Cara Mengubah Wilayah Negara Di Play Store

Cara Mengubah Wilayah Negara Di Play Store

Google memiliki layanan yang berbeda-beda di tiap wilayah negara, hal ini dikarenakan oleh peraturan lokaldi wilayah tersebut maupun cakupan wilayah layanan dari aplikasi tertentu. Misalnya awalnya kita berada di Indonesia dan pindah ke Amerika Serikat untuk menempuh pendidikan, maka kita sangat disarankan untuk mengubah wilayah negara di Play Store.

Manfaat Mengubah Wilayah Negara Playstore


Mengapa kita harus mengubah wilayah negara di Play Store sesuai tempat domisili kita? Banyak hal yang membuat kita harus merubah pengaturan negara Play Store, misalnya kita harus menyesuaikan dengan sistem pembayaran di lokasi tersebut.

Jika kita berada di Amerika Serikat dan pengaturan wilayah kita masih di Indonesia maka nanti dalam pengaturan pembayaran bisa saja masih menggunakan metode Indonesia seperti melewati Alfamart dan GoPay, sedangkan metode tersebut tidak berlaku di Amerika Serikat.

Manfaat lainnya adalah kita bisa menikmati layanan yang hanya tersedia di wilayah Amerika Serikat saja dan jika kita masih menggunakan pengaturan Indonesia maka kita tidak bisa menikmati layanan tersebut.

Dan untuk tujuan lain orang-orang yang mengganti pengaturan wilayah negara adalah untuk menikmati layanan yang ada di wilayah tersebut dan tidak tersedia di Indonesia.

Syarat Bisa Mengubah Wilayah Negara di Playstore


Kita secara resmi tidak bisa mengubah pengaturan negara di Play Store, karena pihak Google mampu mendeteksi lokasi kita berdasarkan IP kita. Jadi ketika perangkat kita tidak mengalami pergantian IP yang beda negara maka kita tidak akan bisa mengganti pengaturan wilayah negara di Play Store.

Contohnya adalah ketika kita masih di Indonesia pasti kita mengakses Play Store menggunakan IP Indonesia, dan ketika kita pergi ke Amerika Serikat dan mengakses layanan Play Store lagi maka akan terdeteksi bahwa kita menggunakan IP Amerika Serikat. Nah dengan kejadian itu maka secara otomatis kita akan diperbolehkan untuk mengganti pengaturan negara Play Store kita dari Indonesia ke Amerika Serikat.

Itu adalah syarat yang ditetapkan oleh pihak Google. Jadi kita hanya bisa mengubah negara sesuai dengan IP yang kita gunakan saat ini.

Berarti kita harus benar-benar pindah ke negara tersebut untuk bisa mengubah pengaturan wilayah kita?
Jawabannya, secara resmi adalah IYA. Namun ada cara untuk mencurangi hal tersebut agar kita bisa mengubah wilayah negara tanpa perlu benar-benar mengunjunginya.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengubah wilayah negara Play Store dengan dua jalur. Yaitu jalur resmi bagi yang benar-benar pindah negara, dan jalur curang bagi yang tidak benar-benar pindah negara.

Cara Mengubah Wilayah Negara Play Store (Resmi)


Untuk bagian pertama ini saya akan membagikan cara mengubah wilayah negara Play Store secara resmi, bagi yang benar-benar pindah wilayah negara.


1. Buka aplikasi Google Play Store kita.

2. Sentuh pada icon Menu di pojok kiri atas, lalu pilih Akun.

3. Jika kita benar-benar berada di wilayah negara lain maka kita akan memiliki akses untuk merubah pengaturan Negara dan profil.

4. Pada bagian negara dan nama profil kita akan muncul negara yang sudah dipakai saat ini. Pilih negara tempat kita berada dengan cara mengonfirmasikan metode pembayaran baru sesuai dengan negara tempat kita berada.

5. Lihat beberapa persetujuan dan setujui perubahan peraturan yang ada. Biasanya perubahan membutuhkan waktu 48 jam untuk bisa mulai berlaku.

Cara Mengubah Wilayah Negara Play Store (Ilegal)


Untuk bagian kedua ini saya akan membagikan cara mengubah wilayah negara Play Store secara ilegal, bagi yang tidak benar-benar pindah wilayah negara.

Mengaktifkan VPN Server Singapura


1. Pertama-tama aktifkan layanan VPN di smartphone kita sesuai dengan tujuan negara kita. Misalnya jika kita ingin pindah ke negara Singapura maka gunakan server VPN Singapura. (Saya menggunakan Turbo VPN).

Baca juga: 5 Layanan VPN Terbaik Untuk Keamanan Dan Privasi Selain Hotspot Shield

2. Buka aplikasi Google Play Store kita.

3. Nah disini kita akan bisa memiliki akses untuk merubah wilayah negara di Negara dan profil karena kita menggunakan IP Singapura.

4. Sentuh pada bagian negara dan nama profil kita dan nanti akan muncul negara yang terpakai saat ini. Pilih negara sesuai dengan IP kita dengan cara mengonfirmasikan metode pembayaran baru yang mendukung pembayaran antar negara.

5. Lihat beberapa persetujuan dan setujui perubahan peraturan yang ada. Biasanya perubahan membutuhkan waktu 48 jam untuk bisa mulai berlaku.

Baca juga: 6 Kerugian Dan Bahaya Menggunakan VPN Gratisan

Catatan Penting


Saat kita mengubah lokasi Play Store, kita harus mengetahui beberapa poin penting.

Pertama, kita tidak dapat menggunakan metode pembayaran lama kita. Kita harus menggunakan metode pembayaran yang berlaku di negara baru kita.

Selain itu, kita hanya dapat mengubah negara Play Store sekali setahun. Kita dapat menggunakan cara yang sama untuk mengubah kembali ke negara lama kita setelah melewati jangka waktu tersebut.

Karena semua ini, kami sarankan untuk mengganti negara di Play Store hanya jika kita benar-benar telah memindahkan negara dan berencana untuk tinggal selama setidaknya satu tahun. Meskipun kita mungkin bisa mengelabui ini dengan menggunakan VPN, namun tetap tidak sepadan jika hanya untuk mendapatkan akses ke beberapa aplikasi tertentu.

Baca juga: Pentingnya VPN Untuk Keamanan Dan Privasi Android

Itula beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merubah pengaturan wilayah negara di Play Store. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment