Rekomendasi Wisata Jogja, 10 Spot Indah Di Pantai Parangtritis

Rekomendasi Wisata Jogja, 10 Spot Indah Di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah tempat yang wajib dikunjungi ketika kita berkunjung di Jogja. Wisata Pantai ini terletak di paling selatan provinsi Yogyakarta, tepatnya ada di kabupaten Bantul, berjarak 28 km dari pusat kota Jogja. Pantai Parangtritis merupakan tempat wisata indah yang memiliki banyak spot-spot menarik untuk wisata bersama keluarga.

Pantai Parangtritis memiliki pemandangan yang indah berupa hamparan pasir hitam yang sangat luas dan jika kita melihat ke arah timur kita akan melihat bukit karang yang tinggi yang memisahkan antara kabupaten Bantul dan Gunung Kidul.

Spot utama di Pantai Parangtritis adalah wisata pantai, bukan wisata air karena memang di sini kita tidak diperbolehkan untuk mandi di laut karena sangat berbahaya. Jadi jika kita berwisata bersama keluarga apalagi anak kecil kita harus lebih berhati-hati. Lebih baik kita duduk di pinggir pantai saja karena di pinggiran pantai sudah di sediakan tempat-tempat duduk yang dapat kita pakai.

Sebelum membahas lebih jauh tentang Pantai Parangtritis saya akan memberikan beberapa informasi seputar Pantai Parangtritis agar kita bisa berwisata dengan aman dan nyaman.

Informasi Seputar Pantai Parangtritis


1. Dilarang Mandi di Pantai Parangtritis

Jika kita berkunjung ke Pantai Parangtritis pasti kita akan sering menemukan tulisan himbauan agar para wisatawan tidak mandi di laut. Hal ini bukan tanpa sebab karena memang Pantai Parangtritis sangat berbahaya untuk mandi. Mungkin kita akan menganggap Pantai Parangtritis aman ketika melihat permukaan air yang relatif tenang, padahal itu yang paling berbahaya.

Dibawah permukaan air yang tenang terdapat palung laut yang dalam dan pusaran air yang bisa menyeret siapa saja yang mandi di laut. Hal ini tidak hanya berlaku di Pantai Parangtritis saja, semua pantai yang ada di kabupaten Bantul sangat berbahaya untuk berenang dan mandi.

Jadi dimohon bagi kita yang berkunjung kesana agar tidak mandi di laut, kalau hanya sekedar berlarian di bibir pantai dan bermain pasir itu tidak masalah.

2. Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Harga tiket masuk ke deretan Pantai Parangtritis adalah Rp10.000 per orang. Dimana dengan satu tiket ini kita sudah bisa berkunjung ke Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Barchan, Pantai Cemara Sewu, Pantai Pelangi, dan Pantai Depok. Harga yang cukup murah karena dengan hanya membayar 10 ribu kita bisa berpindah-pindah pantai jika merasa bosan dan ingin mengunjungi pantai lain yang sederetan.

3. Lokasi dan Akses Jalan Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis berada di Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Atau jika kita ingin lebih mudah kita bisa langsung buka di Google Maps. Yang sering jadi pertimbangan kita saat ingin mengunjungi tempat wisata adalah akses jalan menuju kesana. Jika akses sulit maka saya sendiri pun akan berfikir dua kali untuk mengunjunginya.

Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena akses ke deretan Pantai Parangtritis sudah bagus. Jalanan sudah halus dan rata, bahkan bus besar pun sudah bisa masuk dengan mudah.

4. Fasilitas Umum di Pantai Parangtritis

Di Pantai Parangtritis sudah tersedia fasilitas umum yang sangat memadai. Mulai dari tempat parkir yang luas, mushola, toilet, mesin ATM, tempat makan, mini market, restoran, resort, hingga hotel untuk menginap. Sehingga  kita tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita jika misalnya kita akan menginap di kawasan Pantai Parangtritis.

Di area pantai juga sudah ada pos SAR dan keamanan Pantai Parangtritis yang siap membantu para wisatawan yang sedang ada masalah.

Spot Wisata dan Hal-Hal yang Bisa Dilakukan di Pantai Parangtritis


1. Pantai Parangtritis



Spot utama dari Pantai Parangtritis tentu saja adalah wisata pantai itu sendiri. Di bibir pantai sudah tersedia banyak tempat duduk yang bisa kita sewa dengan murah. Kita bisa berjemur di pantai, bermain pasir, ataupun hanya sekedar duduk memandangi pantai sambil memesan makanan pada para pedagang.

Henbusan angin di pantai ini cukup kencang sehinga walaupun cuaca sedang terik tetap tidak akan merasa panas.


2. Melihat Indahnya Pantai dan Laut dari Bukit Paralayang



Bukit Paralayang adalah sebuah bukit karang tinggi yang berada di sebelah timur Pantai Parangtritis. Akses untuk menuju tempat ini memang agak sulit karena jalan agak sempit dan naik turun. Namun keindahan ditempat ini tidak akan mengecewakan.

Bukit Paralayang adalah salah satu lokasi favorit para penggemar olahraga paralayang baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Saya pribadi bukanlah orang yang cukup berani untuk melakukan olahraga paralayang sehingga jika berkunjung ke tempat ini saya hanya untuk melihat pemandangan hamparan laut dan pantai dari atas bukit.

Ditempat ini sudah disediakan tempat-tempat duduk lengkap dengan meja dibawah pohon yang rindang. Di tempat ini juga sudah ada mushola, tolilet, dan warung makan untuk memesan makanan. Untuk sekedar informasi saja, Bukit Paralayang sudah berada di kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di area hutan Giricahyo, Purwosari.


3. Gumuk Pasir



Salah satu keunikan di Pantai Parangtritis adalah keberadaan gumuk pasir yang jika kita kesana serasa berada di padang pasir. Fenomena ini sangatlah langka karena satu-satunya di Indonesia dan di dunia pun sangat jarang. Bahkan saking uniknya banyak wisatawan luar negeri yang rela mengunjungi Indonesia hanya karena tertarik dengan keberadaan gumuk pasir.

Bahkan sampai sekarang masih banyak para ilmuan yang mengunjungi gumuk pasir untuk melakukan penelitian. Walaupun gumuk pasir berada di area Pantai Parangkusumo namun para ilmuan yakin bahwa material gumuk pasir berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Merapi.

Material vulkanis terbawa arus sungai dan sampai ke Pantai Parangkusumo dan Parangtritis. Nah dari dalam laut material ini terbawa oleh ombak dan angin ke darat sehingga menimbulkan gundukan pasir yang luas seperti padang pasir.

Tiket masuk ke tempat ini gratis, hanya perlu membayar parkir saja. Disini kita bisa foto-foto ala padang pasir, cocok untuk foto pre wedding juga.


4. Sandboarding ala Padang Pasir


Saat ini olahraga sadboarding atau berselancar di padang pasir sedang populer di dunia, seperti di gurun pasir Namibia, gurun pasir Australia, dan Amerika Utara. Namun tenang saja, Yogyakarta memiliki padang pasir sendiri yang bernama Gumuk Pasir Parangkusumo.

Menjadi satu-satunya tempat potensial untuk sandboarding di Indonesia tidak disia-siakan oleh pengelola obyek wisata ini. Saat ini pihak pengelola sudah menyiapkan alat dan fasilitas bagi yang ingin merasakan sensasi berselancar di padang pasir.

Jika kita berkunjung ke Parangtritis jangan sampai melewatkan kegiatan ini karena di Indonesia baru ada di tempat ini. Bisa menjadi pengalaman yang tidak semua orang permah melakukannya.  Namun untuk saya pribadi biaya sandboarding disana agak mahal, yaitu Rp100.000.

Tetapi jika kita berkunjung kesana berkelompok maka harga ini tidaklah mahal karena harga Rp100.000 tidak dibatasi jumlah orangnya. Misalnya kita datang 10 orang kita bisa melakukan sandboarding secara bergantian sehingga satu orang bisa dihitung hanya menbayar Rp10.000. Jika bermain secara bergantian kita juga bisa menunggu giliran sambil istirahat, karena naik turun bukit pasir cukup menguras tenaga.

5. Menikmati Sunset Di Pantai Parangtritis


Momen terindah di Pantai Parangtritis adalah saat sunset. Pagi hari saat matahari terbit mungkin agak sulit jika kita harus ke pantai di pagi hari. Sehingga lebih mudah jika kita menunggu matahari terbenam di pantai. Siapkan kamera agan dan tunggu momen yang indah, lalu abadikan momen tersebut dalam sebuah foto. Dijamin suatu saat nanti jika agan melihat foto tersebut akan merasa kangen dan ingin berkunjung lagi ke Pantai Parangtritis.

6. Pemandian Air Panas Parangwedang


Tidak banyak yang tahu bahwa di daerah Parangtritis ada juga pemandian air panas yang dikenal masyarakat Yogyakarta sebagai pemandian air panas Parawedang. Pemandian ini dikenal sebagai pemandian air panas yang unik karena tidak adanya kandungan belerang di dalamnya seperti kebanyakan pemandian air panas. Begitu banyak orang percaya bahwa mandi air panas Parawedang sangat manjur untuk mengobati banyak penyakit kulit bila digunakan sebagai air untuk mandi.

Jangan lupa mengunjungi pemandian air panas ketika kita berkunjung ke Parangtritis. Rasanya ada sesuatu yang hilang jika tidak menikmati air panas di pemandian air panas Parawedang. Rasa nyaman akan menyebar ke seluruh tubuh kita saat berendam di pemandian ini.


7. Mengendarai ATV



Bagi agan yang ingin berkeliling menikmati pantai sambil berkendara, agan bisa menyewa ATV di sini. Kita bisa memacu ATV di bibir pantai sambil menikmati guyuran ombak air laut.

8. Menikmati Seafood



Di sebelah barat Pantai Parangtritis ada  sebuah pantai yang menjadi pusat aktivitas para nelayan, yaitu Pantai Depok. Disini kita bisa membeli berbagai jenis ikan dan hasil tangkapan laut yang masih segar. Kita juga bisa menunggu kapal nelayan yang baru pulang melaut, kita bisa langsung membeli hasil tangkapan mereka yang tentu saja lebih murah dan segar.

Kita juga bisa langsung masuk ke TPI atau Tempat Pelelangan Ikan yang menjadi pusat penjualan semua hasil tangkapan para nelayan disini. Kita bisa membawa pulang ikan dan memasak sendiri maupun menbawanya ke rumah makan di sekitar pantai untuk meminta dimasakan. Karena tiap rumah makan di Pantai Depok menerima jasa memasak seafood sesuai permintaan kita.

Namun jika merasa repot jika harus membeli ikan mentah kita bisa langsung mengunjungi rumah makan dan pesan makanan. Karena jika misalnya menu yang kita pesan mereka tidak punya maka mereka akan mencari sendiri bahan tersebut di TPI dan memasaknya untuk kita.


9. Menikmati Sejuknya Hutan Cemara Di Pinggir Pantai



Yang namanya pantai umumnya identik dengan panas dan memiliki lahan terbuka. Namun di sebelah barat Pantai Parangtritis ada sebuah pantai yang bernama Pantai Cemara Sewu. Pantai ini dipenuhi dengan pohon cemara di tepinya yang membuat pantai ini rimbun seperti pantai yang berada di ujung hutan.

Disini kita bisa duduk dimana saja karena di bagian atas sudah teduh oleh pohon cemara. Banyak juga gazebo-gazebo, ayunan, dan pendopo yang bisa kita gunakan untuk duduk. Fasilitas di tempat ini juga sudah lengkap seperti warung makan, mushola, dan toilet.


10. Wisata Watu Lumbung



Terletak tidak jauh dari Parangtritis atau hanya sementara perjalanan pulang dapat langsung menuju Siluk Imogiri. Hanya sekitar 300 meter lalu naik ke bukit. Di atas bukit setinggi sekitar 130 meter di atas permukaan laut ada keindahan modernisasi yang belum terjamah.

Konsep desa wisata yang indah ini, dirancang oleh M Boy Rifai yang memusatkan perhatiannya untuk tujuan edukasi. Selain sebagai tempat belajar diharapkan menjadi tempat wisata alternatif. Buktinya tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.


Itulah beberapa spot indah dan beberapa hal unik yang bisa kita lakukan ketika berwisata ke Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Sebenarnya masih banyak hal-hal unika yang bisa kita lakukan ketika berkunjung ke Pantai Parangtritis seperti menaiki Jeep, berkuda, menaiki delman, melihat air terjun Parangndog, dan lain sebagainya. Intinya Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat wisata paling indah di Yogyakarta dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Sekian pembahasan tentang tempat wisata di jogja ini, terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment