Tips Cara Mengatasi Kecanduan Gadget atau HP Pada Anak

Tips Cara Mengatasi Kecanduan Gadget atau HP Pada Anak

Seiring dengan banyaknya produk gadget yang murah, HP atau smartphone sekarang bukan menjadi barang yang mewah. Saat ini hampir setiap orang sudah mempunyai smartphone, bahkan anak kecil pun banyak yang sudah mempunyai HP sendiri.

Dari segi manfaat, HP memang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Namun untuk anak kecil seharusnya belum memerlukan HP. Namun mirisnya saat ini anak SD pun sudah banyak yang diberikan HP oleh orang tuanya. Padahal dari segi perkembangan anak dapat berdampak yang kurang bagus. Apalagi akhir-akhir ini sudah banyak sekali kasus kecanduan HP  atau kecanduan gadget pada anak.

Baca juga: Fakta Bahaya Radiasi Smartphone Yang Dikabarkan Menyebabkan Kanker

Kecanduan gadget pada anak dampaknya sangat banyak, mulai dari kegiatan belajarnya yang terganggu, kurangnya interaksi sosial, hingga berdampak negatif secara kesehatan. Nah kali ini saya akan membahas beberapa hal seputar kecanduan gadget pada anak mulai dari pengertian kecanduan gadget pada anak, ciri kecanduan gadget anak, bahaya kecanduan gadget pada anak, faktor penyebab kecanduan gadget, dan cara mengatasi kecanduan gadget anak.

kecanduan gadget

Pengertian Kecanduan Gadget


Secara kasarnya kecanduan gadget adalah ketika kita sudah merasa ketergantungan dengan gadget dimanapun dan kapanpun sehingga menimbulkan kegelisahan jika kita tidak membawa atau memegang gadget. Orang yang masuk kategori kecanduan gadget adalah orang yang menggunakan gadget seperti HP dalam waktu yang lama setiap harinya. Karena mereka sudah menganggap gadget adalah kebutuhan yang harus selalu ada.

Mereka akan merasa gelisah dan tidak dapat hidup tanpa gadget. Mereka akan terus memainkan gadget walaupun sebenarnya mereka tidak sedang melakukan hal yang penting seperti hanya scroll-scroll tidak jelas, baik itu di media sosial ataupun di beranda HP nya sendiri. Keinginan untuk terus-menerus memainkan gadget bagi anak pecandu gadget muncul dari pikiran bawah sadar mereka, sehingga mereka tidak bisa mengendalikannya.

Bahaya Kecanduan Gadget Bagi Anak


Kecanduan gadget sudah masuk ke salah satu penyakit yang disebut nomofobia, dimana penderitanya akan merasa gelisah jika tidak bisa menggunakan gadget atau HP. Secara umum kecanduan gadget bisa menimpa siapa saja tidak peduli tua atau muda, namun kecanduan gadget cenderung lebih banyak menimpa anak-anak dan remaja.

Jika dilihat secara sekilas maka kita akan menganggap bahwa penyakit kecanduan gadget pada anak-anak adalah hal yang tidak terlalu fatal dan hanya hal yang remeh. Namun faktanya jika seorang anak sudah terlanjur kecanduan gadget maka akan sangat sulit untuk menyembuhkannya.

Bahkan di Indonesia sendiri kecanduan gadget merupakan hal yang sangat serius karena sangat banyak kasusnya. Bahkan saat ini para orang tua lebih cenderung memberikan HP pada anaknya yang masih kecil agar diam dan tidak rewel. Ini adalah tamparan bagi kita agar memperbaiki pola dan tata cara mengasuh anak agar tidak berdampak buruk di kemudian hari.

Sebenarnya hal tersebut boleh-boleh saja selama pemberian gadget pada anak terkontrol dan hanya sebentar. Namun jika sudah berlebihan maka itu yang berbahaya. Bayangkan saja anak-anak yang seharusnya bermain dan belajar berinteraksi dengan sesamanya malah hanya berdiam diri di dalam rumah bermain gadget. Perkembangan otaknya akan kurang karena dia tidak diajarkan untuk mengenal lingkungan sekitar.

Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget


Berikut ini adalah ciri-ciri yang bisa kita kenali dari anak-anak yang kecanduan gadget. Sebenarnya hal ini tidak hanya berlaku untuk anak kecil saja, untuk orang dewasa juga memiliki ciri-ciri yang sama.

1. Setelah Bangun Tidur Langsung Mengecek Gadget

Disaat mereka bangun tidur dan jika hal pertama yang mereka lakukan adalah mengecek gadget maka itu bisa menjadi pertanda bahwa mereka sudah kecanduan gadget. Jika kita juga memiliki kebiasaan ini berarti kita juga kecanduan gadget. Coba deh sekali-sekali kita tahan untuk tidak mengecek gadget di pagi hari, pasti rasanya akan sedikit cemas dan gak nyaman.

2. Tidak Bisa Jauh Dari Gadget

Ciri-ciri orang yang kecanduan gadget lainnya adalah dia tidak bisa jauh dari gadget. Walaupun  dia mau tidur, tetap saja dia akan meletakan gadget tidak jauh dari dirinya. Bahkan kadang sebelum tidur pun masih saja sibuk mainan gadget, belum bisa tidur kalau belum memainkan gadget.

3. Takut Baterai Habis

Orang yang kecanduan gadget akan merasa cemas dan gelisah ketika baterai HP nya hampir habis dan dia tidak bisa mencarghernya. Dia takut bahwa nanti dia tidak bisa memainkan gadgetnya jika baterainya habis.

4. Selalu Mengecek Gadget

Kita pasti pernah lihat teman kita yang sebentar-sebentar ngecek HP atau hanya sekedar menghidupkan layar HP nya padahal tidak ada apa-apa. Nah itu adalah salah satu tanda orang yang kecanduan gadget. Bahkan dia bisa mengecek gadgetnya setiap 5 menit sekali.

5. Tidak Bisa Lepas Dari Gadget

Jika sudah kecanduan gadget maka dia akan susah untuk lepas dari gadget, bahkan kemana-mana dia bisa menggenggam gadget terus. Jika kita sudah seperti ini maka kita sudah termasuk kecanduan gadget. Kita sebisa mungkin harus mengurangi penggunaan gadget secara perlahan-lahan.

Dampak Buruk Kecanduan Gadget Pada Anak


1. Kurangnya Kepedulian dan Kepekaan

Seorang anak jika sudah fokus bermain gadget maka dia akan acuh dengan lingkungan sekitar dia. Sehingga dampaknya dia akan kurang dekat dengan orang-orang di lingkungan sekitarnya. Dia akan acuh, tidak peduli, dan pada kasus yang lebih serius dia bisa tertutup atau anti sosial. Dia merasa tidak memerlukan orang-orang di lingkungan sekitarnya karena dia sudah merasa cukup dengan kehadiran gadget.

Dia tidak akan peduli dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang disekitarnya, dia acuh dengan apa yang terjadi di sekitarnya, dan tidak tanggap jika ada sesuatu yang terjadi dengan orang-orang di sekitarnya.

2. Kuranya Aktivitas Fisik

Sudah jelas bahwa orang yang setiap saat memainkan gadget pasti dia hanya diam dan minim aktivitas fisik. Paling dia hanya dudu-duduk atau bahkan hanya tiduran seharian. Dari segi kesehatan tentu hal ini sangat tidak dianjurkan. Kita harus tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau melakukan kegiatan sehari-hari. Jika kita kurang dalam aktivitas fisik maka berimbas pada lemahnya tubuh kita dan akan mudah sakit

3. Terkena Radiasi Gadget

Memang benar bahwa gadget yang dijual bebas dipasaran pasti sudah lolos uji kelayakan mutu,  termasuk uji radiasi. Namun walaupun begitu jika kita menggunakan gadget dalam jangka waktunya lama dan rutin maka efek radiasi yang dipancarkan tersebut lama-kelamaan akan menimbulkan dampat negatif bagi tubuh kita. Dalam kasus yang cukup jarang radiasi pada gadget bisa mempengaruhi syaraf manusia dan mengganggu kinerjanya.

Baca juga: Aplikasi Android Terbaik Untuk Mengurangi Radiasi Layar

4. Kurang Bersosialisasi

Jika seseorang sudah menggunakan gadget setiap saat maka cara dia berinteraksi dan bersosialisasi pun juga melalui gadget. Efeknya dia malah kurang bersosialisasi di lingkungan hidupnya sendiri. Sama tetangga jarang menyapa, jarang mengunjungi, namun untuk orang-orang yang jauh malah dia menyapanya setiap hari melalui media sosial.

5. Mengganggu Sekolah

Seorang anak jika sudah memegang gadget maka dia akan menomorduakan tugas sekolah dan belajarnya. Tentu saja ini sangat mengganggu proses belajarnya.

6. Postur Tubuh Menjadi Bungkuk

Pengguna yang kecanduan tanpa sadar menundukkan lehernya untuk melihat gadget, hal ini membuat beban leher dan tulang belakang menjadi bertambah besar karena menopang beban kepala, dan parahnya lagi  jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan postur tubuh menjadi bungkuk.

7. Mengganggu Pola Tidur

Hal buruk dari penggunaan gadget adalah membuat penggunanya seringkali mengabaikan waktu sehingga dapat bermain sampai larut malam, jika hal ini dilakukan secara terus-menerus maka pola tidur dapat terganggu, yang tadinya waktu ideal manusia tidur umumnya 8 jam, bisa jadi hanya setengahnya akibat kecanduan gadget, tentu jika pengguna tersebut memiliki kegiatan di siang hari seperti belajar atau bekerja maka kegiatan yang dilakukannya tidak maksimal karena mengantuk.

Baca juga: Berapa Jam Kebutuhan Tidur Manusia Yang Cukup?

8. Sakit Mata

Mata adalah bagian tubuh yang berdampak secara langsung akibat aktivitas penggunaan gadget. Menggunakan gadget secara terus-menerus dalam jangka waktu lama akan membuat mata lelah dan bisa menyebabkan mata rabun. Efeknya mata kita menjadi kabur dan bisa menjadi berkacamata.

Penyebab Anak Kecanduan Gadget


1. Cara Asuh Anak

Nah penyebab kecanduan gadget pada anak yang paling utama adalah cara orang tua dalam mengasuh anaknya. Jika orang tuanya tidak mengenalkan gadget pada anak maka anak juga tidak akan menggunakan gadget, atau setidaknya orang tua mengontrol dan mengawasi penggunaan gadget pada si anak.

Karena akhir-akhir ini banyak sekali orang tua yang dengan sengaja memberikan gagdet pada anaknya dengan beberapa tujuan, misalnya karena dia sibuk maka memberikan gadget untuk anaknya sebagai hiburan, ataupun karena si orang tua terlalu memanjakan anaknya.

2. Faktor Lingkungan

Jika teman-teman sebayanya sudah menggunakan gadget maka si anak juga akan terpengaruh dan ingin untuk memiliki gadget juga. Nah dari sini kita sebagai orang tua harus bijaksana mengambil keputusan. Mau melarang anak bermain gadget atau memberikan gadget pada mereka. Cara yang paling bijak adalah kita memberikan gadget tapi kita harus selalu mengontrol penggunaannya.

3. Tergiur Oleh Iklan

Di televisi sudah sering sekali muncul iklan gadget dengan desain yang manarik, sehingga anak-anak banyak yang menginginkannya. Hal ini sedikit banyak juga mempengaruhi perkembangan kasus kecanduan gadget di Indonesia.

Baca juga: Cara Memeriksa Amilase Dalam Darah Untuk Cek Penyakit Pankreas

Cara Mencegah dan Mengatasi Kecanduan Gadget


Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyembuhkan dari kecanduan gadget maupun mencegah kecanduan gadget. Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa jika sudah terlanjur kecanduan gadget maka akan memerlukan usaha yang sulit untuk menyembuhkannya. Sehingga membutuhkan proses yang tidak sebentar.

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Jika kita hanya duduk atau tiduran di dalam rumah maka yang tertuju pertama kali adalah memainkan gadget. Maka dari itu kita harus melakukan aktivitas fisik untuk mengalihkannya seperti melakukan pekerjaan rumah, bermain dan ngobrol sama temen, olahraga, atau aktivitas-aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan gadget.

Baca juga: Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke Dengan Berjalan Kaki

2. Buat Batasan Waktu Bermain Gadget

Buatlah jadwal menggunakan gadget, misalnya dalam satu hari batas maksimal bermain adalah 4 jam, dan tentukan pada waktu apa kamu bisa menggunakannya, contohnya setelah habis belajar dengan maksud refreshing.

3. Matikan Notifikasi

Kenapa harus mematikan notifikasi? Karena notifikasi adalah pemicu pengguna untuk membuka aplikasi tertentu, biasanya notifikasi berisi ajakan untuk membuka aplikasi karena tidak digunakan dalam beberapa waktu.

4. Hindari Bermain Game

Game memang mengasyikan tetapi terlalu sering bermain game dapat mengalami kecanduan yang cukup serius, oleh karena itu bermain game itu boleh, tetapi harus ingat waktu dan tahu kapan harus memainkannya dan jadikan juga game itu sebagai selingan dan bukan prioritas utama.

5. Perbanyak Membaca Buku

Banyak-banyaklah membaca buku maka lambat laun ilmu akan menumpuk. Selain menambah ilmu buku dipercaya juga bisa mengurangi kecanduan gadget, informasi yang ada di dalam buku akan menambah wawasan kamu serta mengobati rasa ingin tahu. Tak hanya bentuk fisiknya, kamu juga bisa membaca buku melalui gadget kamu melalui Google Play Books.

Baca juga: 10 Negara Paling Kekurangan Guru Di Dunia

Itulah pembahasan singkat seputar tips cara mengatasi kecanduan gadget dan ciri-cirinya. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....