10 Tips Hidup Sehat Setelah Menderita Sakit Kanker

10 Tips Hidup Sehat Setelah Menderita Sakit Kanker

Bagi para penderita kanker atau orang-orang yang baru sembuh dari penyakit kanker harus menjaga pola hidup mereka. Setelah menderita kanker maka tubuh kita sudah tidak seperti dulu lagi, lebih rentan dan harus benar-benar dijaga agar selalu sehat serta agar kanker tidak kambuh lagi.

Umumnya orang yang sedang menjalani pengobatan kanker diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang cukup, baik itu cukup dari segi porsi maupun nutrisi. Hal tersebut juga berlaku pada penderita kanker yang mempunyai berat badan agak berlebih atau gemuk.

Nah setelah proses pengobatan kanker selesai dan kita dinyatakan sembuh baru kita dituntut untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya pada posisi berat badan langsing namun ideal. Bisa dibilang kita dituntut untuk melakukan diet. Bukan diet agar kita langsing tetapi diet untuk menyeimbangkan berat badan, asupan nutrisi, dan kualitas kalori yang kita dapatkan.

Nah berikut ini sudah saya rangkum tips hidup sehat untuk para penderita kanker yang habis menjalani pengobatan dan sudah sembuh.

Tips Hidup Sehat Setelah Menderita Kanker



1. Membentuk Postur Tubuh Yang Langsing


Yang saya maksud langsing adalah memiliki postur tubuh yang ramping sehat, bukan kurus. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa obesitas atau kelebihan berat badan erat kaitannya dengan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, stroke, darah tinggi, asam urat, kolesterol, dan lain sebagainya.

Selain memperhatikan berat badan kita agar selalu ideal, kita juga harus memperhatikan lingkar pinggang kita. Lingkar pinggang yang besar umumnya memiliki lemak pada perut yang lumayan banyak juga dan meningkatkan resiko penyakit kanker.

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah apakah berat badan kita ideal? Berapakah berat badan yang ideal bagi kita. Nah untuk mengetahuinya sebenarnya ada rumus hitunganya. Namun agar lebih cepat dan mudah kita bisa menggunakan Kalkulator Berat Badan Sehat. Disitu kita hanya perlu memasukkan tinggi badan kita dan berat badan kita. Nanti akan muncul analisa berat badan kita.

Baca juga: 7 Buah Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

2. Kontrol Porsi dan Menu Makanan


Sebaiknya kita mengurangi porsi makanan berat yang kita konsumsi seperti nasi, roti, dan sejenisnya. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur segar agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. Sebisa mungkin kita mengurangi mengonsumsi makanan dari tepung, daging, olahan daging, dan makanan manis.

Kita bisa melakukan hal-hal kecil seperti berbagi makanan dengan orang lain, makan menggunakan piring kecil, menakar bahan masakan, dan sejenisnya untuk mengontrol porsi makan kita. Intinya kita harus benar-benar memperhatikan apa yang kita konsumsi dan berapa banyak kita mengonsumsinya.

Baca juga: 12 Makanan Penyebab Kanker Yang Mengandung Zat Pemicu Kanker

3. Melakukan Aktivitas Fisik


Kita jangan hanya duduk di depan televisi seharian, msin game seharian, bermain game, dan berinternet terus menerus. Setidaknya kita harus melakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit sehari. Akan lebih baik lagi jika kita membangun hobi yang mengandalkan kegiatan fisik, misalnya bersepeda, menanam tanaman, bela diri, futsal, dan sejenisnya.

Walaupun kita habis menderita kanker, bukan berarti kita tidak produktif. Kita masih bisa melakukan aktivitas fisik, masih bisa bekerja, dan masih bisa menjalankan hobi diluar ruangan. Jangan hanya mengurung diri didalam rumah dan berdiam diri tanpa beraktivitas fisik. Hal tersebut justru malah memperburuk keadaan kita.

Baca Juga: Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke Dengan Berjalan Kaki

4. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis


Minuman manis atau minuman yang mengandung banyak gula menjadi salah satu penyebab berlebihnya asupan kalori yang kita terima. Satu sendok teh gula memiliki berat sekitar 4 gram, dan 12 sendok teh gula memberikan kita kalori sebanyak 2000 kalori.

Bayangkan saja jika kita suka mengonsumsi makanan dan minuman manis, tanpa terasa kita sudah mengonsumsi banyak sekali kalori. Selain itu kita juga harus menghindari makanan cepat saji karena mengandung banyak kalori dan kolesterol.

Baca juga: 5 Aplkasi Penghitung Kalori Terbaik Android dan iPhone

5. Mengonsumsi Sayur, Buah, dan Kacang-Kacangan Berserat Tinggi.


Makanan yang alami bagaimanapun lebih bagus untuk kesehatan tubuh kita. Setidaknya kita harus mampu menargetkan konsumsi lima porsi buah dan sayur. Usahakan menu makanan harian kita didominasi oleh buah dan sayur, rekomendasi yang saya berikan adalah minimal dua pertiga. Jadi dua pertiga makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang berbasis nabati.

Hindari mengolah buah dan sayur kita dengan cara menggoreng atau memberikannya saus krim tertentu. Lebih diutamakan memasak sayur dan buah dengan  cara dikukus dan direbus.

Baca juga: 15 Makanan Tinggi Serat Yang Baik Untuk Kesehatan

6. Membatasi Konsumsi Daging Merah


Daging merah seperti daging sapi, daging kambing, dan daging babi oleh organisasi kesehatan dunia WHO telah ditetapkan sebagai salah satu makanan yang karsinogenik bagi manusia. Dimana karsinogen adalah zat yang dipercaya dapat memicu penyakit kanker.

Baca juga: 12 Makanan Penyebab Kanker Yang Mengandung Zat Pemicu Kanker

7. Hindari Daging Olahan


Daging olahan masuk dalam klasifikasi makanan yang karsinogenik atau pemicu kanker bagi manusia. Yang termasuk daging olahan adalah seperti sosis, kornet, hamburger, nugget, hot dog, dan sejenisnya. Makanan-makanan tersebut sudah terbukti meningkatkan resiko penyakit kanker, jadi sebisa mungkin kita menghindari atau membatasi konsumsinya.

8. Batasi Konsumsi Alkohol


Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang terbatas tidak terlalu buruk bagi kesehatan. Yang berakibat fatal adalah ketika kita mengonsumsinya belebihan. Namun jika memungkinkan akan lebih baik jika kita tidak mengonsumsi alkohol. Batas aman mengonsumsi alkohol bagi pria adalah 2 porsi sehari, sedangkan untuk wanita adalah 1 porsi sehari.

9. Jangan Mengonsumsi Garam Terlalu Banyak


Garam atau sodium yang kita konsumsi dalam satu hari disarankan maksimal adalah 2300 mg. Setiap kita membeli makanan dalam kemasan harus kita perhatikan jumlah kandungan garam dalam makanan tersebut. Untuk masakan yang kita masak sendiri, kita bisa mengurangi penggunaan garam dan memperbanyak penggunaan rempah-rempah agar masakan kita lebih kaya akan rasa.

Baca juga: Penelitian Mengungkapkan Bawang Putih Bisa Mengobati Kanker Otak

10. Jangan Mengandalkan Suplemen Kesehatan Untuk Tubuh


Untuk membuat tubuh yang sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi, kita disarankan untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi. Jangan mengandalkan suplemen kesehatan karena hal tersebut sangat tidak disarankan dan kurang baik untuk tubuh. Namun jika kita terpaksa harus mengonsumsi suplemen kesehatan makan harus kita konsultasikan dulu ke dokter.

Itulah beberapa tips hidup sehat bagi para penderita kanker yang sudah sembuh dan agar penyakit kanker tidak kambuh lagi. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
LATEST Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment