Puncak Sosok, Tempat Wisata Anak Muda Hits Jogja

Puncak Sosok, Tempat Wisata Anak Muda Hits Jogja

Puncak Sosok adalah sebuah tempat wisata yang tergolong baru di Yogyakarta, tepatnya di Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul. Walaupun tempat ini tergolong baru namun sekarang sangat populer karena sangat bagus untuk spot foto Instagram dan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah khususnya di malam hari.

Bagi agan yang menginginkan tempat wisata yang masih sejuk, asri, jauh dari keramaian kota, murah, dan indah, agan sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat wisata Puncak Sosok. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi seputar Puncak Sosok seperti tiket masuk Puncak Sosok, spot foto Puncak Sosok, rute lokasi Puncak Sosok, fasilitas di Puncak Sosok, dan keindahan Puncak Sosok di malam hari.

Informasi Penting Seputar Puncak Sosok



1. Rute dan Lokasi Puncak Sosok

Tempat Wisata Puncak Sosok berjarak 15 km dari pusat kota Jogja, atau sekitar 20 menit jika dilaju dengan sepeda motor. Alamat Puncak Sosok berada di dusun Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul. Lokasi Puncak Sosok berada diatas perbukitan sehingga akses dari jalan utama ke lokasi wisata memang naik turun melalui jalan yang cukup sempit.

Bisa dibilang akses menuju lokasi agak susah, tetapi tidak terlalu berat karena kondisi jalan sudah di cor beton dan mobil sudah bisa masuk. Untuk mengetahui rute lebih jelasnya agan bisa melihatnya melalui denah Google Maps.


2. Fasilitas Umum di Pucak Sosok

Puncah Sosol adalah tempat wisata rekomendasi di Yogyakarta yang sudah mempunyai fasilitas yang memadai. Semuanya sudah tersedia disini mulai dari pendopo untuk mengadakan acara, sound system, mushola, toilet, gazebo untuk ngobrol, taman yang luas, warung penjual makanan, dan tempat parkir juga luas, mobil pun juga cukup.

Menu makanan yang disajikan di tempat ini mayoritas adalah makanan tradisional mulai dari sego wiwit, nasi pecel, nasi kucing sambel teri, bakso, camilan, wedang jahe, kopi, dan ada juga makanan instan seperti Pop Mie. Bagi yang hobi bersepeda Puncak Sosok merupakan tempat yang cukup menantang karena menyediakan spot trek downhill yang naik turun serta memiliki spot-spot foto Selfi yang bagus.

3. Jam Buka dan Tiket Masuk Puncak Sosok

Menurut sepengetahuan saya tempat wisata Puncak Sosok buka 24 jam. Rumah saya dengan Puncak Sosok tidak terlalu jauh, saya sering pergi ke sana siang dan malam dan tidak pernah menjumpai tempat ini tutup. Mulai dari pagi hari sambil bersepeda, siang hari, sampai malam hari sampai larut malam pun juga masih buka.

Jadi agan tidak usah khawatir jika akan berkunjung disini, kapan pun tetep buka. Namun keindahan dan nuansa Puncak Sosok akan terasa berbeda anatara di pagi hari, siang hari, dan malam hari. Sebenarnya tiket masuk ke Puncak Sosok itu gratis, kita hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Biaya parkir kendaraan pun juga sukarela, tidak ada ketentuan harga.

4. Tips Saat Berkunjung Ke Puncak Sosok

  • Pastika kondisi kendaraan yang akan kita pakai dalam kondisi yang fit karena jalur menuju Puncak Sosok memiliki tanjakan dan turunan yang cukup curam.
  • Jalur menuju Puncak Sosok cukup sempit. Memang benar bahwa mobil masih bisa masuk tetapi usahakan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja. Tapi kalau memang terpaksa menggunakan mobil juga tidak masalah karena jalan hanya satu jalur. Jalan masuk dan keluar di pisah, jadi mobil tidak akan berpapasan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, karena jika menggunakan alas kaki hak tinggi akan cukup menyiksa disini. Paling enak menggunakan sepatu biasa atau malah sandal jepit karena medan yang miring dan naik turun.

Hal Menarik di Puncak Sosok dengan Spot Foto Indah


Pesona Puncak Sosok di Pagi Hari



Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, Puncak Sosok akan memiliki nuansa yang berbeda jika dikunjungi dalam waktu yang berbeda. Puncak Sosok berada di atas bukit yang masih penuh pepohonan, dimana bukit ini dikelilingi oleh area persawahan yang luas. Sudah dapat ditebak kan bagaimana sejuk dan segarnya udara Puncak Sosok di pagi hari? Udara masih segar dan berat karena masih campur dengan embun pagi.

Hawa yang segar dan sinar matahari yang belum terik menjadi waktu yang tepat jika kita berwisata bersama keluarga, terutama anak-anak. Udara pagi yang segar sangat bagus untuk mereka, ditambah lagi mereka akan lebih mengenal alam. Jika kita berkunjung di Puncak Sosok pada pagi hari maka jangan kaget jika menjumpai banyak sekali pesepeda di sepanjang jalurnya.

Karena Puncak Sosok merupakan salah satu trek bersepeda yang difavoritkan banyak orang. Biasanya mereka bersepeda dari arah utara dan masuk ke spot Puncak Sosok. Setelah dari Puncak Sosok mereka akan kembali turun ke selatan menuju Makam Raja-Raja Imogiri. Atau bagi yang ingin menantang adrenalin mereka akan berjalan ke arah timur lalu naik sampai ke puncak Hutan Pinus.

Pesona Puncak Sosok di Siang Hari



Berkunjung di Puncak Sosok pada siang hari sangatlah cocom bagi mereka yang tujuan awalnya berburu foto. Pada siang hari spot-spot foto di Puncak Sosok akan lebih jelas dan indah jika diabadikan ke dalam foto. Mayoritas yang berkunjung pada waktu ini adalah anak-anak muda para pengguna Instagram yang suka berselfie.

Namun saya pribadi kurang suka berkunjung ke Puncak Sosok pada siang hari karena siang hari cukup panas disana, walaupun ada gazebo-gazebo untuk berteduh.

Pesona Puncak Sosok di Sore Hari



Jika kita berkunjung ke Puncak Sosok pada sore hari maka kita akan menjumpai peristiwa yang sangat luar biasa. Hal pertama adalah kita akan menyaksikan indahnya sunset atau matahari tenggelam di ufuk barat kota Bantul, Yogyakarta.

Hal luar biasa akan kembali terjadi setelah kita melihat sunset, yaitu melihat transisi kota Bantul dari siang ke malam. Kita akan melihat lampu-lampu jalan yang mulai menyala secara estafet, kita akan menyaksikan ribuan lampu rumah-rumah penduduk mulai menyala satu demi satu. Seperti bintang yang muncul di langit gelap. Momen ini akan sangat bagus jika kita merekamnya dala sebuah video time-lapse.

Momen ini hanya bisa kita jumpai jika kita berada di atas perbukitan yang langsung menghadap ke dataran rendah yang penuh penduduk. Apalagi udara di sana masih jernih sehingga semuanya akan terlihat dengan jelas.

Pesona Puncak Sosok di Malam Hari



Puncak Sosok paling menawan adalah pada malam hari. Apalagi pada malam minggu, sangat ramai dikunjungi oleh anak-anak muda, para pasangan muda maupun ibu-ibu dan bapak-bapak. Salah satu daya tarik terbesar dari Puncak Sosok adalah pesona di malam harinya. Dimana kita bisa duduk bersama pasangan menikmati suasana yang romantis dengan lampu-lampu indah seperti taman.

Sambil mendengarkan lagu-lagu bahagia yang dibawakan oleh musisi secara live. Kita bisa melihat kota Bantul yang penuh dengan warna-warni lampu. Seperti saat kita memandangi langit penuh bintang. Jika kondisi cuaca sedang cerah tanpa awan kita bisa melihat ribuan bintang di langit dan ribuan lampu di kegelapan kota yang seakan menyatu membentuk lukisan indah dunia.

Ditemilani secangkir kopi panas dan jagung bakar, sangat nikmat rasanya. Tak pernah ada rasa bosan walaupun kita berlama-lama disana. Yang ada hanyalah waktu yang terasa sangat cepat berlalu, mengiringi rasa bahagia berdua berasama pasangan. Apalagi yang sedang melepas rindu karena lama tak jumpa. Pertemuan singkat tersebut akan menjadi sebuah momen indah yang akan sangat membekas di hati.

Romansa dari kisah cinta anak muda berpadu dengan suasana Puncak Sosok yang semakin membuat nyaman hati. Puncak Sosok, tempat bersatunya ikatan yang menciptakan perpaduan antara hubungan cinta manusia dan dukungan alam yang seperti mendukung kisah cinta kita.

Live Musik yang Menarik



Jika agan pernah mengunjungi Pendopo Lawas di area Alun-Alun Utara Yogyakarta pasti tidak asing lagi dengan tempat nongkrong yang menampilkan acara live musik. Seperti yang ada di cafe-cafe pada umumnya. Namun live musik di Puncak Sosok sangat mempesona karena penyanyinya lebih condong membawakan lagu tentang cinta.

Baik tentang kebahagiaan ataupun kisah patah hati pilu. Tidak jarang lagu yang mereka bawakan bisa sampai merasuk di hati para anak muda. Semuanya tiba-tiba hening, semua meresapi makna lagu tersebut karena sangat cocok dengan suasana di sana.

Berdua dengan pasangan di tempat yang romantis, penuh dengan lampu-lampu dengan hawa sejuknya, ditambah lagi dengan lantunan lagu akustik yang sampai ke hati, tak jarang membuat mereka tersenyum dan meneteskan air matanya di pipi. Tanda bahwa kisah cinta mereka sangat bahagia.

Live musik berada di atas panggung di sebelah selatan. Kita bisa naik panggung untuk request lagu, memberikan uang saweran untuk mereka, kita juga bisa ikut bernyanyi dan memainkan alat musik disana. Kadang para remaja ada yang naik panggung dan bernyanyi untuk pasangan mereka.

Makanan dan Minuman yang Murah Meriah


Walaupun sudah menjadi tempat wisata yang populer di Jogja, harga makanan dan minuman di Puncak Sosok tetap terjangkau. Segelas coklat panas seharga 5 ribu, Pop Mie yang panas segarga 6 ribu, dan semangkok bakso nikmat hanya 8 ribu. Saya rasa harga segitu tidaklah mahal untuk ukuran tempat wisata.

Menikmati alam terbuka di malam hari ditemani secangkir kopi dan semangkok bakso sangatlah nikmat. Apalagi udara malam di perbukitan yang terasa dingin, bersama pasangan akan terasa sangat asik. Banyak menu-menu lain yang bisa kita pilih, menu tradisional juga masih ada seperti nasi wiwit, wedang jahe, dan wedang uwuh.

Spot Foto yang Indah


Instagram: @zbewita

Khusus bagi pengguna Instagram apalagi selebgram, Puncak Sosok memiliki spot foto yang sangat sayang di lewatkan. Bagi yang ingin berburu foto saya sarankan untuk datang siang hari. Karena pada malam hari Puncak Sosok akan berubah menjadi gelap remang-remang. Akan lumayan sulit untuk mendapatkan foto yang maksimal kecuali kalo kita memang ingin mencari foto dengan setting malam hari.

Nuansa Pedesaan yang Damai



Mungkin kita capek setiap hari berada di kota yang bising dengan kendaraan dan tempat nongkrong yang begitu-begitu saja di cafe. Jika kita di Puncak Sosok kita akan bisa memandang langit dengan jelas karena minim polusi cahaya, bahkan bising kendaraan bermotor tidak akan kita dengar.

Puncak Sosok menawarkan suasana pedesaan dengan suasana asri dan masih hening. Mungkin suara yang ada di sana hanyalah suara orang-orang yang sedang bercanda tawa dan suara dari live musik.

Itulah beberapa ulasan singkat tentang Puncak Sosok yang ada di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Secara keseluruhan Puncak Sosok merupakan tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Sebagai salah satu wisata malam Jogja dengan spot terbaik.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment