tanah. Entah itu buangan limbah rumah tangga maupun industri domestic sekalipun.
Limbah tersebut seringkali orang menyebutnya dengan sampah. Jika dibiarkan begitu saja maka tanah pun semakin rusak dan berdampak pada semua tanaman. Dari pada anda merasa penasaran dengan penyebab pencemaran tanah. Simak saja ulasan berikut ini:

1. Pencemaran Oleh Limbah Padat


Siapa sangka ternyata pencemaran tanah juga bisa terjadi karena adanya limbah padat. Limbah ini asalnya kebanyakan dari industri pabrik. Seperti halnya padatan, bubur atau bahkan lumpur yang menjadi hasil dari pengolahan sebuah pabrik.

2. Pencemaran Limbah Cair


Tentunya anda mengerti jika tanah yang rusak itu juga bisa disebabkan oleh adanya limbah cair. Limbah tersebut seakan hasil limbah buangan yang berasal dari industry. Dimana bentuknya memang cairan.

Contohnya saja limbah kimia maupun pengolahan limbah logam. Limbah tersebut tentu saja lebih berbahaya jika dibandingkan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan bahan kimia yang bisa berpotensi memberikan gangguan pada kesehatan manusia.

3. Pencemaran oleh Limbah Anorganik


Ternyata banyak sekali penyebab pencemaran tanah yang bisa terjadi. Salah satunya tentu saja mengenai limbah anorganik. Dimana jenis limbah tersebut begitu sulit mengalami proses penguraian oleh mikroorganisme lainnya. Seperti halnya jamur ataupun bakteri. Sebagai contohnya saja kantong plastik, botol bekas maupun kaleng bekas. Jenis limbah ini membutuhkan penanganan yang terbilang khusus supaya nantinya tidak merugikan tanah maupun makhluk hidup lain. Hal ini tak lain karena limbah bisa mencemari tanah.

4. Pencemaran oleh Limbah Organik


Pencemaran tanah juga terjadi karena adanya limbah organic. Dimana limbah ini bisa berupa sampah rumah tangga, cat, oli, daun kering dan lainnya. Meskipun limbah tersebut tidak berbahaya namun jika terlalu banyak jumlahnya bisa membuat tanah butuh waktu lama untuk bisa menguraikannya. Hal ini nantinya bisa berpengaruh juga terhadap pertumbuhan tanaman.

Bagaimana bisa sebuah tanaman tumbuh dengan subur apabila kondisi tanah sudah tercemar oleh limbah organik. Usahakan agar kondisi tanah tetap terjaga sehingga tanaman pun nantinya mengalami pertumbuhan yang bagus dan lebih subur.

5. Pencemaran oleh limbah industri


Penyebab pencemaran tanah memang banyak sekali termasuk dengan adanya limbah industri. Limbah tersebut asalnya dari pabrik domestik maupun perumahan. Limbah ini kebanyakan juga berasal dari rumah makan, perhotelan, tempat wisata atau bahkan lainnya.

Biasanya limbah yang dihasilkan ini bisa berupa limbah cair atau bahkan limbah padat sekalipun. Biasanya sebuah industri besar terkadang curang karena mereka membuang limbah sembarangan. Hingga akhirnya masyarakat sekitar terkena dampak dari pembuangan limbah tadi. Usahakan untuk selalu menjaga kondisi tanah sekitar lingkungan supaya kesehatan pun selalu terjaga.

6. Pencemaran Limbah Pertanian


Limbah yang asalnya dari limbah pertanian ternyata bisa juga membuat kondisi tanah menjadi tercemar. Semisal saja dalam hal penggunaan pestisida maupun pupuk yang berlebihan. Hal ini nantinya akan membuat tanah semakin tercemar bahkan bisa juga menjadi rusak. Yang ada nantinya bisa berakibat pada hasil panen rusak bahkan pertumbuhan tanaman pun dinilai kurang maksimal.

itulah sedikit uraian mengenai penyebab pencemaran tanah yang harus anda ketahui. Dimana tanah yang sudah tercemar ini sulit sekali membuat tanaman bisa tumbuh dengan subur. Sebab pencemaran tanah ini sebagai pertanda jika tanah mengalami kerusakan.

Jangan sampai kondisi tanah yang berada disekitar anda tercemar oleh beragam limbah di atas. Usahakan untuk tetap menjaga dan juga merawatnya supaya tanaman yang anda miliki bisa tumbuh dengan subur.

Setidaknya anda bisa mencari solusi bagaimanakah caranya merawat tanah yang tadinya sudah tercemar. Tentunya ada banyak cara yang bisa anda tempuh supaya kondisi tanah tetap subur. Tentunya anda sering juga mendengar berita mengenai pencemaran tanah dari inews. Dimana berita yang dihadirkan selalu aktual dan juga terbaru. Banyak hal yang disampaikan untuk memberkan informasi kepada masyarakat.
#CP
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment