7 Tips Membeli Laptop Bekas Online

7 Tips Membeli Laptop Bekas Online

Mengetahui tips membeli laptop bekas online sangatlah penting. Terutama bagi kita yang baru pertamakali membeli laptop bekas secara online. Banyak hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas online.

Saat ini kegiatan jual beli barang secara online sudah menjadi hal yang biasa. Banyak orang yang memilih membeli barang secara online karena berbagai alasan. Seperti malas pergi ke toko, tidak ada waktu karena sibuk beraktivitas, tidak suka mengantri, jarak toko dengan tempat tinggal lumayan jauh, dan alasan-alasan lain.

Salah satunya adalah membeli laptop bekas secara online, banyak hal yang perlu kita perhatikan. Tidak seperti membeli laptop baru, membeli laptop bekas sebenarnya lumayan riskan karena kita dituntut untuk teliti dalam melakukan pengecekan produk. Kita harus benar-benar memastikan bahwa kondisi laptop masih bagus seperti yang kita inginkan.

Saat kita membeli secara langsung dengan mendatangi penjual, kita tidak terlalu kesulitan untuk memeriksa barang. Namun hal ini akan menjadi sulit saat kita melakukan pembelian secara online, karena kita hanya bisa membaca kondisi barang  berdasarkan deskripsi yang diberikan oleh pihak penjual.

Kebenaran dari deskripsi tersebut ya 50:50 karena bukan kita sendiri yang melakukan pengecekan kondisi laptop bekas. Tidak ada yang aman dalam kegiatan jual beli online. Jadi kita harus mengetahui cara aman berbelanja online.

Tips Membeli Laptop Bekas Online



1. Melakukan Pengecekan Harga Pasar


Hal pertama yang harus kita lakukan saat kita akan membeli laptop bekas adalah melakukan pengecekan harga pasar. Kita harus tahu harga rata-rata laptop yang ingin kita beli di pasaran. Standarnya harga laptop bekas adalah 80% hingga 50% dari harga laptop asli. Harga juga tergantung dengan kondisi laptop, normal atau tidaknya laptop, dan spesifikasinya.

Jika laptop tersebut merupakan laptop yang termasuk keluaran baru, harganya agak tinggi. Namun jika laptop tersebut keluaran lama, sekitar 7-10 tahun yang lalu maka harganya lumayan rendah. Laptop keluaran lama secara otomatis memiliki spesifikasi yang rendah juga.

Mengetahui harga pasaran barang sangatlah penting, jangan sampai kita mendapatkan barang dengan harga yang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan harga pasaran. Jadi kita harus memberanikan diri untuk menanyakan harga barang yang sama di pada beberapa penjual. Kita bandingkan harganya dan ambil yang harganya paling kompetitif.

2. Jangan Mudah Percaya Dengan Penjual


Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, kebenaran dari deskripsi barang tidak selalu sesuai dengan yang sebenarnya. Walaupun tidak semua pedagang seperti itu, namun masih banyak pedagang yang secara sengaja menutupi kekurangan dari barang dagangannya agar terlihat baik.

Pedagang mengatakan bahwa barang bagus dan normal, padahal sebenarnya ada cacat yang disembunyikan dengang berbagai cara. Tidak semua pedagang seperti itu, namun alangkah baiknya kita tetap waspada. Karena jika kita lengah, kadang kepercayaan yang kita berikan malah mereka manfaatkan untuk menipu.

Jadi saat kita membeli laptop bekas secara online kita harus memastikan bahwa kondisi barang tersebut benar-benar sama seperti apa yang dijelaskan oleh penjual. Terus bagaimana caranya bagi kita untuk memastikan kondisi barang tersebut? Caranya bermacam-macam, salah satunya adalah dengan memanfaatkan video call Whatsapp.

Kita melakukan video call dengan penjual saat penjual melakukan pengetesan laptop. Kita bisa menyuruh dia untuk melakukan perintah-perintah khusus. Cara ini lumayan bisa kita gunakan untuk melakukan pengecekan, walaupun kita tetap tidak bisa mengecek detail-detail khusus melalui video call.  Cara lainnya kita juga bisa menggunakan Team Viewer untuk mengecek.

3. Cari Penjual yang Terpercaya


Setiap penjual yang bagus pasti memiliki testimoni yang bagus, identitas jelas, dan memiliki reputasi yang bagus juga. Kita sering menemukan para penjual di forum jual beli Facebook yang akun Facebooknya baru, memakai foto palsu atau bahkan tidak menampilkan foto dirinya, dan tidak pernah mau jika diajak bertemu tatap muka.

Tanda seperti itu sudah menjadi ciri umum para penipu di dunia maya. Mereka hanya menerima pembayaran melalui rekening dan kadang melalui pulsa. Itupun mereka tidak pernah mau menggunakan jasa rekber dan pulber dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal.

Sebisa mungkin kita jangan pernah melakukan transaksi jual beli dengan orang-orang seperti itu. Jika perlu kita telusuri dulu apakah nomor rekening yang mereka gunakan pernah terjerat kasus penipuan atau belum. Untuk melakukan pengecekan nomor rekening kita bisa mengunjungi www.kredibel.co.id.

Setelah menemukan penjual laptop bekas yang dirasa terpercaya, kita tanyakan dulu ketersediaan barangnya. Kita juga bisa menilai bagaimana respon dia dan cara dia dalam melayani pembeli, apakah profesional atau tidak.

Baca juga: 3 Sistem Operasi Linux Paling Aman Dan Sulit Untuk Dihack

4. Cek Kondisi Laptop Secara Langsung


Hal ini tidak selalu bisa kita lakukan, nanun hal ini masih bisa kita lakukan jika kita membeli laptop bekas melalui forum jual beli lokal. Karena umumnya sang penjual juga masih satu daerah dengan kita. Kita hubungi saja pihak penjual dan meminta untuk bertemu sambil membawa barangnya.

Nanti kita langsung mengecek kondisi laptop seperti masih bisa berfungsi normal atau tidak. Yang paling umum adalah mengecek kondisi tombol keyboard, layar, speaker, touch pad, slot USB, adapter Bluetooth, CD ROM, Hard Disk, adapter WLAN, dan lainnya.

Selain itu kita juga lihat performa sistem operasinya. Apakah masih ringat atau sudah berat, lag, dan sering error. Jika semua sudah dipastikan oke maka langsung bayar saja sambil meminta garansi personal dari penjual.

5. Masa Pemakaian dan Garansi


Yang namanya barang elektronik semakin lama digunakan maka kondisinya akan semakin buruk. Begitu juga dengan laptop, cari yang penggunaannya tidak terlalu lama dan tidak terlalu berat. Kalau bisa cari laptop bekas yang masa penggunaannya belum ada 1 tahun.

Dengan begitu kondisi hardware dari laptop tersebut masih bagus dan kemungkinan besar awet. Tanyakan juga perihal garansi resmi dari laptop tersebut, akan sangat bagus jika garansi laptop tersebut masih ada.

6. Utamakan COD (Cash on Delivery)


Jika kita membeli laptop melalui grup jual beli online lokal, kita bisa melakukan bembelian dengan COD mempermudah pembayaran, menghindari penipuan, sekaligus memeriksa kondisi laptop. Saat melakukan COD, pilihlah lokasi yang ramai untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Jika kita membeli laptop bekas online pada penjual yang jauh dan tidak memungkinkan bertemu, kita bisa menggunakan jasa rekening bersama. Selanjutnya kita meminta penjual untuk melakukan packing yang aman dengan bubble warp aman dari benturan dan dilapisi plastik rapat agar kedap air. Jika perlu kita menyuruh penjual untuk memberikan label "BARANG MUDAH PECAH" di packingnya agar pihak kurir lebih berhati-hati.

Baca juga: 6 Sistem Pembayaran Uang Online Yang Praktis , Aman, Dan Terpercaya

7. Lakukan Pengecekan Kembali


Dengan menggunakan metode COD atau Cash on Delivery, kita dapat melakukan pengecekan kondisi laptop secara langsung dan disaksikan oleh penjual. Beberapa hal yang perlu kita cek kembali adalah kondisi hardwarenya seperti layar, keyboard, port, dan lain-lain. Pastikan semua bagian tersebut berfungsi dengan baik.

Jika ada bagian laptop yang tidak berfungsi dengan baik dan tidak sesuai deskripsi yang dijelaskan oleh penjual, kita bisa menanyakannya langsung. Jika produk tersebut mempunyai kecacatan fisik yang tidak sesuai dengan deskripsi yang terlampir, kita bisa meminta negosiasi dengan penjual karena tidak sesuai dengan deskripsi (jika kita masih tertarik untuk membelinya).

Itulah beberapa tips tips membeli laptop bekas online yang sangat penting untuk diketahui. Agar kita bisa mendapatkan laptop bekas yang murah, awet, dan masih dalam kondisi bagus.
Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....