Cara Mengatasi Tindakan Diblokir dan Diblokir Sementara Instagram

Cara Mengatasi Tindakan Diblokir dan Diblokir Sementara Instagram

Saat kita menggunakan Instagram kadang kita mengalami sesuatu yang tidak mengenakan,  salah satunya adalah kita tidak bisa melakukan aktivitas di Instagram karena tindakan diblokir oleh Instagram.

Instagram mempunyai fitur pemblokiran yang biasa disebut tindakan diblokir, aksi diblokir, atau action blocked. Fitur ini berfungsi untuk membatasi dan mencegah aksi-aksi ilegal yang dilakukan oleh pengguna Instagram. Yang jadi masalah adalah kita yang tidak melakukan pelanggaran kadang menjadi korban salah sasaran dari peraturan ini.

Jika kita mengalami pemblokiran biasanya akan muncul notifikasi dari Instagram yang bunyinya seperti dibawah ini:

Tindakan Diblokir. Tindakan ini diblokir. Coba lagi nanti. Kami melarang konten dan tindakan tertentu untuk melindungi komunitas kami. Beritahu kami jika menurut Anda kami telah melakukan kesalahan.

Anda Diblokir Sementara. Sepertinya Anda menyalahgunakan fitur ini dengan menggunakannya terlalu cepat. Anda dilarang menggunakan fitur ini untuk sementara. Kami melarang konten dan tindakan tertentu untuk melindungi komunitas kami. Beritahu kami jika menurut Anda kami telah melakukan kesalahan.

Pemblokiran sementara oleh pihak Intagram ada dua jenis, yang paling ringan adalah pemblokiran biasa yang hanya 24 jam. Tetapi untuk beberapa kasus tertentu pemblokiran sementara bisa lebih dari 24 jam, bahwa bisa sampai hitungan minggu.

Jenis pemblokiran ini biasanya kita tidak bisa melakukan protes terhadap pihak Instagram dan memiliki tanggal kadaluarsa pemblokiran di notifikasinya. Jadi bisa dibilang pemblokiran yang disertai dengan tanggal disebabkan karena pelanggaran yang cukup serius.


Penyebab Tindakan Diblokir Oleh Instagram


Pemblokiran oleh Instagram biasanya didasarkan pada jumlah aktivitas kita di Instagram dalam kurun waktu tertentu. Jika aktivitas kita tidak wajar dan melakukan banyak aktivitas secara terus-menerus dalam waktu tertentu maka kita beresiko akan diblokir.

Instagram telah menetapkan batasan-batasan tertentu pada akun kita, misalanya jumlah like, comment, following, unfollowing, dan pos dalam satu hari atau satu jam.

Jumlah ini bervariasi karena setiap akun tidak selalu sama jumlah batasannya. Hal yang menyebabkan akun kita memiliki lebih sedikit aktivitas yang diizinkan antara lain:
  • Umur akun, akun baru biasanya tidak diizinkan melakukan aktivitas yang terlalu banyak.
  • Pelanggaran, akun yang sering melanggar maka akan semakin dibatasi tindakan dan aktivitasnya.
  • Penggunaan bot dan program tambahan di Instagram.
  • Penyebab-penyebab lain yang akan saya bahas dibawah ini agar kita terhindar dari tindakan diblokir.

1. Melampaui Batas Tindakan Harian Instagram

Instagram memiliki batasan harian untuk tindakan yang harus dilakukan oleh setiap pengguna satu jam atau satu hari. Pada Juni 2019, Instagram mengurangi batas sekitar setengahnya. Jadi saat ini walaupun kita melakukan semua tindakan secara manual tanpa bot tetepberisiko diblokir jika melampaui batas jumlah.

Peraturan ini membatasi jumlah klik pada suka, komentar, ikuti, berhenti mengikuti, dan bahkan pemuatan data pengguna. Batas pasti sampai sekarang tidak pernah diungkapkan oleh pihak Instagram dan mungkin berbeda untuk setiap akun.

2. Usia Akun Instagram Masih Baru/Muda

Usia akun Instagram kita juga memiliki dampak langsung pada jumlah tindakan yang diizinkan yang dapat kita lakukan setiap harinya. Semakin muda usia akun Instagram kita, semakin tinggi batasnya. Jika akun kita berumur satu sampai tiga bulan, kita harus secara bertahap jika ingin meningkatkan aktivitas dan tindakan yang kita lakukan.

Jika tidak, peningkatan aktivitas secara drastis dalam waktu dekat akan terdeteksi oleh Instagram sebagai aktivitas yang mencurigakan, bahkan jika kita melakukan semuanya secara manual tanpa bot dan script otomatisasi.

3. Melanggar Peraturan Instagram

Akun Instagram yang sering melakukan tindakan yang mencurigakan dan pelanggaran maka akan selalu dipantau oleh pihak Instagram. Bahkan segala aktivitas dan tindakan kita akan lebih dibatasi daripada akun yang tidak pernah melanggar peraturan. Jadi kita harus selalu memastikan agar seluruh aktivitas kita tidak melanggar peraturan Instagram.

4. Jarang Aktif di Instagram

Pengguna aktif Instagram yang setiap hari melakukan tindakan like, komen, dan follow tentu akan dispesialkan oleh pihak Instagram. Mereka diizinkan melakukan banyak tindakan dalam jangka waktu tertentu. Berbeda dengan akun Instagram yang jarang aktif, tindakan yang diizinkan pada akun seperti ini akan lebih terbatas.

Jika akun kita jarang aktif sebaiknya mulai sekarang secara berkala ditingkatkan aktivitasnya walaupun hanya sekedar mempersering login dan scroll beranda.

5. Menggunakan Program Ilegal

Ini adalah penyebab utama akun Instagram diblokir sementara. Mayoritas pemblokiran akun Instagram ya karena aktivitas seperti ini. Karena program-program auto follow, auto like, auto comment, auto unfollow, dan program -program sejenis ini tidak diperbolehkan oleh Instagram. Namun walaupun begitu pengguna program seperti sangatlah banyak.

Cara Mengatasi Tindakan Diblokir dan Diblokir Sementara Instagram


Saya telah melakukan beberapa riset dan bertanya di forum-forum perihal cara untuk mengatasi tindakan diblokir Instagram. Dari pengalaman orang-orang yang sudah pernah berhasil mengatasi pemblokiran Instagram, saya merangkum beberapa caranya.

1. Instal Ulang Aplikasi Instagram

Cara yang paling mudah adalah dengan menghapus aplikasi Instagram kita dan memasangnya kembali. Selain itu cookie dan data lain yang dikumpulkan oleh aplikasi Instagram harus dihapus. Hal ini akan sangat membantu dalam menghilangkan pemblokiran tindakan Instagram.

2. Melaporkan Masalah Ke Instagram

Cara mengatasi tindakan diblokir oleh Instagram selanjutnya adalah dengan melapor ke pihak Instagram itu sendiri. Caranya masuk ke Pengaturan lalu pilih Laporkan Masalah. Nanti akan muncul bidang yang bisa diisi. Tulis saja keluhan kita yang diblokir tanpa alasan oleh Instagram.

Kita tulis saja bahws kita tidak pernah menggunakan program ilegal dan kita bukan bot, walaupun kita sebenarnya pernah memakai program ilegal. Cara ini juga akan meyakinkan pihak Instagram bahwa akun kita benar-benar ada dan bukan akun bot.

3. Ganti Koneksi Internet

Pada beberapa kondisi kadang pemblokiran dilakukan pada IP kita sehingga jika kita berganti IP kadang bisa membuka blokiran Instagram. Misalnya jika kita awalnya menggunakan Wi-Fi, coba kita ganti koneksi kita menggunakan koneksi data seluler. Atau kita juga bisa mencoba menggunakan VPN.

4. Login Di Perangkat Lain

Ubah perangkat yang kita gunakan untuk masuk ke Instagram. Coba gunakan ponsel lain, tablet, atau bahkan PC.

5. Menunggu 

Jika semua cara diatas tidak bisa mengatasi pemblokiran Instagram maka yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu sampai waktu pemblokiran selesai. Pemblokiran memang bertujuan untuk memberikan sanksi bagi pengguna yang melakukan pelanggaran, barangkali itu sanksi untuk kita yang memang benar-benar melakukan pelanggaran.

Sekian pembahasan tentang cara mengatasi tindakan diblokir Instagram dan diblokir sementara oleh Instagram. Terimakasih sudah berkunjung, semiga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment