7 Tips Membeli TV LED Bagus Dan Awet

7 Tips Membeli TV LED Bagus Dan Awet

Tips membeli TV LED bagus dan awet ini saya tulis karena saat ini banyak sekali orang yang ingin beralih dari TV tabung ke TV LED.  Perkembangan teknologi yang semakin pesat menciptakan terobosan-terobosan baru yang sangat berguna. Salah satunya adalah televisi, dimana saat ini orang-orang lebih memilih menggunakan TV LED karena lebih irit listrik, lebih jelas, ringan, tipis, mewah, dan tentunya lebih aman untuk kesehatan mata.

Namun karena banyaknya orang yang belum terlalu mengerti tentang TV LED banyak yang bingung saat ingin membeli. Nah kali ini saya akan berbagi tips membeli TV LED yang bagus dan awet sehingga tidak rusak. Karena berdasarkan kawan saya sendiri, dia membeli TV LED baru dan belum lama dipakai sudah rusak panel LED nya. Padahal panel LED harganya sangat mahal, hampir sama dengan harga TV LED baru.

Oleh karena itu kita harus pandai-pandai mempertimbangkan saat membeli TV LED baru. Berikut ini adalah tips membeli TV LED bagus dan awet.

Tips Membeli TV LED Bagus dan Awet


tips membeli tv led awet bagus

1. Cari Harga TV LED yang Murah


Dalam kegiatan jual beli, harga adalah hal yang paling utama. Kalau bisa kita ini harus mendapatkan produk yang berkualitas bagus namun dengan harga yang murah. Hal ini juga berlaku saat kita akan membeli TV LED baru, sebisa mungkin harus mencari harga yang murah.

Namun ada yang harus kita perhatikan, kita memang mencari harga yang murah namun tetap wajar. Artinya jangan terlalu murah karena jika terlalu murah biasanya produkya kurang baik, entah itu KW, hasil curian, ilegal, atau yang lainnya. Jadi carilah harga yang murah namun wajar.

Kita bisa membandingkan harga TV LED yang sama di beberapa toko yang berbeda. Nanti kita bisa memilih harga TV  LED yang murah dan masuk akal. Umumnya antara toko satu dengan yang lainnya memiliki selisih harga, kadang sedikit, kadang juga lumayan banyak.

Lumayan kan selisih 50 ribu - 200 ribu, bisa kita gunakan untuk keperluan yang lain. Kita juga bisa memanfaatkan event-event tertentu seperti hari kemerdekaan, natal, ulang tahun toko, cuci gudang, dan flash sale. Karena pada event-event tersebut biasanya banyak toko-toko yang memberikan diskon harga.

2. Memilih Spesifikasi dan Fitur TV LED


Setelah membandingkan harga, kita harus menentukan TV LED dengan spesifikasi dan fitur seperti apa yang kita cari. Tentu saja semakin canggi spesifikasi dan banyak fiturnya maka harga akan semakin mahal. Misalnya TV LED yang sudah masuk Smart TV akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada TV LED biasa.

Pertama tentukan seperti apa TV LED yang kita butuhkan, cari yang harganya sesuai dengan budget kita, dan jangan lupa lihat review kualitas barangnya. Kalau bisa kita membeli TV LED dari brand ternama yang kualitasnya sudah terjamin. Karena saat ini ada beberapa TV LED murah buatan China yang ketahanannya kurang bagus.

3. Memilih Resolusi TV LED


Tujuan utama kenapa kita ingin beralih dari TV tabung ke TV LED adalah karena TV LED memiliki resolusi yang lebih tajam dan jernih. Bisa dibilang TV LED adalah televisi dengan resolusi terbaik, bahkan diatas TV LCD jauh. Jadi bisa dibilang keunggulan paling mencolok dari TV LED adalah ukuran yang tipis dan resolusi yang tajam atau HD.

Sehingga jika kita membeli TV LED harus memperhatikan 2 poin tersebut, khususnya resolusi gambar. Minimal kita harus membeli TV LED dengan resolusi full HD 1080p, atau kalu bisa diatas itu. Kalau kita membeli TV LED yang tidak full HD ya untuk apa?

Hal tersebut berfungsi untuk memastikan bahwa TV LED yang kita beli benar-benar menampilkan gambar yang sangat jernih dan tajam. Kita juga bisa mempertimbangkan fitur lain seperti digital support, menangkap siaran televisi tanpa tambahan alat bantu. Sehingga saat kita sedang menonton siaran televisi gambarnya tetap jelas  dan enak.

4. Konektivitas TV LED


TV LED yang bagus tidak hanya berfungsi untuk menonton siaran televisi saja. Melainkan memiliki fungsionalitas lain yang beragam, khususnya sebagai layar eksternal untuk perangkat lain.

TV LED yang canggih memiliki banyak fungsinya misalnya mirorring layar smartphone, menampilkan video Youtube dari HP, bermain game, menjadi layar komputer, menonton video, memiliki slot HDMI, bermain game Playstation 4, bermain game Xbox 360, mendukung slot Bluetooth, mendukung sambungan wireless dengan smartphone, dan lain sebagainya.

Untuk fungsional yang lebih luas, kita harus mencari tahu apakan TV LED yang akan kita beli memiliki fitur-fitur diatas atau tidak. Kita tidak harus mencari TV LED yang mempunyai semua fitur diatas.  Namun kita harus memastikan bahwa TV LED tersebut memiliki fitur yang mampu memenuhi kebutuhan kita dan memiliki harga yang tidak terlalu mahal.

5. Mempertimbangkan Garansi TV LED


Setiap membeli barang apapun khususnya elektronik, kita harus memperhatikan masalah garansi. Karena dengan garansi kita bisa lebih tenang jika sewaktu-waktu ada masalah dengan perangkat elektronik kita.

Hal ini juga  berlaku untuk pembelian TV LED, karena seperti yang kita tahu biaya servis TV LED tidaklah murah, apalagi jika sudah mengkut kerusakan panel LED. Harga panel LED tidak berbeda jauh dengan harga TV LED baru. Selain itu dengan adanya garansi resmi dari pihak gerai dan distributor bisa kita gunakan untuk memastikan bahwa produk tersebut benar-benar asli bukan produk KW.

6. Sesuaikan dengan Ruangan


Saat memilih TV LED kita harus menyesuaikan dengan tempat dimana TV tersebut mau kita taruh. Khususnya adalah ruangan dimana akan kita taruh TV nya. Jika kita ingin menaruh TV LED di ruang tamu yang besar maka kita juga harus memilih TV LED dengan ukuran besar pula. Sangat tidak pas jika kita menggunakan TV LED kecil di ruang tamu yang besar, apalagi TV tersebut kita tempelkan di tembok agak tinggi.

Begitu juga jika kita ingin menaruh TV LED di kamar yang tidak terlalu besar, kita juga sebaiknya tidak memilih TV dengan layar yang terlalu besar. Selain menuh-menuhin ruangan juga tidak terlalu baik untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. Intinya apapun itu harus kita sesuaikan dengan kebutuhan kita.

7. Memilih Desain yang Bagus


Masalah tampilan memang tidak terlalu mempengaruhi fitur dan fungsionalitas dari TV tersebut. Namun kita juga perlu memikirkan tampilan dan estetika agar enak dilihat mata ketika ditaruh di ruangan.

TV LED saat ini juga sudah dirancang dengan sedemikian rupa agar memiliki tampilan yang indah dan futuristik. Sehingga selain dapat menjadi media hiburan juga bisa menjadi dekorasari ruangan dan ruangan kita akan terlihat lebih bagus dengan keberadaan TV LED tersebut.

Itulah beberapa tips membeli TV LED yang bagus dan awet. Selain itu bagi agan yang memelihara hewan peliharaan di rumah seperti kucing, jangan lupa memberikan braket agar tidak jatuh ketika disentuh oleh hewan peliharaan kita. Kita ini tidak akan bisa terus-terusan menjaga TV kita, jadi alangkah baiknya untuk menambahkan pengaman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Satu lagi, untuk menjaga agar panel LED kita tetap awet, kita bisa menurunkan sedikit pengaturannya seperti brightness dan kecerahannya. Sekian pembahasan tentang tips membeli TV LED bagus dan awet ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment